Tepung memiliki beragam kegunaan, mulai dari pengental adonan, bahan utama membuat kue, sampai digunakan sebagai pengganti nasi. Tepung memiliki jenis yang beragam, di antaranya tepung terigu, tepung maizena, tepung tapioka, tepung gandum utuh, tepung self raising dan sebagainya. 

Tepung terigu terbuat dari biji gandum dengan tekstur yang agak kasar dan lengket di tangan. Tapi tahukah kamu, ada tiga jenis tepung terigu yang beredar di pasaran? Yaitu tepung terigu berprotein tinggi, protein sedang dan protein rendah. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai produk tepung terigu berprotein tinggi. 

Tepung terigu berprotein tinggi mengandung protein sebanyak 11-13 persen, serta menghasilkan makanan dengan tekstur kenyal dan elastis. Tekstur ini berasal dari gluten (sejenis protein dari gandum), yang banyak dihasilkan oleh tepung dengan kandungan protein yang tinggi.

Tepung terigu berprotein tinggi, biasa digunakan untuk membuat mi, roti, kulit martabak, kulit lumpia dan kulit pangsit. Inilah rekomendasi produk tepung terigu berprotein tinggi dan harganya untuk kamu yang ingin hasil kue atau masakanmu kenyal.

1. Cakra Kembar

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalblibli.com

Cakra kembar adalah salah satu tepung terigu yang memiliki protein tinggi. Cakra Kembar memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B2, asam folat, seng dan zat besi. Cakra Kembar cocok digunakan untuk membuat donat, kue sus, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mi instan, mi basah, mi kering, martabak telur dan roti goreng. Kamu bisa mendapatkan tepung ini di toko online atau minimarket di dekat rumah. Mulai dari harga Rp10 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan 1kg tepung ini.

2. Golden Eagle

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih KenyalBungasari Flour Mills Indonesia

Golden Eagle cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat roti dan mi sendiri. Golden Eagle mengandung gluten yang tinggi, sehingga akan membuat adonan roti mengembang dengan baik. Jika digunakan untuk membuat mi, maka mi yang dihasilkan tidak mudah putus. Golden Eagle mudah kamu temukan di pasar, minimarket, ataupun toko online. Mulai dari Rp14 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan 1kg tepung ini.

3. Lencana Merah

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalshopee.com

Lencana merah adalah tepung terigu berprotein tinggi, cocok untuk kamu yang suka memasak gorengan dan jajanan pasar. Lencana Merah akan menghasilkan tekstur gorengan yang lebih garing dan renyah. Produk ini juga memiliki kandungan gizi yang lengkap, di antaranya protein, vitamin B1 dan vitamin B2. Dengan harga mulai dari Rp8 ribu, Lencana merah bisa kamu beli di warung atau minimarket terdekat.

4. Nippon Komachi

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalshopee.com

Rekomendasi tepung terigu berprotein tinggi berikutnya adalah Tepung Nippon Komachi, yang berasal dari Jepang. Dibuat dengan gandum pilihan, menjadikan hasil akhir adonan bertekstur lebih halus dan lembut. Roti yang dibuat dengan tepung Nippon Komachi akan lebih mengembang dari tepung merek lainnya. Tepung ini cocok digunakan untuk membuat donat dan roti gulung.

Untuk kamu yang ingin menggunakan tepung Nippon Komachi, bisa membelinya secara online di toko online kepercayaan kamu. Dengan kualitas premium, harga 1kg produk ini berkisar mulai dari Rp21 ribu.

5. Sriboga Hime

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalshopee.com

Ingin membuat roti a la Eropa? Kamu bisa menggunakan tepung Sriboga Hime. Tekstur tepungnya halus dan mengandung ash yang rendah. Tepung Sriboga Hime dapat kamu gunakan untuk membuat croissants, baguettes, pizza tradisional, hingga roti hearth. Tepung Sriboga Hime mudah ditemukan di minimarket ataupun di toko online, dengan harga Rp10 ribu per 1 kilogram.

6. Kereta Kencana

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalspensabayalibrary.files.wordpress.com

Kembali ke produk tepung terigu berprotein tinggi buatan lokal, adalah Kereta Kencana.  Mengandung kadar protein sebanyak 11-13 persen, serta kadar gluten yang cukup tinggi, kamu bisa membuat roti yang lembut serta mengembang. Mulai dari harga Rp8 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan 1kg tepung Kereta Kencana.

7. Tali Emas

7 Produk Tepung Terigu Berprotein Tinggi, untuk Buat Kue lebih Kenyalshopee.com

Mengandung 11 persen protein dan gluten sebanyak 33 persen, Tali Emas cocok untuk kamu yang membutuhkan tepung, dengan hasil adonan yang mengembang sempurna. Tepung Tali Emas akan menciptakan roti dengan volume tinggi dan pori-pori seragam, putih terang dan kelembutan sempurna. Cocok digunakan untuk membuat roti tawar, baik untuk konsumsi pribadi atau ingin dijual kembali. Kamu bisa mendapatkan produk ini di toko online atau swalayan, dengan harga kisaran mulai dari Rp8 ribu per satu kilogram.

Itulah 7 rekomendasi produk tepung terigu berprotein tinggi, untuk kamu yang ingin menghasilkan masakan kenyal dan mengembang sempurna. Kira-kira produk mana, nih, yang penasaran ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Tanpa Oven, Sederhana dan Tetap Enak

Baca Juga: Resep Kue Zebra Kukus Santan, Rasanya Lezat dan Bikin Ketagihan!

Baca Juga: Simpel dan Bisa Dibuat di Rumah, Ini Aneka Resep Kreasi Roti