Pertama-tama, Popbela ucapkan selamat untuk kamu yang sudah berani upgrade diri untuk mulai memakai hijab! Walaupun sebenarnya sudah menjadi suatu kewajiban untuk seorang muslim menutup auratnya, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga lho perempuan yang harus mengumpulkan keberanian untuk memulai hal yang baru untuk sebuah kebaikan. 

Menggunakan hijab untuk pertama kalinya memang memberikan perasaan deg-degan sekaligus exciting tersendiri. Mulai mencari-cari fashion item yang akan digunakan untuk sehari-hari perlu kamu sering explore, Bela. 

Sebagai "hadiah" untuk diri kamu yang baru, Popbela akan memberikan inspirasi hijab untuk kamu yang baru berhijab. Jangan khawatir, inspirasi dari Popbela nggak akan buat kamu pusing karena dijamin mudah diikuti. Yuk simak inspirasinya dibawah ini. Keep scrolling, Bela!

1. Pilih bahan hijab yang nyaman dan tidak panas

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/megaiskanti

Ketika mulai berhijab, pilih bahan hijab yang mudah dibentuk. Sebagai pilihan pertama, kamu bisa menggunakan bahan chiffon atau katun. Bahan hijab sangat menetukan kenyamanan kamu ketika menggunakan, sehingga kamu tidak mudah berkeringat. Selain itu, bahan chiffon atau katun adalah bahan yang mudah diatur sehingga bisa kamu kombinasikan dengan outfit kamu yang lain, seperti atasan berwarna orange dan long trousers yang simple nan cantik.

2. Gaya kasual, pilih hijab yang simple

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/aghniapunjabi

Model simple bisa lho kamu dapatkan dengan pashmina. Sebagai pemula, kamu perlu beradaptasi dengan model hijab yang lebih simple. Gunakan hijab pashmina seperti kamu menggunakan hijab persegi pada umumnya, lalu sisi kanan dan kiri yang panjang tinggal kamu sematkan kebelakang. Cukup dengan satu jarum pentul nggak pakai ribet. Hijab ini cocok banget kalau kamu padukan dengan sweater, kulot jeans dan sneakers yang trendy.

3. Pilih hijab berwarna senada untuk acara formal

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/ashryrrabani

Saat datang ke suatu acara yang lebih formal, kamu perlu dandan yang lebih ekstra dari biasanya. Kebaya dengan payet-payet yang cantik pasti sudah cukup menunjang penampilan kamu. Supaya terkesan tidak berlebihan, kamu hanya perlu hijab dengan warna yang senada dengan outift-mu. Jangan lupa gunakan ciput sebagai alas kepala sehingga hijab tetap rapi dan rambut kamu tidak menjulur keluar.

4. Andalkan hijab bermotif untuk menolong look kamu yang plain

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/bahjatina

Punya casual dress berlengan pendek? Jangan buru-buru dibuang, Bela! Kamu masih bisa mix & match dengan denim jacket dan sneakers. Sebagai statement point, pilih hijab yang memiliki motif yang catchy sebagai penolong outfit kamu yang sudah plain. Dijamin total look kamu keren seketika.

5. Ketika menggunakan pakaian yang playful, cukup gunakan hijab yang basic

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/tantrinamirah

Nggak ada salahnya lho, tampil playful dengan bermain warna-warna untuk gaya busana sehari-hari kamu. Kamu bisa padu-padankan kemeja berwarna standout, rok rempel dengan kaos kaki polka dot yang catchy. Sebagai penyeimbang outfit-mu yang sudah statement, pilih hijab dengan model dan warna basic.

6. Coba tiru tren hijab dengan memperlihatkan ciput

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/ayudiac

Gaya hijab dengan memperlihatkan ciput yang dipakainya sedang jadi tren nih, Bela. Kamu sebagai pemula juga jangan sampai nggak coba tren yang satu ini. Kamu tinggal gunakan ciput dengan hijab persegi atau pashmina dengan warna yang sesuai dengan selera dan kepribadian kamu. Supaya aman, kamu bisa gunakan ciput berwarna putih, hitan, nude atau abu-abu. Warna-warna ciput itu bisa dikombinasikan dengan berbagai warna hijab. Mau coba tiru?

7. Sudah mulai expert, coba hijab dengan gunakan lebih dari satu jarum pentul

Inspirasi Hijab buat Kamu yang Baru BerhijabInstagram.com/hamidahrachmayanti

Ketika sudah mulai terbiasa menggunakan jarum pentul, nggak ada salahnya kalau kamu upgrade diri dengan menggunakan model hijab a la influencer tanah air yang gemar menggunakan lebih dari satu jarum pentul. Gunakan hijab dengan model pashmina atau persegi yang memiliki ukuran panjang. Hijab dengan ukuran yang panjang memudahkan kamu berkesperimen gaya hijab. Hijab dengan model ini paling pas kamu gunakan dengan dress yang memiliki bahan flowy nan cantik.

Baca Juga: Inspirasi Hijab Minimalis yang Bisa ditiru dari Ayudia