Sempat jadi tren di tahun 2017, hijab voile atau yang lebih dikenal dengan bahan voal masih terus populer hingga sekarang. Bahannya yang ringan namun tidak menerawang membuat hijab voal nyaman untuk digunakan sehari-hari. Teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk jadi alasan utama mengapa hijab voal banyak diburu para hijabers. 

Hobi pakai hijab voal, tentu harus tahu cara perawatannya yang benar. Jangan khawatir, Popbela punya tips merawat hijab voal. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sebelum dicuci, pisahkan hijab voal dari pakaian lain untuk menghindari luntur. Proses pencucian hijab voal sebaiknya dilakukan secara manual dengan tangan. Mencuci hijab dengan mesin cuci dapat beresiko merusak warna dan serat kain.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benarnosalty.hu

2. Andalkan detergen cair untuk mencuci hijab voal. Detergen bubuk dapat merusak kualitas dan tekstur kain karena biasanya tidak larut secara sempurna. Sebagai alternatif, kamu juga bisa gunakan sampo yang memiliki formula lembut.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benarbyteimg.com

3. Proses pengeringan hijab voal dapat dilakukan dengan cara dijemur. Namun hindari menjemur di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada kain, terutama jika didiamkan terlalu lama. Cukup jemur hijab voal di tempat yang sejuk dan berangin.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benarwealthynwise.net

4. Karena bahannya yang tipis dan ringan, hijab voal sebaiknya disetrika dengan suhu sedang. Suhu yang terlalu panas dapat merusak serat kain dan beresiko mudah terbakar. Kamu juga bisa mengakalinya dengan melapisi hijab menggunakan bahan lain saat disetrika.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benarastucedegrandmere.com

5. Teknik penyimpanan hijab voal juga perlu diperhatikan, lho. Menyimpan dengan cara digantung lebih baik daripada dilipat karena dapat membuat hijab jadi kelihatan berantakan dan mudah kusut. Hijab voal memang sangat sensitif terhadap bekas lipatan, Bela.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benaralicdn.com

6. Perhatikan juga penggunaan jarum pada hijab voal. Peniti atau bros dengan sudut yang tajam dapat menyebabkan kain mudah tersangkut sehingga akan merusak bahan hijab. Cukup gunakan jarum pentul yang tipis supaya hijab tidak cepat rusak dan berlubang.

Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Merawat Hijab Voal yang Benarshutterstock.com

Baca Juga: Makin Awet, Ini 5 Tips Merawat Hijab Cornskin yang Benar

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Hijab Sifon Supaya Tidak Cepat Rusak

Baca Juga: Tips & Trik Memilih Model Hijab Sesuai Bentuk Wajah