Wedding dress atau gaun pernikahan tentunya jadi salah satu pakaian paling berharga yang pernah kamu miliki. Maka dari itu, penting untuk merawat dan menyimpannya dengan baik. Selain menjadi pakaian investasi selanjutnya, menyimpan gaun pernikahan bisa membuatmu mengenang momen pernikahan. 

Butuh trik tersendiri dalam menyimpan gaun pernikahan supaya bentuk dan kualitasnya tetap terjaga. Jangan khawatir, Popbela punya beberapa tips dan cara untuk menyimpan gaun pernikahan supaya tetap awet. Let's check this out!

1. Pisahkan gaun pernikahan dari pakaian lain

Tetap Awet, Begini Tips & Trik Menyimpan Gaun Pernikahanmaggiesottero.com

Selalu simpan gaun pernikahan secara khusus dan terpisah dari pakaian lain. Menyimpannya dengan gantungan pakaian lain dapat membuat gaun pernikahan cepat menguning. Selain itu, gaun pernikahan juga dapat bergesekkan dengan pakaian lain sehingga memiliki risiko merusak tekstur dan serat kainnya.

2. Simpan di dalam kotak khusus

Tetap Awet, Begini Tips & Trik Menyimpan Gaun Pernikahannotonthehighstreet.com

Menyimpan gaun pernikahan dengan cara dilipat lebih baik daripada digantung. Menggantung gaun pernikahan dalam kurun waktu yang lama dapat membuat serat kainnya tertarik sehingga tekstur bahannya jadi mudah rusak. Sebaiknya simpan gaun pernikahanmu di dalam kotak khusus untuk menjaga kualitasnya. Jangan lupa lapisi dengan kain halus dan masukkan silica gel ke dalam kotaknya. 

3. Keluarkan dan gantung gaun pernikahan secara berkala

Tetap Awet, Begini Tips & Trik Menyimpan Gaun Pernikahansiouxcityjournal.com

Meskipun disimpan di dalam kotak supaya tetap awet, kamu juga perlu mengeluarkannya sekali-kali. Keluarkan dan gantung gaun pernikahan secara berkala selama beberapa bulan sekali. Hal ini dilakukan supaya bentuk gaun pernikahan tidak rusak akibat disimpan terlalu lama.

4. Hindari menggantung di depan jendela

Tetap Awet, Begini Tips & Trik Menyimpan Gaun Pernikahanvanessahicksphotography.com

Ketika dikeluarkan, jauhi gaun pernikahan dari jendela. Paparan sinar matahari langsung dapat merusak warna asli gaun dan membuatnya cepat menguning. Masukkan gaun pernikahan di tempat khusus lalu simpan di dalam lemari yang gelap namun tidak lembap.

5. Simpan gaun pernikahan pada temperatur udara yang pas

Tetap Awet, Begini Tips & Trik Menyimpan Gaun Pernikahanstltoday.com

Selalu perhatikan temperatur udara tempat penyimpanan gaun pernikahan, Bela. Jangan menyimpan di tempat yang terlalu panas, juga jangan di tempat yang lembap untuk menghindari jamur. Temperatur yang paling pas untuk menyimpan gaun pernikahan ialah antara 60-75°F.

Baca Juga: Tips Tetap Nyaman Pakai Backless Dress

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Pakaian Bridesmaid untuk Perempuan Hijab

Baca Juga: Ini 5 Model Rok yang Cocok untuk Pemilik Tubuh Mungil