Belakangan banyak brand fashion baik lokal dan luar negeri merilis koleksi neutral gender atau unisex.

Nggak cuma sekedar t-shirt oversized yang bisa dipakai gender apa pun. Bahkan kini banyak pula desain feminin dikenakan pria.

Tapi jangan keburu judging dan menghubungkan dengan orientasi seks seseorang berdasarkan penampilan.

Bisa saja pria yang menggunakan pakaian perempuan tak peduli dengan batasan fashion. Sebab bagi mereka, genderless fashion adalah gaya yang tak memandang feminin atau pun maskulin.

Terlebih bagi para pria yang sangat in to fashion, alias bener-bener suka tampil fashionable dengan ciri khasnya sendiri.

Berikut seleb yang sering tampil dengan gaya genderless fashion.

1. Billy Porter

Tampil Unik, Ini Seleb yang Nggak Peduli dengan Fashion Sesuai Gendertucmag.net

Red carpet tanpa Billy Porter mungkin rasanya flat banget. Terlebih lagi ketika Met Gala, banyak yang menanti bagaimana penampilan Billy Porter. Billy sedari awal memang seleb yang sering tampil dengan gender-neutral fashion sebagai ciri khasnya.

"Standard masyarakat sekarang nggak memandang aneh kalau lihat perempuan pakai celana karena patriarki. Patriarki itu pria, jadi pakai jas itu kesannya kuat dan segala hal yang feminin itu lemah. Aku muak dengan pemikiran itu, dan aku sadar pltaformku membolehkan ku untuk menentang ini," ucap Billy dalam sebuah wawancara yang membahas alasan penampilannya.

2. Oslo Ibrahim

Tampil Unik, Ini Seleb yang Nggak Peduli dengan Fashion Sesuai GenderInstagram.com/osloibrahim

Musisi indie, Oslo Ibrahim nggak hanya unik dengan tatanan rambut dikuncir dua mirip kartun Pucca.

Tapi ia juga punya penampilan yang mendobrak standard. Selain pernah mengenakan kain, Oslo juga sering banget pakai crop top, palazzo pants pleated dan blouse, lengkap dengan kutek.

"Gue ngelakuin ini dibilang kayak cewek, ya gue suka. Mau cat kuku, terserah gue. Dibilang bencong, ya lo yang laki berani nggak cat kuku? Ya gue nggak takut dengan pakai cat kuku, dengan gue pake crop top segala macem, gue nggak takut gue nggak dianggap cowok. Justru gue kaya gini karena merasa gue cowok banget, gue bisa melakukan apa pun," jelas Oslo pada salah satu interview yang membahas seputar musik.

3. Harry Styles

Tampil Unik, Ini Seleb yang Nggak Peduli dengan Fashion Sesuai Gendertucmag.net

Mantan anggota boyband One Direction pernah menarik perhatian dengan penampilannya yang pernah memakai palazzo pants dan kemeja pink.

Sejak itu, Vogue langsung memilihnya sebagai model cover majalah. Pada pemotretan Vogue cover, Harry Styles tampil memakai rok, dress lengkap dengan kutek kuku warna mencolok.

4. Jefri Nichol

Tampil Unik, Ini Seleb yang Nggak Peduli dengan Fashion Sesuai GenderInstagram.com/jefrinichol

Pernah melakukan pemotretan, Jefri pernah di-styling mengenakan dress dan outer berbahan sutra yang terkesan tak biasa. Penampilan tersebut jadi perhatian netizen. Namun Jefri punya pendapat sendiri mengenai tanggapan banyak orang mengenai pria bisa memakai pakaian apa pun.

"Mau pakai rok kek atau apa, ya kalau lo nyaman ya pakai aja. Ya lo kalau mau berpakaian, ya sebebas lo aja lah, nggak ada rules-nya juga. Fashion enggak sekaku itu kali," kata Jefri Nichol.

5. Jaden Smith

Tampil Unik, Ini Seleb yang Nggak Peduli dengan Fashion Sesuai Genderall4women.co.za

Jaden Smith nggak hanya sekali mengenakan dress. Bahkan ia harus menentang ayahnya, Will Smith ketika mengenakan pakaian yang lazimnya dikenakan perempuan.

Ia pernah bercuit soal penampilannya, "Kalau aku pengen pakai dress, ya aku akan pakai, dan ini semacam sebuah gelombang baru...#ICON."

Baca Juga: Inspirasi Padu-padan Genderless Fashion, Patut Dicoba!

Baca Juga: Intip Gaya Dena Rachman, Transgender yang Isolasi Mandiri dengan BCL

Baca Juga: Jujur Banget, 10 Artis Indonesia Terbuka dengan Identitas Gendernya