Gaun untuk pesta kerap didesain dengan model yang mewah menggunakan kain brokat. Namun, kini semakin banyak model kekinian yang memadukan brokat dengan jenis kain lainnya, salah satunya adalah kain tille atau tulle. 

Tulle merupakan jenis kain tipis yang sering digunakan sebagai kombinasi busana perempuan untuk pesta. Ciri khas kain ini adalah memiliki lubang-lubang kecil seperti jala.

Kain ini juga memiliki berat yang sangat ringan sehingga cocok sebagai kombinasi model gaun brokat mewah. Nah, berikut adalah beberapa model gaun brokat mewah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Simak yuk!

1. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Model A-Line

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Model gaun brokat mewah yang pertama memadukan bahan tulle dengan sedikit brokat model a-line. Gaun ini memiliki detail maxi yang panjang menjuntai sampai bawah mata kaki. 

Kemudian, bahan brokat diletakkan di bagian dada membentuk off shoulder menyamping sampai ke lengannya. Lalu, tambahkan sedikit aksen ruffle di bagian lengan di atas siku supaya terkesan unik. 

Sementara itu, bahan tulle digunakan untuk melapisi seluruh bagian gaun dari leher sampai ke ujung. Dengan memakai gaun ini, kamu akan tampak begitu anggun dan feminin. 

2. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Model Straight

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Selanjutnya, model gaun straight atau lurus ini bisa dipakai sebagai baju pesta dengan memakai kombinasi brokat dan tulle. Untuk bagian atas gaun dan lengan, kamu bisa melapisi dengan kain brokat sampai ke atas kaki. 

Untuk sambungannya, tambahkan dengan kain tulle sampai ke ujung gaun. Gaun kombinasi ini bisa kamu pakai untuk datang ke pesta dengan dipadukan aksesori warna senada. 

3. Gaun Brokat Kombinasi Tulle di Lengan

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Kalau model gaun brokat mewah sebelumnya banyak memakai bahan tulle sebagai kombinasinya, kali ini justru sebaliknya. Kamu membutuhkan bahan brokat yang lebih banyak untuk dipakai di bagian atas sampai ujung gaun yang bermodel a-line. 

Sementara itu, lengan gaun dilapisi dengan tulle di bagian pundak menjuntai ke bawah. Supaya semakin terlihat mewah, kamu bisa menambahkan manik-manik di atas dada. Jangan lupa lengkapi dengan hand bag dan high heels sebagai aksesorinya. 

4. Gaun Brokat Kombinasi Tulle dengan Aksen Ruffle

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Bagi kamu yang menyukai model ruffle, maka gaun kombinasi tulle yang satu ini bisa kamu buat. Caranya, kamu bisa membuat atasan dan lengan sesuai bentuk tubuh dengan dilapisi kain brokat terlebih dahulu. 

Setelah itu, sambungkan dengan kain satin di bawahnya membentuk flare yang lebar dan berlipat. Untuk kombinasi kain tulle-nya, letakkan di depan dada membentuk v dan juga di bagian pundak berbentuk ruffle. 

5. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Aksen Belt

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Model gaun brokat mewah berikutnya ini cukup simpel dengan brokat yang memanjang sampai bawah lutut. Lalu, kombinasikan dengan kain tulle di ujungnya yang dibuat berlipat seperti ruffle. 

Terakhir, tambahkan aksen belt atau tali di pinggang supaya bisa membuat kamu tampak lebih ramping dan jenjang. Kalau kombinasi tulle tersebut dirasa kurang, kamu bisa menambahkannya untuk bagian pergelangan tangan. 

6. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Model Mermaid

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Banyak perempuan yang gemar menggunakan gaun model mermaid. Sebab, selain bisa membuat tubuh tampak lebih bagus, gaun ini juga memiliki tampilan yang unik dan juga kekinian. 

Seperti di atas, kamu bisa mengombinasikan brokat di bagian atasnya dengan kain tulle di ujung gaun. Supaya tampak semakin berkelas, tambahkan lengan lonceng ber-layer yang lebar dengan kain tulle juga. Penampilanmu akan terlihat sangat mewah dan juga berkelas. 

7. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Lengan Balon

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Model gaun brokat mewah berikut ini mengombinasikan antara kain tulle dengan brokat yang menggunakan detail lengan balon yang lebar. Seperti yang kamu lihat, kain brokat bisa kamu letakkan untuk melapisi gaun sampai ke lutut. 

Lalu, tambahlan aksen kain tulle yang menjuntai seperti selendang di sisi kanan gaunmu. Kamu juga bisa menambahkan detail manik-manik warna senada supaya membuatnya terlihat lebih mewah. 

8. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Model Ruffle

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Kalau model sebelumnya menggunakan kain tulle sebagai aksen selendang, sekarang kain tersebut akan digunakan untuk bawahan dan juga aksen ruffle di ujung-ujung gaun. Pertama, kamu bisa membuat gaun berlapis brokat sampai di atas lutut. 

Kemudian, dari lutut ke bawah kamu bisa melapisinya dengan kain tulle sampai ke ujung. Lalu, barulah setelah itu kamu bisa manambahkan aksen ruffle di lengan bagian siku dan juga di perpotongan antara brokat dan tulle supaya lebih menarik. 

9. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Lengan Balon

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Kembali dengan model lengan balon, model gaun yang satu ini lebih banyak menggunakan kain tulle dibandingkan dengan brokat. Kain brokat tersebut hanya diletakkan di bagian depan gaun menyerupai apron. 

Lalu di sekelilingnya, lapisi gaun dengan kain tulle yang memiliki motif bulat-bulat kecil. Dengan model gaun yang lebar di bagian bawah, penampilanmu akan terlihat sangat mewah. 

10. Gaun Brokat Kombinasi Tulle Model Layer

10 Model Gaun Brokat Mewah Kombinasi Tulle Terbaru 2022pinterest.com

Model gaun brokat mewah yang terakhir merupakan kombinasi antara brokat dengan tulle model layer. Seperti namanya, model gaun ini kamu buat dengan bahan brokat terlebih dahulu. 

Setelah itu, bagian layer kedua kamu buat dengan kain tulle menyerupai outer panjang. Supaya tampak lebih menawan, kamu bisa menambahkan aksen ruffle di pergelangan tangan dan juga aksen tali di pinggang. 

Itulah 10 model gaun brokat mewah yang bisa kamu jadikan referensi. Kira-kira, model mana yang akan kamu pakai untuk datang ke pesta, Bela? 

Baca Juga: 8 Outer Brokat Kekinian untuk Tampil Lebih Stylish dan Keren

Baca Juga: 10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Elegan

Baca Juga: 10 Model Atasan Brokat Kekinian 2022, Stylish dan Elegan!