Ingin coba gaya hidup minimalis yang praktis dan efisien, kamu bisa coba mulai dari cara berpakaian yaitu dengan membuat capsule wardrobe. Cara berpakaian yang bisa jadi solusi untuk tampil modis namun tetap efisien dan mendukung sustainability. Pada dasarnya, capsule wardrobe terdiri dari kombinasi pakaian yang dapat dipakai berkali-kali dengan style yang berbeda-beda.

Dengan jenis pakaian yang sudah diatur sebelumnya, kamu akan lebih menghemat waktu dan biaya untuk membeli pakaian. Popbela akan kasih tahu cara membuat capsule wardrobe untuk kamu yang ingin mencoba. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan perencanaan membuat capsule wardrobe

Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula, Mudah Dicoba!theannaedit.com

Sebelum membuat capsule wardrobe, kamu perlu menyiapkan perencanaan sesuai personal style-mu. Buatlah gambaran kombinasi pakaian yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari, cuaca di daerahmu, budget, dan preferensi. Kamu juga perlu menyesuaikan dengan isi lemarimu, apakah kamu sudah memiliki koleksi sesuai perencanaan capsule wardrobe atau tidak.

2. Sortir pakaian berdasarkan desain dan kualitas

Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula, Mudah Dicoba!bellatory.com

Mulailah dengan melihat koleksi pakaian yang ada di lemari. Pilih pakaian yang sudah sesuai dengan perencanaan capsule wardrobe-mu. Karena bertujuan untuk dipakai dalam waktu yang panjang, sebaiknya pilih pakaian yang berkualitas dengan desain yang sesuai. Meskipun tidak ada batasan jumlah pakaian, usahakan untuk mengatur pakaian yang cukup dan tidak berlebihan. 

3. Pilih pakaian dengan warna-warna netral

Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula, Mudah Dicoba!thestreetvibe.com

Capsule wardrobe harus memerhatikan efisiensi pakaian yang dapat dipakai berkali-kali dengan style yang berbeda-beda, maka dari itu sebaiknya pilih pakaian dengan warna-warna netral dan polos. Misalnya atasan atau bawahan dengan warna hitam, putih, abu-abu, coklat, dan sebagainya. Ini karena warna netral akan lebih mudah dipadu-padankan dengan warna lain.

4. Pertimbangkan aksesori yang sesuai

Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula, Mudah Dicoba!menschenanziehen.com

Selain pakaian, aksesori juga perlu dipertimbangkan dalam menyiapkan capsule wardrobe. Andalkan aksesori yang simpel dan secukupnya, supaya lebih mudah dikombinasikan dengan pakaian yang sudah disiapkan. Cukup pilih tas, jam tangan, kalung, atau anting dengan desain yang tidak berlebihan.

5. Buat daftar belanjaan yang spesifik

Cara Membuat Capsule Wardrobe untuk Pemula, Mudah Dicoba!medium.com

Setelah menentukan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat capsule wardrobe, maka kamu perlu menyiapkan daftar belanjaan yang spesifik. Daftar belanjaan dibuat sesuai dengan pakaian yang sesuai dengan perencanaan namun belum ada di koleksi lemarimu. Hindari membeli fashion item yang tidak diperlukan dalam capsule wardrobe.

Baca Juga: Trik dan Cara Berpakaian untuk Gaya yang Kelihatan Lebih Muda

Baca Juga: Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaian

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Baju Warna Netral untuk Gaya Sehari-hari