Dua tahun kita sudah merasakan kelamnya pandemi, and now we're done! Maksudnya.... done dari suasana yang suram dan keluar dari 'zona nyaman' yang selama ini sudah mengurung kita semua. Rasanya kita bisa secara official mengucapkan terima kasih kepada sweatpants, knitwear, loungewear nyaman hingga berbagai busana berwarna netral, simpan kembali dalam lemari, dan bye. 2022 here we come!!

Sebelum melihat daftar trend fashion 2022 yang sudah saya rangkum di bawah ini, ada satu pertanyaan yang lumayan menggelitik hati: "jadi apa sih pelajaran yang kita bawa selama pandemi kemarin?" tentu dalam kacamata fashion, dan menurut pendapat saya pribadi, jawaban saya adalah: escapism. Alias pelarian dari kenyataan. Yup jujur deh siapa di sini yang butuh 'pelarian' selama terkurung pandemi kemarin? dan tentu saja nggak sedikit yang memakai 'fashion' sebagai alat untuk berekspresi. Sebagai cara untuk mengobati kerinduan mereka dengan liburan dan berkumpul dengan orang lain. Dan 2022 jadi waktu yang tepat untuk menghidupkan energi tersebut.

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!toyoutheart.com

Dasar dari trend fashion 2022 ini tentu adalah sikap antusiasme untuk menyambut tahun depan dengan perasaan yang positif. Busana nyaman dan fashion item yang sifatnya fungsional boleh disimpan dulu, dan dobrak 2022 dengan item yang bold dan penuh warna. Nggak cuma diambil dari trend fashion runway dan street, tapi pengamatan saya juga dari beberapa sosok berpengaruh seperti Kim Kardashian hingga ikon fashion kekinian, Emily Cooper dan yang makin hits, Carrie Bradshaw.

Akhir kata pesan saya: next year is the time to dress dramatic!

Trend Fashion Kolaborasi

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!dok. Gucci/Balenciaga/Fendi/Skims

Trend fashion kolaborasi lahir di era pandemi. Berbagai rumah mode ternama nggak ragu untuk saling 'merangkul' dan merilis berbagai koleksi yang cukup menarik. Koleksi 'Hacker Project' dari Gucci dan Balenciaga (dan sebaliknya, Balenciaga x Gucci) tentu yang paling booming. Walau sudah dikonfirmasi kalau produknya nggak akan masuk di butik kedua brand tersebut di Indonesia, kalau kamu berniat liburan ke luar negeri jangan lupa untuk mampir dan melihat kolaborasi bersejarah ini. Atau kalau jastip jadi solusi, ya silahkan saja.

Contoh sukses lainnya adalah kolaborasi Fendi x Skims dan kolaborasi Donatella Versace dan Kim Jones (Versace x Fendi). Lalu ada lagi Dior Men x Sacai, Jean Paul Gaultier x Sacai hingga kombo seru antara Miuccia Prada dan Raf Simons. Kita sendiri nggak akan tahu, 2022 menyimpan kolaborasi desainer epik lainnya seperti apa lagi. Jadi siap-siap saja. Yang suka tampil update pasti cocok dengan trend fashion ini.

Future Nostalgia dengan Y2K

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!instagram.com/dualipa

Trend fashion memang berputar. Salah satu trend lama yang sedang come back adalah busana Y2K. Estetika busana di pertengahan 90-an sampai awal 2000-an ini memang lagi digemari kalangan gen-Z. Sosok seperti Dua Lipa bahkan sangat mempatenkan gaya berbusana ini.

Berniat mencoba trend ini? Modalnya cukup dengan berbagai atasan crop mungil yang biasa dipasangkan dengan jeans cutbray, baju warna terang hingga motif kupu-kupu. Intip deh gaya Destiny's Child kala itu kalau mau kompakan tampil kece dengan gang kamu, atau bisa lihat gaya Paris Hilton sebagai refrensi tampil ala Y2K.

Clog is The New Sneakers?

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!instagram.com/crocs

Tampaknya ugly shoes akan mulai naik daun lagi! Kali ini yang disorot adalah jenis clog. Namun nggak cuma model clog kayu nih, sepatu clog berbahan karet dari Crocs yang tampak paling mencuri perhatian.

Jujur trend pakai clog dari Crocs sudah mulai terlihat dikenakan anak Jaksel dan insiders. Modelnya nggak spesifik seperti rancangan Balenciaga yang tampak pada foto di atas. Namun sepatu clog Crocs mereka tampil dengan modifikasi pin-pin gemas yang statement dipadukan dengan busana formal maupun kasual. Sebuah pernyataan personal yang unik untuk dicoba.

Bright Bag!

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!whowhatwear.com

Jika baju-baju warna terang atau neon nggak terlalu menarik untuk dicoba, kamu bisa berekspresi dengan sentuhan tas berwarna terang!

Dengan model hobo yang sedang naik daun, kamu bisa memilih warna yang kira-kira nggak begitu 'wearable'. Dengan tujuan memang untuk tampil kekinian. Soal harga sangat bervariasi, trend tas terang hadir di berbagai brand fashion ternama, sebut saja Prada, Tory Burch hingga Coach. Dari material nilon hingga kulit semua ada!

Trend Fashion Catsuits

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!instagram.com/kimkardashian

Sudah dipopulerkan dan diakui oleh ikon fashion, Kim Kardashian, catsuit alias baju ketat serba tertutup ini hanya untuk mereka yang berani tampil beda. Mau coba yang warna hitam ataupun yang pink terang, siapapun yang memakai busana ini otomatis tampil badai ala Kim! Bahkan Cardi B dan Kylie Jenner juga sudah ikutan lho.

Kalau menurut saya filosofi di balik catsuit ini adalah untuk merayakan perempuan dan keindahan tubuh mereka dalam bodytype apapun. Catsuit seperti ini hadir dalam pilihan animal print, motif grafis, athleisure, bahkan ada versi formal dengan bahan lace.

Rok Pendek Gantikan Sweatpants

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!vogue.com

Sweatpants yang nyaman akhirnya tergantikan oleh rok pendek. Trend ini tampil dibeberapa runway rumah mode besar seperti Dior hingga Miu Miu. Menurut tebakan saya sendiri, mungkin selama 'di rumah aja' baju sehari-hari kita kan serba tertutup, nah dengan kondisi yang sudah agak membaik dan bisa keluar rumah, sedikit aksi pamer bisa jadi pernyataan personal yang seksi.

Trend rok pendek juga masih terkait dengan busana Y2K di atas.

Gloves Diramalkan akan Hits!

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!

Akhir tahun 2021, dua TV seri paling ditunggu-tunggu akhirnya mengudara: And Just Like That... dan Emily in Paris - Season 2.

Parade fashion yang ditampilkan dua karakter utama (dan karakter pembantu lainnya juga sih!) di dua seri ini masih juara buat dicontek. Emily Cooper dan Carrie Bradshaw punya gaya personal yang begitu memikat. Selain berani tabrak warna dan aksesori (yang dimana adalah kata kunci untuk trend fashion 2022!), kedua bintang ini mempopulerkan gloves sebagai It Item yang bisa kamu coba. Jika Emily bergaya dengan sarung tangan kulit yang kerap senada dengan busananya, Carrie nggak kalah nyentrik dengan sarung tangan kristal yang mengilap. Trend fashion gloves ini wajib banget kamu eksplor.

Trend Fashion 2022: Prediksi Busana Hingga Tas yang Akan Booming!instagram.com/everyoutfitonsatc

Itulah beberapa trend fashion 2022 yang diprediksi akan booming di tahun depan. Bagaimana menurutmu, Bela?

Baca Juga: 10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021

Baca Juga: Ini 7 Prediksi Tren Fashion di 2022, Warna Cerah hingga Sepatu Kece 

Baca Juga: Deretan Fashion Item yang Wajib Dibawa Saat Traveling