Memakai hijab dengan ciput rajut memang jadi lebih nyaman. Ciput dapat menjaga rambut tidak terlihat sehingga pemakaian hijab pun jadi lebih rapi. Namun jangan salah, merawat ciput rajut nggak boleh sembarangan, lho. Mencuci ciput rajut dengan asal-asalan bisa membuat bahannya cepat rusak dan melar. Yuk, cari tahu cara merawat ciput rajut dengan tepat. Tips selengkapnya simak di bawah ini.

1. Cuci ciput rajut dengan tangan

Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Merawat Ciput Rajut yang Benarthespruce.com

Untuk menjaga ketahanannya, sebaiknya cuci ciput rajut secara manual dengan tangan. Hindari mencuci ciput rajut dengan mesin cuci, sebab proses pencucian yang kasar dapat merusak bahan ciput rajut dan membuatnya cepat melar. Cukup rendam ciput sebentar dan kucek secara perlahan. 

2. Gunakan sabun atau detergen yang lembut

Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Merawat Ciput Rajut yang Benarpattersonsappliances.com

Saat mencuci ciput rajut, pilih detergen dengan formula yang lembut supaya nggak merusak tekstur asli bahan rajutnya. Kamu bisa gunakan sabun mandi atau sabun khusus pakaian bayi sebagai alternatif. Pastikan untuk membilas ciput rajut hingga tidak ada detergen yang tersisa. Ini karena sisa residu detergen pada ciput dapat menyebabkan iritasi kulit kepala. Hati-hati ya, Bela!

3. Keringkan dengan handuk sebelum dijemur

Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Merawat Ciput Rajut yang Benarthespruce.com

Setelah selesai dicuci, segera keringkan ciput rajut yang sudah bersih. Eits, hindari memeras ciput rajut terlalu keras ya, Bela. Ciput rajut bisa kehilangan bentuk dan mudah melar jika dipelintir terlalu kencang. Cukup pijat-pijat dengan handuk secara perlahan untuk menghilangkan sisa airnya.

4. Jemur ciput rajut di tempat yang teduh

Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Merawat Ciput Rajut yang Benarwindetergent.com

Segera jemur ciput rajut yang sudah bersih di tempat yang teduh. Jika didiamkan terlalu lama dalam keadaan basah, ciput rajut bisa jadi bau apek. Angin-anginkan ciput rajut dan hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung supaya nggak cepat melar. Selain itu, panas dari matahari juga beresiko merusak warna asli ciput.

5. Hindari menyimpan dengan cara digantung

Nggak Boleh Sembarangan, Ini 5 Cara Merawat Ciput Rajut yang Benarloveyourmelon.com

Selain cara mencucinya, teknik penyimpanan ciput rajut juga nggak boleh sembarangan lho. Hindari menyimpan ciput rajut dengan cara digantung karena dapat membuat serat rajutannya jadi cepat melar. Cukup simpan dengan cara dilipat rapi di tempat yang kering. Ciput rajut jadi tahan lama dengan teknik perawatan yang tepat. Mudah banget kan?

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Hijab Sifon Supaya Tidak Cepat Rusak

Baca Juga: Kenali Yuk! 10 Jenis Kain Hijab dan Karakteristiknya

Baca Juga: Tips Padu-padan Hijab Putih untuk OOTD Stylish & Beda dari Biasanya!