Seperti yang kita tahu, cara terbaik mencuci pakaian dalam ialah dengan menggunakan tangan. Namun, tentu nggak semua orang punya waktu luang untuk mencuci pakaian dalam secara manual. Mau nggak mau harus mengandalkan mesin cuci deh. 

Eits, tapi jangan salah, mencuci pakaian dalam di mesin cuci nggak boleh sembarangan lho. Ada triknya tersendiri, karena pakaian dalam punya jenis bahan yang mudah melar. Proses pencucian di mesin cuci yang cenderung kasar dapat beresiko merusak serat kain pakaian dalam dan mengubah bentuk bra. Simak selengkapnya tips mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci. Scroll ke bawah!

1. Pisahkan pakaian dalam sebelum dicuci

Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam dengan Mesin Cucimirror.co.uk

Sebelum dicuci, pisahkan pakaian dalam dari tumpukan pakaian lain yang cenderung memiliki jenis bahan yang berat, seperti celana jeans. Hal ini penting dilakukan karena dapat beresiko merusak karet dan tekstur bahan pakaian dalam. Jika ingin digabung dengan pakaian lain, sebaiknya pilih pakaian dengan bahan ringan seperti sifon atau satin. Selain itu, pakaian dalam juga perlu dipisah-pisah sesuai dengan warna supaya menghindari kelunturan warna pada pakaian dalam.

2. Cek label petunjuk perawatan pada pakaian dalam

Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam dengan Mesin Cucireviewed.com

Sama seperti pakaian lain, pakaian dalam biasanya juga dilengkapi dengan label petunjuk perawatan. Baca dengan teliti petunjuk perawatan tersebut. Pada umumnya, pakaian dalam memang dianjurkan untuk dicuci secara manual dengan tangan, khususnya untuk bra. Jika terlalu sering dicuci dengan mesin cuci, bentuk cup pada bra akan cepat rusak dan membuat tali bra jadi cepat melar.

3. Gunakan kantung cuci jaring khusus pakaian dalam

Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam dengan Mesin Cuciwalmartimages.com

Mengurangi resiko pakaian dalam jadi cepat rusak, sebaiknya gunakan mesh laundry bag atau kantung cuci jaring khusus pakaian dalam. Kantung ini khusus dibuat untuk menjaga pakaian dalam supaya menjaga dari kerusakan tekstur dan karet yang cepat melar. Selain itu, kantung ini juga dapat menjaga perubahan bentuk cup pada bra.

4. Pilih detergen dengan formula yang lembut

Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam dengan Mesin Cucistock.adobe.com

Mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci memang nggak boleh sembarangan, termasuk dalam pemilihan detergen yang digunakan. Karena bahannya yang tipis dan melar, gunakan detergen dengan formula yang lembut untuk mencuci pakaian dalam. Sebaiknya pilih detergen cair, karena detergen bubuk dapat meninggalkan butiran residu pada pakaian dalam.

5. Atur mode mesin cuci yang paling tepat

Cara Tepat Mencuci Pakaian Dalam dengan Mesin Cuciinfinitydesign.in.th

Pakaian dalam sudah siap dicuci, sekarang waktunya atur mode mesin cuci yang tepat. Mesin cuci biasanya dilengkapi dengan berbagai pilihan mode yang bisa kamu atur sendiri. Selalu pilih putaran yang paling pelan untuk pakaian dalam, seperti mode delicate atau woll. Pencucian yang terlalu kuat dan kasar dapat merusak serat kain pakaian dalam.

Baca Juga: Intip Yuk, 6 Tips Merawat Lingerie dengan Benar

Baca Juga: Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benar

Baca Juga: Tips Memilih Bra yang Tepat dan Cocok untuk Perempuan Hijab