Setiap orang pasti punya celana jeans favorit. Sayangnya, celana jeans yang terlalu sering dipakai sehari-hari lebih gampang melar, apalagi celana jeans dengan bahan stretch. Proses pencucian yang salah dan terlalu sering juga bisa jadi faktor penyebabnya. 

Jangan khawatir, celana jeans yang melar bisa dikembalikan bentuknya seperti semula dengan cara yang tepat. Caranya cukup mudah kok. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cuci celana jeans menggunakan air panas

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inigettyimages.com

Punya celana jeans yang sudah melar, coba cuci dengan air panas. Air panas dapat mengembalikan serat kain yang sudah tertarik akibat sering dipakai, sehingga bentuk celana jeans akan kembali seperti semula setelah dicuci. Jika ingin mencuci menggunakan mesin cuci, kamu bisa atur suhu air yang paling panas untuk hasil yang lebih maksimal. Hindari penggunaan pewangi pakaian agar celana jeans tidak tambah melar.

2. Balik celana jeans terlebih dahulu sebelum dicuci

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inikesslerramirez.com

Salah satu trik yang bisa kamu terapkan untuk mencegah celana jeans tambah melar ketika dicuci ialah dengan membaliknya. Selain itu, pisahkan celana jeans dari cucian lainnya supaya tidak bergesekan di dalam mesin cuci. Jika ingin hasil yang terbaik, sebaiknya cuci celana jeans dengan tangan. Meskipun menguras tenaga, mencuci dengan tangan terbukti lebih maksimal mencegah melar pada celana jeans.

3. Cuka putih bisa bantu kembalikan bentuk jeans yang melar, lho

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inimedium.com

Cara lain untuk mengembalikan bentuk celana jeans yang sudah melar ialah menggunakan cuka putih. Caranya mudah, cukup campurkan air dingin, garam, dan sedikit cuka, kemudian rendam celana jeans yang melar pada campuran air tersebut selama beberapa saat dan dicelup-celupkan. Setelah itu cuci dengan tangan seperti biasa dan celana jeans-mu akan kembali seperti semula.

4. Masukkan ke dalam mesin pengering

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inigettyimages.com

Selain berguna untuk mengeringkan pakaian, ternyata fitur pengering di mesin cuci bisa menyusutkan pakaian, lho. Cukup masukkan celana jeans ke dalam mesin pengering dan atur dengan suhu yang tepat. Celana jeans yang melar akan mulai kembali menyusut ke bentuk semula.

5. Coba gunakan hair dryer

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inifreepik.com

Cara mengembalikan celana jeans yang lain yaitu menyusutkan celana jeans yang melar selain dengan mesin pengering dengan menggunakan hair dryer. Teknologi hot-setting, suhu panas dari hair dryer dapat membantu menyusutkan serat kain dari celana jeans yang sudah tertarik. Meskipun perubahan ukuran tidak bisa dilihat secara instan, akan tetapi cara ini cukup membantu kok.

6. Elastic band juga bisa jadi solusi

Kembalikan Bentuk Celana Jeans yang Melar dengan Cara Inidancingthreadsri.com

Jika sudah terlanjur melar di bagian pinggang, kamu bisa coba jahit celana jeans kamu dengan elastic band. Caranya dengan menjahit bagian dalam kancing celana supaya tidak terlihat dari depan. Pilih warna yang senada dengan celana jeans sehingga perbedaan warna tidak terlalu kontras. Menggunakan elastic band, celana jeans yang melar di bagian pinggang akan kembali pas dan nyaman dipakai di badan kamu.

Baca Juga: Kenali Yuk, Ini Perbedaan Celana Jeans Stretch dan Non-Stretch

Baca Juga: Tips Mudah Padu-padan Overall Jeans

Baca Juga: Tips Padu-padan Jaket Jeans untuk Musim Hujan