Noda pada pakaian memang seringkali menyusahkan, terutama noda dengan warna yang pekat seperti tumpahan kopi. Jika sudah terlanjur kena cipratan atau tumpahan kopi, maka pakaian harus segera dicuci karena cairan kopi punya sifat yang melekat pada pakaian. Noda kopi yang didiamkan terlalu lama menempel di baju akan lebih sulit dihilangkan. Simak selengkapnya cara mudah hilangkan noda kopi pakaian di bawah ini.

1. Segera cuci pakaian dengan detergen anti noda

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi pada Pakaiancleanmachinedrycleaners.co.uk

Terlanjur terkena tumpahan kopi, segera cuci pakaian dengan detergen anti noda. Tuangkan sedikit detergen pada bagian yang terkena noda selama beberapa menit, kemudian cuci pakaian seperti biasa. Detergen anti noda biasanya punya formula khusus yang dapat menghilangkan noda membandel dengan lebih cepat.

2. Gunakan baking soda jika noda kopi sulit dihilangkan

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi pada Pakaianoutofstepwineco.com

Jika noda kopi yang ada di pakaian sudah terlalu lama didiamkan, coba gunakan baking soda. Selain bisa membersihkan logam dan barang lainnya, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda kopi yang sudah menempel. Cukup taburkan sedikit bubuk baking soda pada bagian yang terkena noda dan gosok menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar sampai noda lama kelamaan mulai menghilang.

3. Lemon juga bisa dimanfaatkan lho!

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi pada Pakaianparenting.firstcry.com

Buah lemon memang terkenal kaya manfaat, salah satunya untuk membersihkan noda kopi pada baju. Caranya mudah kok. Cukup oleskan irisan buah lemon pada bagian noda dan peras sedikit-sedikit untuk mengeluarkan cairannya. Kemudian lanjutkan proses pencucian seperti biasa.

4. Andalkan asam asetat yang terkandung dalam cuka

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi pada Pakaianpinterest.com

Asam asetat yang biasa ditemukan pada cuka nyatanya efektif membantu menghilangkan noda kopi pada pakaian, lho. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1 dan berikan sedikit detergen bubuk sampai teksturnya mengental. Oleskan pada bagian yang terkena noda dan gosok secara perlahan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Hindari menggunakan air panas karena akan membuat noda kopi semakin melekat.

5. Coba gunakan sabun cuci piring

Jangan Panik, Begini 5 Cara Mudah Hilangkan Noda Kopi pada Pakaiancheatsheet.com

Siapa sangka, sabun cuci piring ternyata bisa dipakai untuk menghilangkan noda kopi pada baju. Noda kopi yang belum terlalu lama menempel pada baju bisa efektif dibersihkan dengan cara ini. Gosok bagian noda menggunakan sabun cuci piring dan sikat gigi bekas. Ulangi beberapa kali hingga noda kopi mulai memudar. Setelahnya, lanjutkan dengan mencuci baju seperti biasa.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Efektif Hilangkan Noda Minyak di Baju

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Pakaian

Baca Juga: Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benar