Pandemi corona memang membuat cemas siapa saja. Berbagai macam cara dilakukan oleh pemerintah di berbagai negara, mulai dari memberlakukan lockdown, physical distancing, sampai menggiatkan kampanye #DiRumahAja untuk mengurangi laju penularan virus corona yang begitu cepat. 

Tak hanya pemerintah yang berupaya, seluruh lapisan masyarakat juga berusaha untuk menjaga diri agar terhindar dari virus yang infeksinya menyerupai ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) ini. Pemakaian masker, hand sanitizer, dan rajin mencuci tangan menjadi sebagian cara perlindungan diri yang dilakukan oleh masyarakat. Namun, perlindungan diri dari luar saja tidak cukup untuk menghalau virus ini masuk ke dalam tubuh, terlebih saat imun dalam tubuh melemah.

Oleh karena itu, meningkatkan imunitas tubuh juga tidak kalah penting. Dengan melakukan aktivitas #DiRumahAja, kamu bisa mengonsumsi sejumlah bahan pangan yang bernutrisi untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuhmu dan melindungi kamu sekeluarga. Inilah beberapa bahan pangan yang bisa kamu siapkan selagi #DiRumahAja.

1. Aneka bumbu dapur

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.4muda.com

Dari zaman dahulu, Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya dari Sabang sampai Merauke. Manfaat yang terkandung dalam rempah-rempah membuat masyarakat Indonesia mengolahnya menjadi berbagai macam bumbu dapur, yang kita kenal saat ini. 

Aneka bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap alami makanan ternyata berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh, lho. Bumbu dapur seperti bawang putih, lada, bawang merah, ketumbar, lengkuas, dan lain sebagainya memiliki berbagai macam khasiat. 

Contohnya bawang putih, yang mempunyai senyawa anti-inflamasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, atau lada yang memberi rasa hangat pada tubuh saat hidung sedang tersumbat. Dengan mengonsumsi aneka bumbu dapur di dalam masakanmu saat #DiRumahAja akan membuat kesehatan tubuh semakin terlindungi.

2. Buah jambu biji

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.freepik.com

Buat kamu yang gemar memakan buah, jangan lupa untuk menyajikan buah yang dikenal dengan sebutan jambu biji merah. Buah yang memiliki daging berwarna merah mudah ini memiliki kandungan hesperidin, ramnetin, kaempferol, kuersetin, dan mirisetin. Sejumlah tim peneliti dari Universitas Indonesia (UI) dan IPB mengungkapkan bahwa senyawa baik yang terkandung dalam buah jambu biji merah berpotensi menghambat dan mencegah virus corona.

Selain itu, buah jambu juga kaya vitamin, serat, dan mineral. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin baik dimakan secara langsung atau dibuat jus. Buah yang mempunyai nama latin psidium guajava dapat memerangi radikal bebas yang dihasilkan selama proses metabolisme bekerja. Jadi, selama berada #DiRumahAja, kamu juga perlu memerhatikan kondisimu biar tetap fit dan bugar. 

3. Jamu Empon-Empon

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.paprikaliving.com

Tidak hanya diolah sebagai penyedap alami makan, tetapi beberapa aneka bumbu dapur juga bisa diolah menjadi sebuah jamu yang berkhasiat untuk tubuh. Jamu empon-empon yang terdiri dari sereh, jahe, kunyit, biji pala, kayu manis, temulawak, dan jinten merupakan kelompok tanaman akar rimpang yang kerap dimanfaatkan sebagai ramuan jamu tradisional.  

Untuk dapat merasakan khasiat baiknya, kamu bisa merebus jamu empon-empon secara bersamaan selama melakukan kegiatan #DiRumahAja. Meski terasa pahit di lidah, tapi jamu empon-empon dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang, terutama menjaga sistem imunitas. 

Seperti, kunyit yang dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh, lalu ada temulawak yang membuat badan tetap bugar walau dipadati dengan pekerjaan saat #WFH. Jahe berfungsi menjaga sistem imun dan mengatasi bakteri jahat dalam tubuh. Jamu empon-empon ini dapat kamu konsumsi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur agar tubuh terasa segar sehabis bangun tidur. 

4. Susu Beruang

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.milkgenomics.org

Kalau kamu yang kurang menyukai meminum susu, saatnya kamu mencoba perlahan mengonsumsinya. Bukan jenis susu kemasan yang ditambahkan bahan pengawet atau gula tapi susu yang berasal dari sapi murni tanpa rasa, serta melalui proses sterilisasi yang sangat baik, sehingga bakteri, kuman atau spora langsung mati. 

Susu yang dikenal tanpa rasa ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ia kaya dengan kandungan protein, lemak, dan vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D. Tidak hanya itu, susu ini juga mengandung banyak mineral penting untuk daya tahan tubuh.

Memang sih, saat meminumnya terasa kurang enak daripada susu sapi pada umumnya, tetapi manfaat susu beruang dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuang dan menetralisir racun yang ada di dalam tubuh tidak perlu diragukan lagi. Biar terhindar dari virus mematikan ini, kamu bisa meminumnya minimal 1-2 kali sehari agar tenaga kembali pulih setelah beraktivitas #DiRumahAja. 

5. Berbagai macam sayuran

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.freepik.com

Saat semuanya mulai beraktivitas #DiRumahAja, maka memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa berkreasi dengan beragam menu sayuran yang menyehatkan tubuh. Ada beberapa menu sayuran yang dapat kamu olah menjadi masakan enak sekaligus mencegah penularan virus corona yaitu sayur bayam, sayur sop, dan sayur brokoli. 

Bayam yang mengandung antioksidan dan beta karoten mampu membantu tubuh untuk melawan infeksi kekebalan tubuh dari virus jahat. Sementara, brokoli yang memiliki kandungan vitamin A, C, dan E mampu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh, supaya tubuh tetap sehat terlindungi. 

Sedangkan, sayur sop yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti buncis, wortel, kubis,  dan kentang, juga mempunyai vitamin C  yang cukup tinggi dan glutation, sebuah zat yang dapat menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia. Agar tidak bosan mengonsumsi sayuran selama #DiRumahAja, kamu bisa memasaknya secara berselingan. 

6. Air putih hangat

Tingkatkan Imun, 6 Bahan Pangan Ini Bisa Cegah Virus Coronawww.activetimes.com

Tenggorokan yang kering dan pola makan yang tidak sehat akan membuat kamu rentan terkena penularan virus corona. Oleh karena itu, kamu perlu mendisiplinkan diri untuk minum air putih setidaknya 1,5 hingga 2 liter sehari, istirahat yang cukup, dan memiliki asupan gizi yang seimbang untuk mencegah sistem imun menurun karena kekurangan cairan dalam tubuh.  

Selama #DiRumahAja bukan berarti kamu bermalas-malasan dan tidak menerapkan gaya hidup sehat. Justru saatnya, kamu lebih memerhatikan kebersihan diri, mengganti pakaian setelah keluar rumah, menjaga kondisi tubuh biar tidak mudah tertular dan menularkan virus corona ke sesama. Hindari kerumunan dan tetap berlakukan physical distancing ketika mengantre di tempat umum. 

Tetap jaga kesehatan ya, Bela. Agar pandemi ini segera berakhir.

Baca Juga: Resep Ramuan Mpon-Mpon yang Ampuh Mencegah Virus Corona

Baca Juga: Cegah Corona dengan Olahan Ubi Ungu yang Lezat dan Sehat

Baca Juga: Cari Tahu 7 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan