Memakai pakaian berbahan spandex memang terasa nyaman dengan bahannya yang ringan dan lembut. Akan tetapi, proses perawatannya ternyata nggak boleh sembarangan, lho. Proses pencucian yang kasar dapat merusak elastisitas bahan spandex. 

Yuk, cari tahu lebih lanjut cara merawat pakaian berbahan spandex yang benar. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sebelum mencuci pakaian berbahan spandex, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu dari pakaian berbahan kasar. Selain teksturnya, pisahkan juga berdasarkan warna. Ini dilakukan untuk menjaga serat kain dan warnanya tetap awet.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex yang Benarcf.ltkcdn.net

2. Hindari penggunaan pelembut dan pewangi pakaian. Zat kimia pada produk ini dapat mengendap pada bahan spandex dan jadi terlihat kusam.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex yang Benarsupeckseptic.com

3. Jangan menyikat atau memeras pakaian berbahan spandex. Menyikat bahan ini akan membuat kainnya cepat berbulu, sedangkan memeras pakaian spandex dapat membuat kainnya cepat melar.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex yang Benarkobiety.pl

4. Hindari menjemur dengan cara digantung. Beban air yang terdapat dalam pakaian dapat menyebabkan bahan spandex jadi melar ke bawah. Cukup jemur dengan cara dibentangkan.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex yang Benarpassionstory.fwd.co.id

5. Kalau ingin pakaian spandex-mu lebih awet, hindari penggunaan setrika. Bahan spandex yang terbuat dari plastik hanya akan mengkerut atau meleleh saat terkena permukaan yang terlalu panas.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Spandex yang Benarthespruce.com

Baca Juga: Lebih Awet, Begini Cara Merawat Jaket Bomber Sesuai Bahannya

Baca Juga: Cara Merawat Pakaian Berbahan Velvet yang Benar

Baca Juga: Cara Tepat Mencuci Dress Syar'i untuk Hindari Bau Apek