Bagi para anak muda, membuat unggahan dan feeds yang bagus di media sosial Instagram biasanya menjadi suatu keharusan. Semakin estetik unggahan foto di Instagram, semakin banyak pula orang yang menyukainya. 

Bahkan, media sosial lainnya kini juga harus dihiasi foto diri sendiri yang estetik agar tampak keren. Oleh karena itu, kamu pasti tidak mau ketinggalan untuk membuat foto-foto estetik dan keren kan? 

Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa kaku dan tidak photogenic saat difoto. Mereka biasanya akan mati gaya jika sudah berhadapan dengan kamera. Nah, solusi yang tepat adalah dengan berfoto sendiri.

Kamu bisa mencoba berbagai gaya foto sendiri berikut ini supaya tetap terlihat ekspresif dan estetik saat di depan kamera. Lihat yuk, bagaimana pose-posenya!

1. Gaya tersipu malu di bawah langit

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Gaya foto sendiri pertama yang bisa kamu coba adalah gaya tersipu malu di bawah langit. Foto ini bisa kamu ambil di depan rumah saat cuaca sedang cerah berawan. Lalu, letakkan kamera menghadap langit dan pastikan tidak ada bangunan atau pohon yang menghalanginya.

Setelah itu, barulah kamu bisa berpose, mulai dari pose menutup wajah, pose silau, sampai pose tertawa terbahak-bahak. Semua pose tersebut akan bertambah estetik kalau  kamu mengenakan aksesori topi yang berwarna. 

2. Gaya foto memainkan rambut

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Selanjutnya, kamu bisa membuat foto yang memberikan kesan fierce dengan gaya foto memainkan rambut.

Namun sebelumnya, buat kamera latar hitam putih dan pakai pakaian yang simpel dan polos. Kalau sudah, kamu bisa mulai mengambil foto dengan meletakkan kamera menghadap tembok.

Pastikan kamera tersebut bisa menangkap fotomu secara keseluruhan. Barulah kamu bisa mulai berpose dengan memainkan rambut, seperti seolah-olah akan mengucir rambut, meletakkannya ke sisi belakang, atau memegang rambut agar tidak menutup kamera. 

Jangan lupa melengkapinya dengan tatapan yang tajam supaya terlihat semakin keren, ya! 

3. Gaya foto menengok ke belakang

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Saat di media sosial, kamu terkadang ingin bergaya foto sendiri seolah-olah sedang bersama dengan orang lain. Kalau kamu ingin terlihat difoto oleh orang lain, maka pose foto menengok ke belakang ini bisa dicoba. 

Pertama, letakkan kamera menghadap taman yang sedikit tinggi seolah-olah seperti dipegang. Lalu, duduk membelakangi kamera tersebut sebelum mulai berpose. Kalau kamu sudah siap, silakan mulai berpose menengok ke belakang seolah-olah kamu sedang dipanggil atau bercanda dengan kamera. 

4. Gaya foto dengan minuman dan snack

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Berfoto tanpa menggunakan aksesori biasanya akan terasa sangat kaku. Kamu bingung harus meletakkan tangan seperti apa supaya terlihat keren. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa berpose foto dengan menggunakan snack dan minuman. 

Foto dengan snack dan minuman ini bisa menjadi andalan untuk membuat foto tidak membosankan. Misalnya, dengan pose pura-pura minum, pose menggigit snack, atau pose berbahagia mendapatkan snack.

Jangan lupa pula memainkan ekspresi supaya tidak monoton. 

5. Gaya foto memainkan tangan

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Meskipun tanpa aksesori snack atau aksesori lainnya, kamu tetap bisa bergaya foto sendiri dengan memainkan tangan. Sebelumnya, letakkan kamera menghadap tembok yang putih terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa duduk menghadap kamera seolah-olah sedang meliriknya. 

Pose memainkan tangan bisa dimulai dengan membuat tangan menutupi wajah sebagian, meletakkan tangan di pelipis, sampai meletakkan tangan di samping seolah-olah sedang tersipu. 

6. Gaya foto menengok ke bawah

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Lagi-lagi, latar langit biru menjadi pilihan yang tepat untuk foto estetik. Gaya foto kali ini adalah gaya menengok ke bawah, seolah-olah kamu sedang mengecek keadaan kamera. 

Caranya, letakkan kamera di bawah menghadap langit yang berwarna biru cerah. Lalu, pasang timer supaya kamu bisa siap-siap untuk berpose. Kalau sudah, mulai bergaya dengan menengok kamera ke bawah, melirik dari belakang, sampai berpose peace. 

7. Gaya foto sendiri di basement

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Selain di bawah langit, basement menjadi spot foto yang bagus untuk gaya foto sendiri. Kamu bisa meletakkan kamera sejajar di depan, lalu mulai berpose di depan kamera. Pose kali ini lebih banyak memainkan badan karena keseluruhan badanmu bisa tertangkap kamera. 

Gaya pertama adalah gaya jongkok menengok kamera, kemudian gaya memainkan tas, dan gaya meliukkan badan seolah-olah sedang kelelahan berjalan. Semuanya akan tampak keren dengan pencahayaan basement yang tidak terlalu terang. 

8. Gaya foto memiringkan kepala

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Kalau kamu ingin mengambil foto yang close up di depan kamera, biasanya gaya foto memiringkan kepala menjadi andalannya. Gaya ini cukup mudah kamu ikuti, hanya dengan memiringkan kepala ke berbagai sisi, mulai dari miring ke kiri, miring ke kanan, dan lurus dengan ekspresi yang serius. Foto-foto ini akan cocok kamu pakai untuk profil di media sosial kamu. 

9. Gaya foto full makeup dengan background putih

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Selanjutnya, gaya foto sendiri bisa menjadi estetik kalau kamu mengambil foto di depan latar putih dan dengan pencahayaan yang bagus.

Pertama, tentunya kamu perlu menyiapkan tempat foto yang sudah di-setting pencahayaan dan background-nya. Kalau sudah, tambahkan hiasan tanaman supaya lebih estetik. 

Setelah itu, barulah kamu mulai bergaya dengan memainkan ekspresi wajah dan tangan. Misalnya, dengan gaya tangan menutup dagu atau gaya tangan di pipi. Namun, jangan lewatkan makeup yang bagus supaya lebih estetik, ya!

10. Gaya foto macam-macam ekspresi wajah

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Mengambil foto sendiri biasanya akan membuatmu lebih ekspresif daripada harus difoto oleh orang lain. Nah, wajah yang ekspresif tersebut bisa kamu buat menjadi kolase foto yang keren dengan memanfaatkan cahaya dari jendela.

Biasanya, cahaya yang bagus adalah saat-saat sore hari sebelum matahari tenggelam. Kamu bisa berekspresi bebas, mulai dari tersenyum, menengok, sampai meletakkan tangan di pipi. 

11. Gaya foto menopang dagu dan memainkan mata

11 Gaya Foto Sendiri yang Keren Biar Nggak Mati Gaya!pinterest.com

Gaya foto sendiri yang terakhir adalah gaya menopang dagu. Gaya ini menjadi andalan kalau kamu ingin mengambil foto dari jarak dekat. Sebelumnya, pastikan kamera dan pencahayaan tempat untuk berfoto sudah terang, barulah kamu bisa mulai berpose. 

Pose menopang dagu ini bisa kamu buat bermacam-macam, mulai dari menopang dagu dengan satu tangan atau menopang dengan dua tangan. Namun yang terpenting adalah memainkan ekspresi wajah dan mata supaya tidak terlihat monoton. 

Itulah 11 gaya foto sendiri yang bisa kamu coba. Sekarang, kamu nggak perlu lagi kebingungan untuk bergaya di depan kamera bukan?

Semoga bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Foto Pre-Wedding Hijab dari Seleb Indonesia

Baca Juga: 13 Inspirasi Gaya Foto Liburan Bareng Pacar Biar Feeds Instagram Keren

Baca Juga: 12 Gaya Foto Kekinian Mega Iskanti, Tampil Cantik dengan Hijab