Kamu pasti sudah nggak asing lagi sama jenis bahan yang satu ini. Polycotton memang jadi salah satu jenis bahan yang banyak beredar di pasaran. Nggak hanya jadi bahan untuk baju, polycotton juga sering digunakan untuk bahan dasar kain hijab. Bahannya yang nyaman dan mudah menyerap keringat bisa diandalkan untuk iklim tropis yang cenderung panas. 

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang bahan polycotton. Selengkapnya simak di bawah ini.

1. Apa itu polycotton?

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycottonunsplash.com

Sesuai namanya, polycotton merupakan kain campuran dari dua jenis bahan lainnya, yaitu polyester dan cotton. Kombinasi bahan kain sintetis polyester dan bahan serat alam katun menghasilkan produk bahan campuran yang halus dan lembut. Bahan polycotton sendiri punya karakteristik tekstur serat yang rapat, adem, dan fleksibel. Maka dari itu, polycotton sering dipakai sebagai bahan dasar pakaian.

2. Kelebihan bahan polycotton

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycottonnotepam.com

Jika dibandingkan jenis bahan lainnya, polycotton punya keunggulan dari segi kenyamanannya. Polycotton punya tekstur yang halus dan lembut, sehingga lebih nyaman dipakai. Bahannya juga adem dan mudah menyerap keringat, jadi nggak panas dipakai. Meskipun bahannya jatuh, polycotton tetap mudah dibentuk jika digunakan sebagai bahan dasar kain hijab. Selain itu, bahan polycotton juga punya kelebihan bahan yang nggak mudah kusut.

3. Kekurangan bahan polycotton

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycottondiytrade.com

Meski punya banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis bahan lain, polycotton juga punya beberapa kekurangan. Salah satunya ialah lebih gampang berbau. Selain itu, sifat bahannya yang ringan juga menyebabkan bahan polycotton jadi lebih mudah terbakar, khususnya jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas. Hati-hati ya, Bela.

4. Kegunaan bahan polycotton

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycottoncraftsy.com

Polycotton sering digunakan sebagai bahan dasar pakaian wanita, khususnya untuk kain hijab, gamis, maupun t-shirt. Faktor kenyamanan jadi alasan mengapa jenis bahan ini sangat populer sebagai bahan dasar pakaian. Bahannya yang mudah dimodifikasi juga membuat sablon pada bahan polycotton jadi lebih jelas terlihat.

5. Cara merawat bahan polycotton yang benar

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui tentang Bahan Polycottonfreepik.com

Pada dasarnya, cara mencuci bahan polycotton nggak jauh berbeda dengan bahan lainnya. Namun, jika mencuci dengan mesin cuci, usahakan mencuci pakaian polycotton dengan kekuatan putaran yang rendah. Ini dilakukan supaya pakaian nggak cepat rusak. Sementara itu, menghilangkan noda membandel pada bahan polycotton sebaiknya dilakukan dengan dicuci menggunakan air hangat. Hindari menyetrika bahan polycotton dengan suhu yang terlalu panas karena bahan polycotton lebih mudah terbakar. Dicatat ya!

Baca Juga: Anti Kusut, Ini 7 Jenis Bahan Pakaian yang Nggak Perlu Disetrika

Baca Juga: Kenali Yuk! 10 Jenis Kain Hijab dan Karakteristiknya

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Kain Untuk Bahan Pakaian