Songket adalah kain warisan budaya Indonesia. Kain ciri khas berbagai daerah asal Aceh, Medan, Padang, Palembang, Lampung, dan Lombok ini harganya pun cukup mahal.

Tapi wajar banget jika songket punya harga yang tinggi, sebab kain mewah ini proses pembuatannya sangat rumit karena handmade dan menggunakan alat tenun. Apalagi saat menenunnya membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Nah, dengan menjaga kemewahan kain songket yang kamu punya, perlu tahu cara mencuci yang benar. Nggak mau kan efek kemilau kain yang menggunakan benang emas jadi terlihat pudar?

Cara Mencuci Kain Songket yang Aman

Cara Mencuci Kain Songket Sendiri di Rumah Instagram.com/songketpalembang_citra

Sebelum kamu ke jasa laundry, sebaiknya coba dulu mencuci songket sendiri di rumah dengan cara di bawah ini.

  1. Selain dry clean di tempat profesional, mencuci dengan tangan bisa jadi solusi. Bahkan, mesin cuci rumahan harus dihindari. Caranya pun gampang banget. Cukup siapkan ember yang sudah dipenuhi air bersih.
  2. Celupkan songket dan tepuk-tepuk dengan lembut. Kamu juga bisa menguceknya, tetapi dikhawatirkan akan mengubah kualitas jahitan benang. Dengan cara ditepuk perlahan bisa membantu menjaga kualitas songket, apalagi cara ini lebih tepat karena biasanya jarang banget songket terlihat kotor walau sudah dipakai. Paling-paling hanya karena keringat saja.
  3. Saat merendam songket, kita tak perlu menggunakan deterjen, tapi dengan shampoo bayi yang dinilai lebih lembut. Dengan menggunakan sabun, justru dapat mengubah tekstur kain songket.
  4. Setelah itu, langsung jemur kain songket di tempat yang teduh. Ingat bagian dalam yang dijemur. Hindari juga terpapar sinar matahari agar dapat mempertahankan warna asli.
  5. Jika sudah kering, wajib simpan songket dengan cara digantung atau digulung lalu simpan dalam boks khusus. Jika dilipat, bahan songket akan patah. Apalagi kalau masa penyimpanan cukup lama.
  6. Selama songket disimpan, jamur bisa jadi musuh. Jadi, kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk menggulung songket yang akan disimpan dalam boks. Biji merica juga bisa kamu masukkan dalam plastik lalu dibolongi (sebagai pengganti kapur barus), taruh di dekat songket yang tergantung di dalam lemari.

Itulah cara mencuci dan menyimpan songket yang tepat. Ingat, jangan pakai detergen atau sabun, ya.

Baca Juga: Sama-Sama Warisan Nusantara, Ini Perbedaan Kain Songket dan Tenun Ikat

Baca Juga: Jangan Asal Cuci, Begini Cara Tepat Merawat Kain Tradisional

Baca Juga: 5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' Lagi