Kalau kemarin Popbela sudah membahas cara merawat jaket kulit, sekarang lebih ke gimana cara mencuci jaket kulit yang benar. Sebenarnya asal jaket kulit kamu nggak terlalu kotor, disarankan jangan terlalu sering untuk dicuci. Tapi kalau kasusnya jaket kulit kamu terkena noda, berikut cara mencuci jaket kulit yang harus kamu ketahui!

Oh iya! Cuci jaket kulit kamu dengan tangan saja ya, nggak perlu memakai mesin cuci.

1. Yang harus disiapkan

Jaket kulit memerlukan perhatian ekstra. Bahan-bahan yang harus kamu pakai saat mau mencucinya juga agak berbeda nih. Jangan memakai deterjen yang terlalu keras kimianya, tapi manfaatkan shampo saja sudah cukup. Berikut yang harus kamu siapkan:

  • Shampo sebagai pengganti deterjen
  • Air hangat
  • Kain bersih
  • Handuk kering

2. Lakukan tes sebelum mencuci

Campur shampo ke dalam air yang hangat, celupkan kain bersih ke dalamnya, lalu tes dengan mengelap kain itu ke bagian tersembunyi dari jaket kulitmu. Jika dilap tidak luntur, maka kamu bisa meneruskan proses pencucian ini. Namun jika warnanya luntur karena jaket kulit kamu ternyata imitasi, baiknya cukup dilap-lap saja dengan air hangat ya.

Jangan Salah, Ini Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar!Liveabout.com

3. Cara mencuci jaket kulit

Oke. Masuk ke proses mencuci jaket kulit. Pertama, gantung jaket kulit, lalu mulai proses pencuciannya dengan cara mengelap jaket kulit dengan air shampo secara perlahan. Kain yang dipakai untuk mengelap sebaiknya dalam keadaan lembap. Usapkan satu arah. Setelah dirasa cukup, bilas dengan cara yang sama dengan menggunakan air bersih. Jangan sampai ada air shampo yang tersisa, karena akan membuat jaket kulit kamu kering dan bisa mengelupas.

4. Cara mengeringkannya

Keringkan jaket kulit dengan memakai handuk kering. Tekan-tekan dengan lembut. Baringkan dan angin-anginkan saja. Jangan dijemur dibawah terik matahari dan usahakan nggak perlu digantung. Pastikan jaket kulit benar-benar kering sebelum disimpan. Karena kalau lembap akan berpotensi tumbuh jamur.

5. Cara menyimpan jaket kulit

Setelah kering, olesi jaket kulit dengan lotion perawatan kulit, atau bisa memakai body lotion yang aman untuk jaket kulit. Ini untuk membuat tekstur kulit tetap elastis. Angin-anginkan. Baru simpan jaket kulitmu kembali di lemari.

Itulah beberapa tips dan cara mencuci jaket kulit yang benar. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Cara Paling Kekinian Memakai Jaket Kulit Hitam

Baca Juga: 7 Cara Pakai Jaket Kulit yang Harus Kamu Ingat

Baca Juga: Tips Merawat dan Mencuci Jaket Kulit agar Tidak Mudah Rusak