Model hijab dengan aksen beads atau payet memang sedang jadi incaran para perempuan hijab. Aksen beads-nya mampu memberikan tampilan yang lebih elegan dan mewah, cocok dikenakan untuk hadiri pesta maupun acara formal lainnya. Berbeda dengan hijab biasa, hijab yang dilengkapi dengan beads atau payet butuh perhatian ekstra dalam perawatannya. Jika nggak hati-hati, beads pada hijab bisa cepat rusak atau terlepas. 

Yuk, simak cara merawatnya hijab beads dengan benar. Tips selengkapnya simak di bawah ini.

1. Cuci hijab beads dengan tangan dan hindari penggunaan mesin cuci

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!ralf.hu

Mencuci hijab dengan aksen beads atau payet menggunakan mesin cuci sebaiknya kamu hindari. Proses pencucian yang kasar pada mesin cuci dapat mengakibatkan beads mudah terlepas. Selain itu, mesin cuci dapat merusak serat kain pada hijab. Sebaiknya cuci dengan tangan menggunakan detergen yang lembut.

2. Jangan terlalu lama merendam hijab beads

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!lifehacker.com.au

Saat mencuci hijab beads dengan tangan, sebaiknya jangan direndam terlalu lama. Cukup dicelupkan beberapa kali saja, karena jika direndam terlalu lama dapat menyebabkan serat kain hijabnya menjadi cepat melar dan teksturnya lebih mudah berbulu.

3. Hindari menyikat atau memeras terlalu kencang

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!apartmenttherapy.com

Jika hijab beads terkena noda, cukup kucek secara perlahan di bagian yang terkena noda dan segera bilas hijab beads sampai bersih. Hindari menyikat atau memeras hijab beads karena dapat membuat payet atau beads-nya jadi mudah copot dan rusak.

4. Jemur hijab beads di tempat yang teduh

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!digstraksi.com

Setelah selesai dicuci, segera jemur hijab beads yang sudah bersih. Hindari menjemur hijab di bawah terik matahari karena dapat membuat warnanya cepat pudar. Cukup angin-anginkan hijab beads di tempat yang teduh.

5. Setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!alphamega.com

Saat menyetrika hijab beads, jangan gunakan suhu yang terlalu panas, khususnya pada jenis bahan kain hijab yang tipis. Sebab kain hijab yang ringan dan tipis mudah terbakar jika terkena setrika yang terlalu panas. Selain itu hindari menyetrika langsung pada permukaan payet atau beads-nya, karena dapat meleleh jika terkena setrika.

6. Simpan hijab beads dengan cara digantung

Tips Merawat Hijab Beads Supaya Nggak Cepat Rusak, Makin Awet!elbazardigital.com

Cara penyimpanan hijab beads yang paling tepat ialah dengan cara digantung, baik setelah selesai dicuci maupun seusai pemakaian. Jika dilipat, hijab beads akan kelihatan bekas lipatannya dan jadi lebih mudah kusut. Hati-hati saat menggantung hijab beads supaya payet atau beads-nya tidak tersangkut dengan pakaian lain.

Baca Juga: Tips Padu-padan Hijab Putih untuk OOTD Stylish & Beda dari Biasanya!

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Hijab Sifon Supaya Tidak Cepat Rusak

Baca Juga: Kenali Yuk! 10 Jenis Kain Hijab dan Karakteristiknya