Sudah bukan jadi rahasia jika jam tangan dapat membuat penampilan jadi lebih manis dan elegan. Saking favoritnya, fashion item yang satu ini masih digemar untuk aksesori sehari-hari. Sayangnya karena dipakai sehari-hari, jam tangan jadi rentan terkena kotoran dan keringat yang bisa menyebabkan karat. 

Nggak cuma memperburuk penampilan, karat juga bisa berpotensi merusak jam tangan akibat korosi lho. Maka dari itu, segera hilangkan karat yang muncul di jam tangan kesayanganmu. Popbela punya beberapa cara mudah menghilangkan karat pada jam tangan yang bisa kamu coba. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan spray pembersih karat

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tanganhomegearx.com

Menyukai yang cepat dan nggak ribet, kamu bisa beli rust remover spray di toko bangunan atau supermarket khusus perkakas. Nggak hanya untuk jam tangan, spray ini dijamin efektif menghilangkan karat pada berbagai alat perkakas dan perabotan rumah lainnya. Sebelum penggunaan pastikan jam tanganmu anti air untuk mencegah kerusakan pada mesin jam tangan.

2. Cuka apel juga bisa bersihkan noda karat

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tanganspiritualityhealth.com

Kamu juga bisa manfaatkan bahan yang sudah ada di rumah untuk bersihkan karat pada jam tangan. Selain bagus untuk kesehatan, ternyata cuka apel juga bisa bantu hilangkan noda karat, lho. Cukup rendam jam tangan yang berkarat dengan cuka apel dan diamkan semalaman. Jika sudah selesai, gosok bagian yang berkarat dengan sabut alumunium. Pastikan jam tanganmu anti air ya, Bela. 

3. Coba pakai jeruk nipis

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tangandepositphotos.com

Jeruk nipis dengan zat asamnya ternyata juga ampuh hilangkan karat. Peras jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil, lalu tambahkan sedikit air dan garam. Rendam jam tangan kemudian gosok bagian yang berkarat dengan sabut alumunium hingga karat terlihat menghilang. Bilas dengan air jika sudah selesai.

4. Hilangkan karat dengan baking soda

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tanganhealthline.com

Cara bersihkan jam tangan yang berkarat menggunakan baking soda sebenarnya cukup mudah. Kamu tinggal campurkan bubuk baking soda dengan air hingga teksturnya mengental seperti pasta. Lalu oleskan pasta tersebut ke bagian yang berkarat dan diamkan selama satu jam. Gosok dengan sikat gigi bekas dan bilas dengan air bersih.

5. Soda juga ampuh bersihkan karat, lho!

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tanganthedailymeal.com

Cara menghilangkan karat pada jam tangan pakai soda mirip dengan cuka apel dan cairan jeruk nipis. Cukup rendam jam tangan dengan air soda dan diamkan semalaman. Kemudian gosok bagian yang berkarat dengan sabut alumunium dan bilas dengan air bersih.

6. Bisa juga pakai kentang

6 Cara Mudah Bersihkan Karat pada Jam Tanganistockphoto.com

Siapa sangka, kentang juga ampuh menghilangkan karat pada jam tangan. Ini karena kentang memiliki asam oksalat yang efektif menghilangkan noda karat. Kamu cukup mengiris tipis kentang, lalu balurkan dengan baking soda. Kemudian gosokkan kentang tersebut ke jam tangan yang sudah karatan. Nah, cara ini bisa dipakai untuk jam tangan yang tidak anti air.

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Bulu Kucing pada Pakaian

Baca Juga: Tips Memilih Jam Tangan untuk Pergelangan Tangan Berisi

Baca Juga: Tips & Trik Mengakali Baju yang Bolong atau Sobek