Kebaya menjadi salah satu pakaian nasional perempuan Indonesia yang masih terus digemari hingga saat ini. Pakaian tersebut memiliki karakteristik terbuka bagian depan dan menggunakan jenis kain brokat atau katun sesuai jenisnya. 

Kebaya tradisional yang sampai saat ini masih banyak dipakai di antaranya adalah kebaya Jawa, kebaya Bali, kebaya encim, dan kebaya Kartini. Biasanya, kebaya tersebut dikenakan dengan bawahan kain batik atau kain tradisional lainnya. 

Nah, kali ini Popbela.com akan memberikan referensi model kebaya simpel tapi mewah yang bisa dikenakan untuk acara pesta pernikahan atau acara sakral lainnya.

Lihat detail modelnya di bawah ini yuk, Bela!

1. Kebaya Encim Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Model kebaya simpel tapi mewah yang pertama menggunakan model encim atau kebaya Betawi. Desain kebaya jenis ini memiliki karakteristik kerah yang berbentuk V yang dibordir sampai ke bawah. 

Kebaya encim dibuat dengan bahan kain katun dengan tambahan bordiran di ujung-ujungnya. Bawahan kebaya tersebut cocok dengan kain batik warna gelap yang dibentuk menjadi model span. Supaya tampak lebih mewah, kamu bisa menambahkan aksesori bros di dada dan selendang.

2. Kebaya Kutu Baru Panjang Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Seperti yang diketahui, kebaya kutu baru memiliki ciri khas tambahan kain di tengah yang menghubungkan antara sisi kanan dan sisi kiri kebaya di bagian dada sampai perut. 

Namun ternyata, kebaya kutu baru yang biasanya memiliki sisi-sisi pendek bisa dimodifikasi menjadi simpel tapi mewah dengan panjang sampai lutut. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan detail manik-manik yang berkilauan warna perak. 

3. Kebaya Bali Lengan Bishop Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Hampir sama dengan model kebaya encim, perbedaan kebaya Bali terletak pada obi atau selendang di pinggangnya. Model kebaya simpel tapi mewah dengan obi tersebut bisa kamu lihat pada contoh di atas. 

Namun, kamu bisa memodifikasikannya supaya lebih kekinian dengan lengan bishop yang menggembung di pundak. Dengan kebaya warna soft pink yang cerah, pasangkan atasan tersebut dengan kain warna kuning dan obi warna oranye yang cerah pula. 

4. Kebaya Kutu Baru Motif Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Kembali dengan model kutu baru, kesan mewah bisa kamu dapatkan jika memakai bahan kain bermotif seperti ini. Atasan kebaya motif tersebut memiliki detail pendek sampai bawah pinggang dan lengan 3/4 yang melebar ke bawah. 

Lalu, kamu bisa menambahkan selendang dan bros di pinggang untuk menambah aksen unik dan tradisional. Untuk bawahannya, kain lilit menjadi opsi yang tepat jika kamu ingin tampil lebih modern. 

5. Kebaya Jawa Muslim Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Model kebaya simpel tapi mewah lainnya ini menggunakan model kebaya Jawa. Kebaya ini memiliki ciri khas motif yang sederhana dengan bahan kain brokat atau transparan bermotif. 

Bagian leher kebaya Jawa sebenarnya memang memiliki ciri berbentuk huruf v. Namun, semakin ke sini kamu bisa memodifikasikannya menjadi lebih modern dengan model panjang seperti tunik. 

6. Kebaya Off Shoulder Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Aneka model kebaya tradisional yang ada di Indonesia semakin ke sini semakin jarang ditemui. Namun, kebaya tetap digemari di masyarakat dengan menggunakan model yang lebih kekinian seperti di atas. 

Atasan kebaya tersebut dibuat tanpa kancing dengan kerah off shoulder. Lalu, pasangkan dengan bawahan kain tenun songket atau semacamnya yang memiliki kesan mahal. Terakhir, jangan lupa letakkan selendang songket di salah satu pundak.

7. Kebaya Encim Simpel tapi Mewah dengan Selendang

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Model kebaya simpel tapi mewah warna putih dengan selendang warna peach akan membuat penampilanmu tampak bersih dan berkelas. Warna ini juga tergolong netral sehingga bisa dipasangkan dengan bawahan kain warna apa saja. 

Nah, kalau kamu ingin tampak seperti perempuan Bali, maka tambahan selendang di pinggangnya. Selain itu, bros juga bisa dipasang di perpotongan antara leher dan dada. 

8. Kebaya Kartini Panjang Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Kalau ingin tampil lebih anggun, maka pilihan kebaya model Kartini yang panjang ini bisa kamu ambil. Jenis kebaya ini memiliki ciri khas panjang kebaya menutup panggul dan lipatan kerah membentuk garis vertikal. 

Dengan dipadukan bawahan rok batik dan aksesori bros di dada, penampilanmu terlihat begitu berkelas. Apalagi dilengkapi dengan makeup yang netral seperti di atas. 

9. Kebaya Bali Klasik Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Kebaya Bali memang memiliki karakteristik yang lebih bermacam-macam daripada kebaya lainnya. Seperti yang satu ini, atasan kebaya Bali justru tampak seperti baju yang klasik. 

Akan tetapi, selendang atau obi yang terikat di pinggang bisa mendongkrak penampilan menjadi terlihat mewah. Apalagi jika dilengkapi dengan bawahan rok batik lilit dan juga high heels warna senada. 

10. Kebaya Jawa Simpel tapi Mewah

10 Model Kebaya Simpel tapi Mewah, Cocok untuk Pesta!pinterest.com

Model kebaya simpel tapi mewah yang terakhir adalah model kebaya Jawa pendek. Terbuat dari kain dengan bordiran di tengahnya, pakaian tersebut kemudian dipasangkan dengan bawahan kain batik warna cokelat yang lebih gelap.

Dengan memakai kebaya Jawa tersebut, kamu akan terlihat begitu feminin dan anggun. Apalagi jika ditambahkan dengan rambut yang disanggul dan makeup yang menawan. 

Itulah 10 model kebaya simpel tapi mewah yang bisa membuat penampilanmu menjadi lebih anggun dan menawan. Di antara model-model di atas, mana favoritmu, Bela?

Baca Juga: 20 Model Kebaya Modern Brokat Terbaru, Simpel dan Elegan!

Baca Juga: 8 Outer Brokat Kekinian untuk Tampil Lebih Stylish dan Keren

Baca Juga: 10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Elegan