Siapa sih yang nggak suka ngemil? Apalagi kalau sedang menonton serial di Netflix atau drama Korea, segala macam camilan tersedia di kulkas, meja makan, hingga samping tempat tidur. Alhasil, bentuk tubuh mulai melar karena minimnya aktivitas saat #DiRumahAja. Nggak ingin hal ini terjadi padamu?

Kamu perlu pintar memilih camilan yang bisa kamu konsumsi tanpa membuat berat badan bertambah. Selain itu, kamu tetap perlu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di tengah pandemi seperti ini dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk tubuh. Biar kamu bebas ngemil tanpa melar, gantilah camilan ringan yang tinggi kalori dengan camilan yang sehat dan bergizi selama #DiRumahAja. Nah, Popbela telah merangkum 6 camilan sehat yang praktis buat teman ngemil. Yuk, disimak. 

1. Puding jagung

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.pinterest.com

Kamu doyan ngemil puding tapi bosan dengan puding buah? Kamu bisa coba kreasikan puding dengan jagung. Cara membuatnya tergolong mudah, hanya bermodalkan bahan utama yaitu agar-agar dan jagung, kamu sudah bisa mendapat camilan sehat yang ringan. 

Tak hanya sehat, puding berwarna kuning muda ini juga bisa membuat perutmu kenyang lebih lama, lho. Satu cup camilan sehat puding jagung hanya berkalori 131 kcal. Kamu juga bisa mengganti vla yang digunakan dengan yoghurt di atas puding. Jadi, nggak perlu merasa bersalah lagi saat ngemil, deh

2. Oatmeal cookies

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.pinterest.com

Terbiasa membuat oatmeal menjadi bubur, ternyata oatmeal nggak hanya enak dibuat bubur tapi oatmeal juga bisa diolah menjadi biskuit yang renyah dan kaya nutrisi. Dicampur dengan tepung berbahan dasar nabati, kamu dapat menikmati oatmeal dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan, tanpa perlu memikirkan jumlah kalori. 

Satu kalori oatmeal cookies hanya 421 kcal, tapi kandungan serat dan tinggi protein ini membuat kondisi tubuhmu lebih sehat. Rasanya yang lezat dan dilengkapi berbagai toping menyehatkan, dijamin nggak berhenti ngemil. Eitss, tenang nggak bikin melar asal diimbangi olahraga ringan, ya. 

3. Jasuke

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.cookpad.com

Nggak hanya enak dibuat puding, jagung juga bisa jadi camilan sehat yang murah meriah dan mengencangkan, tentunya. Kamu cukup menyediakan tiga bahan sederhana yaitu jagung, susu, dan keju. Cara membuatnya sangat mudah, serut jagung lalu tambahkan toping keju dan susu. Jasuke siap disajikan.

Jasuke cocok banget buat kamu yang suka camilan manis asin sebagai teman ngemil ketika nonton drama atau work from home. Mulut pasti nggak berhenti ngunyah apalagi kalorinya cuma 355 kcal, lho

4. Popsicle buah

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.wellandgood.com

Kalau camilan yang satu ini, siapa yang nggak suka? Rasanya yang segar asem buat hari-hari #DiRumahAja jadi lebih menyegarkan dan penuh warna. Camilan sehat dari buah-buahan segar ini cocok banget disantap saat jenuh dengan kerjaan yang menumpuk sejak work from home atau cuaca panas. Ademkan pikiran dengan popsicle buah, langsung rileks seketika. 

Popsicle buah bisa kamu bikin bersama keluarga tercinta di rumah. Nggak hanya dapat camilan sehat, kamu juga bisa mempererat rasa kebersamaan dengan masak bareng kakak, adik, atau ibu selama #DirumahAja. Kalori dari popsicle buah pun sangat rendah yaitu 79 kcal, saja. Selain itu, kamu dapat manfaat lebih dari irisan buah yang kamu makan. Wah, nggak merasa bersalah, sih ini pas ngemil

5. Stik ubi

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.cookpad.com

Kalau soal ngemil gorengan, susah sekali untuk menolaknya. Tapi, keseringan makan gorengan selama #DiRumahAja bisa bikin badan makin melar nggak karuan. Tenang, kamu bisa siasati dengan mengganti menu gorengan dengan stik ubi. 

Camilan stik ubi yang renyah, gurih, dan bikin ketagihan ini, bisa kamu buat dengan cara dipanggang untuk mengurangi banyak kalori yang masuk karena dibuat dengan cara digoreng. Ngemil dengan stik ubi panggang nggak akan buat berat badan kian melebar, terlebih ubi sering dimakan sebagai pengganti nasi buat yang sedang berdiet. Jadi, nggak salah jika milih stik ubi buat camilan sehatmu selama #DiRumahAja. 

6. Pumpkin seeds

Anti Melar Saat #DiRumahAja, Siapkan 6 Camilan Sehat Buat Teman Ngemilwww.freepik.com

Selain kuaci sebagai teman ngemil yang menyehatkan dan mengasyikan, kamu wajib coba salah satu biji-bijian lain yang tak kalah sehat yaitu biji labu. Meski bentuknya kecil tapi kandungannya penuh dengan kaya serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin K, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, seng, dan tembaga.

Ngemil pumpkin seeds tak sekadar menjaga berat badan tapi juga memperbaiki kesehatan jantung yang selama ini bekerja ekstra karena minimnya aktivitas, namun banyaknya kalori yang masuk tanpa disaring terlebih dahulu. Bentuknya yang mungil cocok buat kamu yang doyan ngunyah tapi enggan melar.

Yuk, saatnya ganti camilan harianmu dengan camilan yang lebih sehat. Apalagi kamu bisa menambah informasi camilan sehat dengan mengunduh Yummy App di iOS App Store dan Google PlayStore walau suka ngemil, tetap perhatian berat badan ya, Bela. 

Baca Juga: Ingin Detoks? Coba 10 Resep Green Juice Mudah Ini di Rumah

Baca Juga: 7 Rekomendasi Camilan Sehat Selama Work From Home

Baca Juga: 5 Tips Disiplin Makan Sehat Ketika WFH