Nggak terasa banget ya Bela, bulan Ramadan 2019 sudah berjalan lebih dari dua minggu. Itu artinya, tak lama lagi kita akan segera berjumpa dengan lebaran. Lebaran sendiri identik dengan kumpul bersama keluarga besar. Tentunya kamu ingin memberi sesuatu yang spesial untuk mereka juga kan? Salah satu hal yang bisa kamu berikan di momen setahun sekali ini adalah kue nastar keju.

Nastar adalah kue kering dari tepung terigu, mentega dan telur yang diisi selai nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda, ananas dan taart. Bentuk nastar bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

Kue yang masih bersaudara dengan pineapple tart ini termasuk suguhan favorit saat Idul Fitri. Rasanya yang gurih dan lembut sangat terasa pas berpadu dengan asamnya selai nanas. Bahan-bahan dari kue nastar keju sebenarnya cukup sederhana, tapi ternyata banyak juga yang gagal dalam membuatnya. Syarat utama membuat kue ini adalah kamu harus fokus. Yuk simak resepnya! 

Siapkan bahan-bahannya dulu yuk!

Resep Kue Nastar Keju thezonghan.com

Bahan nastar :

  • 250 gr margarin mix butter dingin
  • 50 gr gula halus
  • 100 gr keju
  • 3 butir kuning telur
  • 50 gr tepung maizena
  • 50 gr susu bubuk
  • 300 gr terigu protein rendah
  • selai nanas secukupnya

 

Bahan olesan :

  • 3 butir kuning telur
  • 1 sdt minyak / butter cair
  • sedikit susu kental manis (aduk rata)

 

Topping :

  • Keju parut

Cara bikinnya gampang, kok. Buktiin yuk!

Resep Kue Nastar Keju thezonghan.com
  1. Campur gula dan mentega. Lalu kocok rata sebentar saja, sekitar 3 menit. Setelah itu, masukkan kuning telur dan keju parut, kocok sampai tercampur rata.
  2. Masukkan susu bubuk dan maizena, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan bisa dibentuk bulat-bulat kecil.
  3. Ambil sedikit adonan dan pipihkan. Isi dengan selai nanas lalu bulatkan atau bentuk sesuai seleramu ya. Jika sudah, susun di loyang yang di alas baking paper.
  4. Panggang dengan suhu 140 derajat Celcius selama kurang lebih 35 menit.
  5. Kalau sudah keluar dari oven, beri topping keju parut dan panggang lagi sampai matang atau bagian atasnya sedikit kecokelatan.

Agar tak gagal, terapkan tips ini ya Bela!

Resep Kue Nastar Keju egita-cakes.com
  1. Sebaiknya sangrai tepung terigu lebih dulu sebelum digunakan. Tujuannya, untuk meminimalisir kelembapan tepung, sehingga kue nastar kejumu nanti lebih renyah.
  2. Saat memasukkan tepung terigu dan mengaduk adonan, gunakan spatula berukuran besar. Jangan menguleni dengan tangan, karena butter dalam adonan bisa leleh dan memengaruhi rasa.
  3. Agar nastarmu kelihatan mengilap, kamu bisa menambahkan sedikit madu. Tapi catat, tidak semua madu bisa memberikan efek ini, karena beberapa jenis madu murni justru membuatnya gelap dan gosong. Kamu bisa coba menggunakan Madurasa sachet rasa lemon ya.
  4. Jangan memanggang dengan api yang terlalu besar. Jika kamu menggunakan oven terlalu panas, selain bisa gosong juga akan membuat kulit nastar gampang pecah dan retak-retak.

Setelah kue nastar keju tadi dingin, bisa langsung kamu masukkan ke dalam toples kedap udara. Kamu bisa menjadikannya suguhan saat lebaran atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Itulah resep dan cara membuat kue nastar keju. Cukup mudah kan, Bela?

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju