Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Model Rok Kebaya yang Cocok untuk Pesta Hingga Wisuda

Feminin dan anggun saat dikenakan

Nafi' Khoiriyah

Detail penampilan saat mengenakan kebaya di hari spesial seperti wisuda atau pesta tidak boleh kamu lewatkan. Selain memilih atasan kebaya yang menawan, kamu juga perlu memadukannya dengan model rok kebaya yang sesuai. 

Sebab, kamu tentu tidak ingin penampilanmu gagal hanya karena salah dalam memilih rok kebaya. Jadi, pikirkan jauh-jauh hari model rok kebaya seperti apa yang cocok dengan atasan yang akan kamu pakai. 

Ada berbagai model rok untuk atasan kebaya, mulai dari rok span, rok lilit, sampai rok model wiru yang tradisional. Nah, berikut Popbela.com sajikan 10 model rok kebaya yang bisa kamu pilih.

1. Rok Kebaya Span Belah Kiri

pinterest.com

Model rok kebaya pertama memakai gaya span yang ketat dan menampilkan lekuk tubuh. Kemudian, rok span tersebut dikombinasikan dengan belahan dari atas lutut sampai bawah yang membuatnya bisa menampakkan kaki yang jenjang. 

Rok batik model span dengan belahan di sebelah kiri di atas akan cocok dipadukan dengan atasan kebaya yang slim fit. Supaya lebih anggun, tambahkan selendang atau aksen ruffle sebagai pelengkap outfit wisudamu. 

2. Rok Kebaya Model Wiru

pinterest.com

Selanjutnya, rok model wiru cocok kamu pilih jika ingin memberikan sentuhan tradisional pada penampilanmu. Wiru merupakan sebutan untuk beberapa lipit kain yang dibuat pada salah satu ujung kain batik. 

Dulu, model ini sering dipakai sebagai bawahan kebaya tradisional. Namun, kini kamu bisa membuatnya lebih praktis dengan model rok seperti di atas. Rok model wiru akan cocok dipadukan dengan atasan kebaya model kutu baru. 

3. Rok Kebaya Span Belah Belakang

pinterest.com

Model rok kebaya span belah belakang ini akan memberikan kesan yang sederhana, tetapi tetap menawan. Seperti namanya, model rok ini dibuat span menyesuaikan bentuk tubuh dengan belahan kecil di belakangnya. 

Belahan tersebut bukan hanya menjadi aksen yang menarik, tetapi juga akan memudahkan kamu untuk melangkah. Nah, atasan yang cocok untuk rok kebaya ini adalah kebaya brokat dengan warna yang cerah seperti abu-abu. 

4. Rok Kebaya Tenun Span

pinterest.com

Kalau kamu ingin beralih dari batik yang biasa, pilihlah rok kebaya dari bahan kain tenun seperti di atas. Dengan pemilihan kain tenun, penampilanmu akan terlihat lebih mewah dan berkelas. 

Kain tenun tersebut bisa kamu buat dengan model span yang sederhana. Kalau sudah, padukan dengan atasan kebaya brokat yang memiliki model lebih lebar dan tidak ketat.

Jangan lupa pastikan warna atasan dan bawahan kebaya tersebut kontras supaya semakin menarik, ya!

5. Rok Kebaya Menjuntai Belah Paha

pinterest.com

Saat wisuda, kamu tentu ingin berpenampilan yang berbeda dengan biasanya. Nah, kalau kamu berpikir demikian, maka model rok kebaya yang menjuntai seperti di atas bisa jadi pilihan menarik. 

Rok tersebut dibuat dengan batik tradisional warna cokelat yang menjuntai sampai ke lantai. Kemudian, tambahkan aksen belahan dari paha sebelah kiri supaya semakin anggun. Terakhir, pasangkan rok ini dengan atasan kebaya yang slim fit dan stiletto heels. 

6. Rok Kebaya Lipit Depan

pinterest.com

Tampil sederhana dengan rok lipit depan seperti di atas menjadi pilihan banyak orang. Meskipun sederhana, tetapi penampilanmu sudah terlihat begitu anggun dan elegan. Rok tersebut memiliki detail model span dengan menyisakan lipatan di bagian depan. 

Rok ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin tampil lebih tertutup. Kamu hanya perlu memadukannya dengan atasan kebaya yang panjang berwarna terang. Namun, jangan lupa kenakan high heels supaya tubuhmu terlihat lebih jenjang. 

7. Rok Kebaya Lilit

pinterest.com

Kalau model rok kebaya sebelumnya kebanyakan dibuat instan seperti rok, kali ini kamu bisa memakai kain lilit yang dibentuk sendiri. Kain lilit tersebut bisa kamu kreasikan menjadi berbagai macam model rok, seperti model span di atas. 

Jadi, kamu bisa mengkreasikan model rok ini sesuai dengan atasan kebaya yang kamu punya. Kalau kamu memakai kebaya model kartini seperti di atas, kenakan rok lilit dengan model lipit depan supaya makin anggun. 

8. Rok Kebaya Lebar

pinterest.com

Tak sedikit orang yang menilai jika memakai kebaya akan membuat geraknya terbatas. Padahal, kamu bisa mengkreasikan rok kebaya dengan model yang lebar seperti di atas, lho. 

Seperti biasa, rok ini dibuat dengan bahan batik tradisional nuansa cokelat. Kemudian, padukan dengan atasan kebaya modern berwarna gelap seperti hitam supaya kontras. Nah, supaya memberi kesan lebih edgy, kenakan sepatu boots sebagai pelengkapnya. 

9. Rok Kebaya Model Mermaid

pinterest.com

Model mermaid biasanya dipakai sebagai model dress saja. Namun, kamu bisa memakainya menjadi model rok bawahan kebaya untuk membuat kesan yang manis. Seperti di atas, buatlah rok dengan kombinasi lace dengan belahan di depannya. 

Rok mermaid yang menjuntai tersebut akan cocok dipasangkan dengan atasan off shoulder yang ketat. Lalu, lengkapi penampilan dengan stiletto heels dan makeup supaya makin menawan. 

10. Rok Kebaya Span Belah Kanan

pinterest.com

Terakhir, model rok kebaya span juga bisa dikombinasikan dengan aksen belahan di kanan seperti di atas. Rok ini akan semakin bagus jika dibuat dengan kain batik berwarna gelap supaya membuat kulit menjadi lebih cerah. 

Lalu, padukan dengan atasan kebaya bali yang ketat dan dilengkapi dengan selendang. Dengan perpaduan tersebut, kamu akan terlihat sangat feminin dan anggun. 

Itulah 10 model rok kebaya yang bisa kamu pilih sesuai dengan atasan kebaya milikmu. Selain memilih model, jangan lupa sesuaikan pula warna dan motif rok kebaya supaya penampilan di hari spesialmu menjadi makin paripurna. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends