Festival Pulih 2021 by Popbela tak hanya hadir menggaungkan kesehatan mental tapi juga memberi pesan-pesan inspiratif tentang kewirausahaan dari sosok pulih Samira Shihab. Melalui talkshow di YouTube channel dan Instagram Live Popbela, Samira membagikan pesan-pesannya untuk anak muda yang ingin berbisnis.

Seperti yang kita tahu, sepupu Najwa Shihab ini, merupakan pendiri e-commerce Tinkerlust dan komunitas Stellar Women. Bagi kamu yang mau mengikuti jejaknya, agar tak asal terjun, berikut 5 pesan Samira Shihab yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Kesabaran jadi kunci

Ini 5 Pesan Samira Shihab Bagi Anak Muda yang Ingin Berbisnisinstagram.com/samira.shihab

Miliki kesabaran karena itu adalah kunci untuk sehari-hari. Sabar dengan dirimu, sabar dengan orang-orang di sekitarmu, serta sabar untuk apa yang sedang kamu hadapi. Sadari bahwa kita tidak akan pernah sempurna dan lebih lembut, lebih ramah dengan diri kita sendiri.

2. Terus terkoneksi dengan support system atau komunitas

Ini 5 Pesan Samira Shihab Bagi Anak Muda yang Ingin Berbisnisinstagram.com/samira.shihab

Miliki support system atau komunitas yang baik sehingga kamu tidak merasa sendiri dalam menjalani kehidupan sebagai pebisnis atau hendak menjalani bisnis. Dengan berkomunikasi bersama mereka, kamu akan memiliki pandangan baru, semangat, motivasi, bantuan, dan mengetahui bahwa tantangan yang kamu alami juga dialami oleh orang lain. Komunitas tak harus besar atau professional, tapi bisa dari keluarga, kerabat terdekat, bahkan komunitas olahraga dan hobi lainnya.

3. Punya inovasi, kreatif, komunikasi dan siap jadi leader

Ini 5 Pesan Samira Shihab Bagi Anak Muda yang Ingin Berbisnisyoutube.com/Popbela

Bisnis selalu terkait dengan inovasi dan kreativitas agar tetap dapat eksis dan terus berjalan serta berkembang. Tanpa kedua hal itu, bisnis bisa jalan di tempat atau mungkin semakin menurun eksistensinya.

Menjadi seorang pebisnis juga harus memiliki jiwa leader atau pemandu, pemimpin, pembimbing. Tetap memiliki dan menjalani job desk tersendiri yang tak jauh berbeda dengan karyawan. Komunikasi pun juga amat penting dalam sebuah bisnis.

4. Jangan lupa istirahat

Ini 5 Pesan Samira Shihab Bagi Anak Muda yang Ingin Berbisnisinstagram.com/samira.shihab

Mendirikan, mengembangkan dan menjalankan bisnis atau usaha tentu tidak mudah dan risikonya akan selalu sibuk. Bahkan seorang entrepreneur memiliki jam kerja fleksibel yang tak kenal waktu. Samira berpesan untuk tidak lupa mengambil waktu sendiri, istirahat, ‘mengambil nafas’, dan santai saja. Jangan terlalu bersemangat hingga akhirnya kelelahan dan berakibat buruk bagi kesehatan. Terapkan pola hidup sehat yang konsisten.

5. Gunakan kesempatan dan kegagalan sebagai suatu pelajaran untuk lebih baik

https://www.youtube.com/embed/5-_PHSDS8lc

Kegagalan, penolakan, pasti pernah terjadi dan merupaka proses dari perjalanan bisnis. Tapi jangan terlalu berlarut dalam kegagalan dan penolakan tapi jadikanlah itu sebagai suatu pelajaran untuk lebih baik ke depannya.

Jangan ragu mengambil kesempatan yang tersedia di depan mata. “everybody goes to rejection and failure. Stand up, raise your hand.. tapi emang ada risk you get rejected, but if you ever stand up, raise your hand, the opportunity definitely not going to your direction… jangan sampai menyesal.” Pesan Samira Shihab.

Itulah 5 pesan Samira Shihab untuk para Bela yang ingi berbisnis. Kamu bisa mendapat berbagai inspirasi bisnis dari Samira Shihab dalam talkshow di Festival Pulih 2021 yang dapat kamu saksikan di YouTube channel Popbela, serta nantikan pesan inspiratif lainnya dari sosok pulih hebat lain di Festival Pulih 2021 by Popbela dalam Instagram Live maupun YouTube Popbela.

Baca Juga: Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira Shihab

Baca Juga: Tips Mima Shafa untuk Kamu yang Galau di Tengah Pandemi

Baca Juga: Benarkah Gen-Z Galau Hadapi Masa Depan? Ini Kata Mima Shafa!