Mencuci boneka, mau boneka kesayangan dari kecil, boneka dari mantan atau pun boneka mahal desainer, treatment-nya tetap sama. Nggak perlu repot mencuci di laundry, tips cara mencuci boneka di bawah ini bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah - plus tidak memerlukan mesin cuci. Perhatikan langkah dan cara mencuci boneka yang simple berikut ini

1. Gunakan peralatan sehari-hari

Gunakan peralatan sehari-hari yang ada di rumah kamu untuk mencuci boneka. Seperti:

  • Sikat gigi
  • Deterjen pakaian/shampo
  • Kain bersih
  • Handuk kering

2. Sebelum mencuci boneka

Sebelum mencuci boneka, lepaskan aksesori yang menempel pada boneka. Satu persatu dari pakaian, atau detail pin hingga topi yang bisa dilepas, harus dicuci terpisah ya. Cuci aksesori boneka dengan memakai deterjan/shampo. Cukup rendam dan sikat halus lalu jemur.

Lebih Hemat, Ini Cara Mencuci Boneka yang Bisa Kamu Lakukan di RumahHarrods.com

3. Cara mencuci boneka

Untuk mencuci boneka, celupkan boneka ke dalam air deterjen/shampo dan rendam seluruhnya. Nggak perlu ditinggal, cukup goyang-goyangkan boneka secara lembut untuk menghilangkan kotoran atau debu pada boneka. Setelah itu, sikat boneka dengan sikat gigi secara perlahan. Sikat satu arah untuk menjaga bulu boneka tetap utuh. Setelah itu, tiriskan boneka dengan menekan-nekannya agar air di dalam boneka keluar. Jangan diperas ya.

4. Keringkan boneka

Setelah tidak ada busa lagi, keringkan boneka dengan memakai handuk kering. Biarkan handuk menyerap sisa air yang ada di boneka lalu angin-anginkan boneka semalaman.

Itulah beberapa langkah dan cara mencuci boneka yang mudah dan bisa kamu lakukan dirumah. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: Shine Bright! Ini 6 Cara Tampil Keren Mengenakan Baju Musim Semi!