Piyama memang dibuat dengan bahan yang nyaman dan ringan. Seperti pakaian lainnya, piyama juga perlu perawatan untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama. Nggak sulit kok merawat piyama, mulai dengan proses mencuci piyama yang tepat dengan tips-tips yang telah Popbela rangkum di bawah ini. 

1. Menghindari terjadinya warna piyama yang kusam, sebaiknya tidak mencampur piyama dengan warna berbeda atau pakaian yang berisiko luntur. Kamu bisa mencuci di wadah terpisah dengan piyama berwarna senada.

Tips Mencuci Piyama yang Tepat, Tahan Lama dan Anti LunturPinterest.com

2. Sebaiknya cuci piyama dengan cara membalik pakaian sehingga bagian dalamnya berada di luar. Hal ini dinilai efektif membuat piyama lebih tahan lama.

Tips Mencuci Piyama yang Tepat, Tahan Lama dan Anti LunturXdressy.com

3. Perlu perawatan yang ekstra untuk mempertakankan keawetan piyama bahan sutra. Cuci piyama secara terpisah dengan air biasa dan sabun yang bersifat ringan. Cukup direndam tanpa kucek yang berlebihan lalu bilas dengan air yang dicampur sedikit cuka.

Tips Mencuci Piyama yang Tepat, Tahan Lama dan Anti LunturPinterest.com

4. Beniat pakai detergen, sebaiknya pilih detergen cair daripada detergen bubuk yang memiliki residu yang mudah menempel pada pakaian yang sudah dibilas. Detergen cair dinilai lebih mudah dibilas dan membuat piyama tidak cepat kusam.

Tips Mencuci Piyama yang Tepat, Tahan Lama dan Anti LunturNssmag.com

5. Sebaiknya hindari mengeringkan piyama dengan mesin cuci. Sinar matahari yang teduh dan tidak lembab juga sudah cukup kok.

Tips Mencuci Piyama yang Tepat, Tahan Lama dan Anti LunturThespruce.com

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Rekomendasi Piyama Keren untuk Dipakai Jalan-jalan

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Rekomendasi Piyama dari Brand Lokal

Baca Juga: Saatnya Upgrade OOTD Pakai Piyama, Nggak Hanya Sebagai Baju Tidur!