Rok plisket atau pleated skirt merupakan salah satu fashion item yang cukup populer untuk para perempuan. Punya detail yang khas perlu perawatan yang khusus. Butuh perhatian ekstra supaya bentuk lipatannya tetap rapi dan tahan lama. 

Yuk, simak beberapa tips dan trik merawat pleated skirt atau rok plisket agar lipatannya tetap rapi dari Popbela.

1. Kenali jenis lipatan rok plisket yang berbeda-beda

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapiblog.tefal.co.uk

Ada dua jenis lipatan rok plisket, yaitu heat-set dan stitched-in. Jenis lipatan heat-set cenderung mudah hilang jika terkena air. Supaya lipatannya tetap terjaga, lebih baik perawatan rok plisket heat-set menggunakan dry clean. Sementara jenis lipatan stitch-in bisa menggunakan setrika pada umumnya.

2. Cuci rok plisket dengan rendaman dalam air

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapigoodhousekeeping.com

Perlu hati-hati dalam mencuci rok plisket kesayangan. Lebih baik jangan gunakan mesin cuci dan lebih aman dicuci dengan tangan. Cukup rendam dan celup-celupkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan detergen, kemudian bilas sampai bersih. Jangan peras rok plisket kamu karena akan merusak lipatannya, cukup dikibas-kibaskan saja.

3. Hindari menjemur rok plisket yang terlalu lama

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapiskylineclotheslines.com

Hindari terlalu lama menjemur rok plisket di bawah sinar matahari karena akan membuat warnanya jadi cepat memudar. Selain itu, panas dari terik matahari juga bisa membuat rok plisketmu cepat menyusut. Sebaiknya jemur rok plisketmu di tempat yang teduh dan diangin-anginkan sampai kering.

4. Hati-hati saat menyetrika

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapihellolaundry.co.uk

Berbeda dengan pakaian biasa, kamu harus ekstra hati-hati dalam menyetrika rok plisket. Setrika rok plisket di atas meja setrika dan setrika setiap lipatan mengikuti alur lipatannya. Jangan sampai kamu merusak bentuk lipatan rok plisketmu ya, Bela.

5. Gantung rok plisket di dalam lemari

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapitherosecove.com

Setelah selesai disetrika, cara menyimpan rok plisket yang paling tepat ialah dengan menggantungnya di dalam lemari. Melipat rok plisket akan membuat lipatan tambahan sehingga merusak lipatan yang sudah ada.

6. Kenali material rok plisketmu

Tips & Trik Merawat Rok Plisket Supaya Lipatannya Tetap Rapipinterest.com/atlanticpacific

Perawatan rok plisket akan berbeda-beda tergantung dari material bahannya, seperti satin, katun, atau polyester. Maka dari itu, kenali material rok plisketmu dan pahami tata cara perawatannya. Perhatikan baik-baik care instruction pada label yang ada di rok plisket.

Baca Juga: Deretan Warna Hijab yang Dapat Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah 

Baca Juga: Cara Mencuci Ciput Kaus Hijab yang Benar, Nggak Melar dan Rusak

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Rok Midi untuk Gaya Vintage