Zaman sekarang, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan belanja online. Selain lebih praktis tanpa keluar rumah, belanja online juga mudah di akses. Banyak juga lho, para penjual di online shop yang menjual barang-barang yang lucu dan langka. Buat makin semanat belanja online deh!

Sebelum kamu belanja online, kamu perhatikan beberapa hal. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan berkedok online shop. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut Popbela telah rangkum hal-hal yang harus kamu perhatikan saat belanja online. Walau mudah, kamu harus tetap hati-hati ya, Bela.

1. Teliti kepada siapa kamu akan berbelanja

Penting! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Belanja OnlineSunshinecoastdaily.com

Saat berbelanja online, kamu hanya mengandalkan kepercayaan kepada sang penjual. Jika ia seorang penipu, ia bisa dengan mudah kabur tanpa memberikan pertanggungjawaban. Bisa saja kamu melapor kepada pihak berwajib, tapi lebih baik kamu menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Perhatikan testimoni, nomer yang bisa dihubungi atau jumlah followers di media sosial toko online tersebut. Harus teliti dan jangan malas mencari tahu tentang background penjual ya, Bela.

2. Perhatikan kualitas barang

Penting! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Belanja OnlineMyanmarbusinesstoday.com

Perhatikan kualitas barang yang akan kamu beli. Hal itu meminimalisir kekecewaan terhadap barang yang tidak sesuai ekspetasi. Jangan sampai barang yang kamu terima ternyata palsu atau tidak sesuai. Lebih baik kamu bawel untuk mempertanyakan kualitas barang daripada kamu menyesal jika barang kamu terima tidak sesuai dengan gambar.

3. Bandingkan dengan beberapa toko

Penting! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Belanja OnlineThenational.com

Toko online tersebar di seluruh platform digital. Jadi kamu harus ingat bahwa ngga hanya satu toko online yang menjual barang serupa. Bandingkan harga satu toko dengan toko yang lain. Tipsnya, kamu harus tahu harga dasar dari barang yang akan kamu beli di website resmi barang tersebut. Barang yang asli biasanya memiliki harga yang tidak jauh dari harga pasaran.

4. Pelajari dan amati prosedur dan syarat berbelanja

Penting! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Belanja OnlineTheaustralian.com

Mengincar suatu barang, jangan berbelanja online secara tergesa-gesa. kamu perlu mempelajari dan mengamati sistem dari toko online tersebut. Apakah barang tersebut harus dibayar 1x24 jam, garansi produk, atau gratis biaya pengiriman. Lumayan banget kan, jika kamu dapat biaya gratis ongkos kirim?

5. Belanja di website terpercaya

Penting! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Belanja OnlineThetelegraph.com

Cari aman, lebih baik kamu langsung berbelanja di situs terpercaya dan situs resmi produk tersebut. Kamu akan mendapatkan kualitas terbaik dengan pelayanan yang lebih informatif. Lebih tenang saat berbelanja deh, Bela!

Baca Juga: Ada 11 Fakta Unik Saat Cewek Belanja Online, Pernah Melakukannya?