Tak terasa, bulan Ramadan sudah jalan dua minggu aja nih. Apa kamu sudah mulai bingung menyajikan menu sahur apa lagi di sisa dua minggu berikutnya, Bela? Kalau iya, kali ini kamu ada di artikel yang tepat. Karena Popbela akan memberikan beberapa resep menu sahur sederhana yang gampang dibuat dan tidak menghabiskan waktu lama untuk mengolahnya.

Sahur sendiri merupakan salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan jika menjalani puasa. Karena itulah, bukan hanya harus enak tapi menu sahur juga harus bergizi. Yuk simak lima menu sahur sederhana di bawah ini yang bisa kamu buat sendiri dengan praktis dan biaya murah tentunya.

Tumis brokoli saus tiram

5 Resep Sederhana untuk SahurPexels.com/Buenosia

Kamu pasti sudah tahu kalau brokoli termasuk sayuran sehat yang banyak mengandung serat dan vitamin. Brokoli bisa dimasak menjadi lauk yang gurih dan enak dengan ditambah bahan seperti ini :

Bahan dan bumbu :

- 300 gram brokoli

- 2 siung bawang putih

- ¼ sdt teh merica bubuk

- ½ sdt gula pasir

- garam secukupnya

- 2 sdm saus tiram

- sedikit minyak

- garam secukupnya

- 2 sdm saus tiram

- sedikit minyak goreng

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan semua bahan dan masak sampai brokoli agak layu. Jangan lupa tambahkan sedikit air ya!

Sup sayur bakso

5 Resep Sederhana untuk Sahurinstagram.com/@resepdapurmamah

Sayur dan buah memang jadi komponen yang sangat penting saat tengah santap sahur. Alasannya, supaya tubuh tetap segar saat dipakai untuk beraktivitas. Kreasikan dengan cara di bawah ini yuk!

Bahan dan bumbu : 

- 20 butir bakso sapi

- 2 buah wortel (potong-potong sesuai selera)

- 7 buah buncis (iris serong)

- Kol (dipotong-potong)

- Daun seledri

- 1 batang daun bawang (iris halus)

- 2 siung bawang putih (geprek)

- Lada bubuk

- Garam

- Kaldu bubuk

- Minyak untuk menumis

- 1 liter air

Cara membuatnya, tumis bawang putih lebih dulu. Lalu masukkan air dan bakso hingga mendidih. Jika sudah, baru masukkan wortel dan buncis dan masak setengah matang. Beri kaldu bubuk, garam, dan lada. Cicipi rasanya. Kalau sudah pas masukkan daun seledri dan daun bawang.

Sup jamur telur kocok

5 Resep Sederhana untuk SahurPexels.com/Emma Jones

Jamur juga merupakan makanan yang kaya akan protein nabati, akan makin sempurna jika ditambah telur sebagai protein hewani.

Bahan dan bumbu :

- 3 butir telur, kocok sebentar

- 4 cangkir kaldu ayam

- 1 sdm tepung jagung

- sedikit 1/2 sdt jahe parut

- 1 sdm kecap

- 3 daun bawang hijau, cincang

- 1/4 sendok teh lada putih

- 3/4 cangkir enoki jamur atau jamur shitaki yang diiris

Campur terlebih dulu 1/2 cangkir kaldu dengan tepung jagung sampai larut. Lalu masukkan kaldu ayam, jahe, kecap, daun bawang, jamur dan lada putih ke dalam panci, lalu panaskan. Kalau sudah mendidih, tuangkan telur kocok sambil diaduk. 

Telur dadar bayam

5 Resep Sederhana untuk SahurPexels.com/jacqueline howell

Telur memang seringkali jadi andalan saat sahur. Selain mudah diolah, telur juga kaya akan kandungan nutrisi. Kalau ingin lebih sehat, kamu bisa mencampur telur dengan sayuran seperti bayam.

Bahan dan bumbu :

- Telur ayam 4 butir

- Daun bayam segar 1 ikat

- Bawang bombay secukupnya, potong dadu

- Tomat dan daun bawang, potong sesuai selera

- Kentang 2 buah, potong sesuai selera

- Garam dan merica secukupnya

- Minyak goreng atau margarin

Tumis bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan kentang dan tomat, lalu aduk sampai rata. Masukkan daun bayam, masak sebentar, dan angkat. Tambahkan tumiskan kentang dan bayam tadi ke dalam telur, taburi merica dan garam secukupnya. Selanjutnya, kamu tinggal menggorengnya.

Ayam cah jamur

5 Resep Sederhana untuk SahurPexels.com/Valeria

Ini dia menu kelima yang bisa kamu coba di rumah. Gabungan bahan nabati dari jamur dan hewani dari ayam yang pasti lezat dan bergizi.

Bahan dan bumbu :

- 100 gram fillet ayam

- 1 kaleng jamur kancing

- 1 tangkai kembang kol

- 2 siung bawang putih

- 1 sendok saus tiram

- 1/2 sdt lada

- gula pasir secukupnya

- kecap asin secukupnya

Pertama, cuci bersih ayam lalu potong ukuran kecil dan sisihkan. Potong kembang kol lalu rebus sebentar, kemudian belah jamur menjadi 2 bagian. Cincang bawang putih, dan tumis dengan sedikit minyak. Masukkan ayam lalu aduk sampai berubah warna dan masukkan jamur serta kembang kol. Kemudian tambahkan saus tiram, kecap asin, lada, gula dan air secukupnya.

Tak sulit kan membuat menu sahur sendiri yang lezat dan bergizi? Jadi, apa menu sahur favoritmu, Bela?

Baca Juga: Cara Membuat dan Resep Kue Kastengel Keju