Berniat membuat camilan manis yang mudah, Bela? Bolu kukus tiramisu merupakan kue manis yang banyak disukai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan bahan baku yang mudah didapat serta tidak perlunya oven, membuat siapa saja dapat membuatnya di rumah. Dihidangkan dengan secangkir teh atau kopi, akan membuat suasana bersantai kamu semakin sempurna.

Biar kamu bisa langsung praktik membuat bolu kukus tiramisu, yuk simak resep dan cara membuatnya berikut ini.

1. Bahan yang perlu dipersiapkan

Resep Bolu Kukus Tiramisu, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulutfreepik.com/xamtiw
  • 4 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 100 ml santan
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 bungkus kopi instan
  • 2.5 sdm cokelat bubuk
  • 2.5 sdm keju bubuk

2. Buat campuran pengembang terlebih dahulu

Resep Bolu Kukus Tiramisu, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulutfreepik.com

Siapkan wadah bersih, masukkan seluruh telur, 200 gram gula dan satu sendok teh emulsifier. Nyalakan mixer, lalu atur kecepatannya menjadi sedang dan mulailah mengaduk bahan. Aduklah bahan sampai mengembang, adonan yang sudah mengembang akan berubah menjadi putih. Setelah adonan jadi kemudian sisihkan.

3. Ayak tepung dan masukkan ke bahan pengembang

Resep Bolu Kukus Tiramisu, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulutpexels.com/videos/baking

Siapkan 200 gram tepung dan satu sendok teh baking powder, campur kemudian aduk hingga rata. Tuang ke dalam ayakan dan ayak di atas bahan pengembang. Jika sudah terayak, nyalakan kembali mixer dengan kecepatan rendah. Aduk hingga bahan tercampur rata. Hindari mengaduk bahan terlalu lama, jika adonan terlalu lama terkena udara dapat menyebabkan kue tidak mengembang.

3. Masukkan santan dan minyak goreng

Resep Bolu Kukus Tiramisu, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulutistockphoto/Rawpixel

Masukkan santan dan minyak ke dalam bahan, kemudian aduk menggunakan spatula dengan teknik aduk melipat hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi tiga bagian pada wadah terpisah. Masukkan bubuk keju, kopi instan dan bubuk cokelat ke dalam masing-masing adonan. Aduk kembali menggunakan spatula hingga tercampur rata.

4. Tuang ke loyang dan kukus bolu tiramisu

Resep Bolu Kukus Tiramisu, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulutyoutube.com/uli's kitchen

Panaskan panci yang akan digunakan untuk mengukus. Sembari menunggu panas, tuang adonan yang telah tercampur dengan bubuk keju, lalu kukus selama 10 menit.

Setelah itu, tuang adonan dengan bubuk kopi instan di atasnya, dan kukus kembali selama 10 menit. Untuk sentuhan terakhir, tuang adonan dengan bubuk cokelat, kemudian kukus selama 20 menit. 

Jika bolu tiramisu sudah matang, angkat kemudian dinginkan sebentar. Keluarkan bolu tiramisu dari dalam loyang dan potong sesuai selera.

Mudah kan, Bela? Bolu kukus tiramisu sangat cocok disajikan saat kumpul keluarga. Dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, cocok banget kalau disajikan bersama secangkir teh atau kopi.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang di IDN Times dengan judul "Resep Bolu Tiramisu 3 Lapis, Keju dan Cokelatnya Lumer di Mulut" ditulis oleh Kiswanto Sugeng.

Baca Juga: Super Simpel! 3 Resep Olahan Tahu Crispy, Temani Kamu di Kala Hujan

Baca Juga: Super Simpel! Resep Oreo Dessert Cup untuk Camilan di Rumah

Baca Juga: 3 Resep Dessert Berbahan Dasar Susu yang Enak dan Sehat