Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Varian Es Krim Paling Ekstrem di Seluruh Dunia, Yakin Mau Nyoba?

Dari rasa mie goreng sampai tinta cumi-cumi

Ajenk Rama

Selain coklat atau permen, es krim juga menjadi salah satu dessert atau hidangan penutup yang digemari oleh banyak orang. Dessert satu ini memberikan sensasi dingin dan rasa yang creamy saat disantap. 

Es krim menyuguhkan banyak varian rasa yang menggugah selera. Mulai dari rasa coklat, strawberry, melon, vanila, alpukat, kacang, dan masih banyak lagi. Namun apa jadinya jika es krim yang biasa kamu santap menawarkan rasa paling ekstrem dan terbuat dari bahan yang tak terbayang sebelumnya?

Wah, apa saja varian es krim terekstrem di seluruh dunia? Salah satunya dari Indonesia, lho! 

1. Es krim rasa daging kuda mentah

fravel.co

Jepang atau Negeri Matahari Terbit itu memang pusatnya inovasi dan menjual berbagai pernak-pernik unik, termasuk varian es krim. Di sana, ada es krim dengan rasa daging kuda mentah. 

Menurut media lokal Jepang, Basashi Ice itu adalah es krim rasa vanila dengan campuran daging kuda mentah. Bagaimana rasanya? Salah satu blogger mengungkapkan bahwa rasa dari basashi ice unik, teksturnya lembut, dan terdapat potongan daging kuda. Meski rasanya nyeleneh, tetapi es krim satu ini punya banyak peminat.  

2. Es Krim rasa mie goreng

digstraksi.com

Beralih ke Indonesia, salah satu produsen mie menciptakan inovasi di dunia kuliner, yaitu es krim rasa mie goreng. Varian es krim unik tersebut diluncurkan pada 1 April 2023 dan menggabung cita rasa dari produk Choc Rocks dan Indomie goreng. 

Menurut penuturan Senior Brand Manager Indofood Ice Cream, es krim mie goreng ini ditargetkan untuk penikmat dessert bercita rasa asin. Kalau soal bahan dasar, es krim ini terbut dari perpaduan whey protein, susu, dan cokelat. 

Uniknya, topping yang digunakan untuk es krim satu ini adalah remahan mie instan. Lalu, apakah rasanya mirip dengan mie goreng? Ternyata, rasanya manis, creamy, dan agak mirip dengan makan Indomie goreng. Sudah mencobanya? 

3. Es krim rasa tinta cumi-cumi

fravel.co

Cumi-cumi menggunakan tintanya sebagai bentuk perlindungan diri terhadap musuh. Tapi, tinta cumi-cumi bisa dipakai untuk membuat olahan makanan yang gurih dan baik untuk kesehatan, seperti es krim.

Yup, Jepang yang selalu berinovasi terhadap apa pun juga mengeluarkan es krim varian tinta cumi-cumi. Mengutip lama detikFood, es krim Ikasumi atau tinta cumi-cumi memiliki rasa yang sedikit amis dan warna hitam pekat. Ada yang pernah mencobanya?

4. Es krim rasa ASI

Dailymail.co.uk

Terbang ke benua Eropa, tepatnya London. Kamu akan menemukan salah satu varian es krim terekstrem dan nyeleneh, yaitu rasa ASI. Berdasarkan data dari BBC, seorang ibu bernama Hiley yang tengah menyusui dan menjual asinya ke salah satu kedai es krim. 

ASI tersebut dijual dengan harga GBP 15 atau sekitar Rp260ribu per 10 ons. Es krim ini dinamakan Royal Baby Gaga. Es krim dikemas dengan gambar perempuan mirip Kate Middleton. 

Es krim ASI terbuat dari hasil donasi pada Ibu di Inggris dan telah sesuai dengan standar rumah sakit. Demi menghasilkan rasa yang pas dan enak, ASI dicampur dengan vanili Madagaskar. 

5. Es krim rasa daging gurita

pinterest.com

Sebagai salah satu seafood yang sangat digemari oleh masyarakat Jepang, gurita juga menjadi varian es krim terekstrem di dunia. Pasalnya, es krim rasa daging gurita terbuat dari perpaduan es krim vanila dengan tentakel gurita. 

Masyarakat Jepang gemar mengonsumsi daging gurita, terutama bagian tentakelnya dan menambah keaslian dari daging gurita ini, es krim tersebut dilengkapi dengan potongan daging gurita utuh. 

Cara memakan es krim ini sedikit unik, karena disediakan kecap asin yang disertakan di dalam kemasan. Hhhmmm, seperti apa rasanya, ya? Gurih atau malah aneh?

6. Es krim rasa empedu ular

Pinterest.com

Dikenal sebagai reptil berbisa, ternyata ular bisa dijadikan bahan untuk membuat es krim. Es krim? Yup, benar. Sekilas terdengar tidak mungkin, tapi Jepang bisa menciptakan dari gak ada menjadi ada. 

Penempuan es krim terekstrim dari Jepang ini berasal dari ular viper, reptil paling beracun dan mematikan. Bahan utamanya adalah susu mash-ular yang rasanya seperti empedu dan es krim varian satu ini bisa dibeli di minimarket Jepang. Berani buat mencicipinya?

7. Es krim rasa telur buaya

dailymail.co.uk

Berawal dari pemberian telur buaya, salah satu kedai es krim di Filipina tertantang buat menciptakan rasa es krim baru dan cukup ekstrem, yaitu telur buaya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es krim rasa telur buaya ini cukup sederhana, seperti buah, susu segar, gula, dan madu.

Namun, yang membedakan rasanya adalah sang pemilik kedai memasukkan telur buaya yang tidak dierami oleh induknya ke dalam proses pembuatan es krim. Mencampurkan telur buaya membuat es krim jauh lebih kental. 

Tak terduganya, para pelanggan kedai sangat menyukai es krim tersebut. Untuk bisa mencicipi varian es krim terekstrem ini, kamu harus terbang ke Filipina terlebih dahulu, nih. 

8. Es krim rasa lobster

onlyinyourstate.com

Cumi-cumi dan gurita sudah jadikan varian es krim, tak afdol jika salah satu hidangan laut yang populer dan cukup mahal ini tak dijadikan es krim. Melansir media lokal Amerika, sebuah toko es krim bernama Ben and Billy's Chocolate Emporium di Maine, Amerika Serikat (AS) menyediakan es krim dengan varian terbaru dan unik. 

Apalagi, kalau bukan rasa lobster. Es krim tersbeut menggabungan daging lobster dengan es krim rasa vanila. Es krim ini terasa makin spesial dan ikonik, karena sudah dihidangkan sejak tahun 1988 dan menjadi favorit para wisatawan yang melancong ke Amerika Serikat.

9. Es krim rasa pedas

Forbes.com

Pernah nggak kamu membayangkan buah cabai yang biasa dipadukan dengan nasi, tiba-tiba berubah menjadi varian es krim? Apakah rasa pedas atau malah manis? Nah, es krim dengan varian ekstrem ini berasal ari es krim Respiro del Diavolo atau disebut dengan Napas Iblis. 

Hidangan penutup tersebut terbuat dari berbagai cabai dan menjadikannya es krim paling berbahaya, karena skala panas yang dihasilkan. Respiro del Diavolo dibawa Skotlandia oleh Martin Bandoni, sang pemilik Aldwych Cafe dan Ice Cream Parlour.

Tingkat kepedasan dari es krim mencapai 1,569,300 SHU pada skala Scoville. Teksturnya tetap creamy dan lembut seperti es krim, namun kalau soal rasa ada sensasi pedas saat memakannya. Tertarik untuk mencicipi varian pedas dari Aldwych Cafe dan Ice Cream Parlour?

10. Es krim rasa kerang tiram

buro247.my

Masih dari hidangan laut, kerap rupanya bisa dioleh menjadi es krim. Cukup ekstrem, ya? Namun, es krim ini sudah pernah disajikan di Gedung Putih Amerika Serikat oleh Ibu Negara saat itu, Dolly Madion sekitar tahun 1810. 

Saat pertama kali disajikan, tentu es krim dengan varian kerang tiram ini menjadi hidangan mewah. Apalagi, es krim kala itu adalah makanan yang langka dan sulit ditemukan, tak semua orang bisa mencicipinya. 

Es krim kerang tiram ini memiliki rasa yang unik, karena dibuat dengan memanaskan tiram dan krim. Teksturnya menjadi lembut, creamy, dan rasanya menjadi gurih dan ada cita rasa khas tiram. Tahun 2022 lalu, Sisca Kohl pernah membuat es krim dengan varian satu ini dengan menggunakan bahan dasar, tiram yang berasal dari teluk Murotsu di Jepang.

Ekstrem banget varian es krim dari seluruh dunia, ya. Apakah kamu mau mencobanya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food