Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Model Kebaya Kutu Baru yang Elegan dan Tak Lekang oleh Waktu

Elegan dan feminin

Nafi' Khoiriyah

Salah satu model kebaya Indonesia yang paling unik di antara lainnya adalah kebaya kutu baru. Model satu ini memiliki tampilan yang elegan dengan ciri khas tambahan kain di bagian tengahnya. 

Tambahan kain tersebut menghubungkan antara sisi kanan dan kiri kebaya yang disebut juga dengan bef. Menjadi baju tradisional Indonesia, kini model dan material yang dipakai untuk membuat kebaya kutu baru makin beragam. 

Meskipun terlihat lebih simpel dan kuno, tetapi hal itu justru membuat kebaya kutu baru makin digemari. Bahkan, kini modelnya sering dipadukan dengan bawahan rok yang modern.

Berikut adalah 10 model kebaya kutu baru yang bisa kamu pilih. Yuk, simak!

1. Kebaya Kutu Baru Lace

pinterest.com

Model kebaya kutu baru yang pertama berbahan lace dengan model yang panjang sampai di atas lutut. Bahan lace yang dipakai tersebut berwarna putih dengan motif floral yang menawan. 

Untuk detailnya, kebaya kutu baru ini dilengkapi dengan bef atau kain yang disambungkan di sisi kanan dan kirinya sampai bawah dada. Dengan panjang sampai bawah dada, biasanya kebaya dipasangkan dengan korset atau kain di pinggang supaya tetap sopan. 

2. Kebaya Kutu Baru Jumputan

pinterest.com

Selanjutnya, kebaya kutu baru kali ini dibuat dengan bahan batik jumputan. Batik jumputan adalah motif batik yang dibuat dengan cara mengikat kain kemudian dicelupkan pada warna dan membentuk motif seperti di atas. 

Sementara modelnya cukup simpel dengan panjang sampai bawah pinggang dan panjang bef sampai pinggang pula. Kebaya kutu baru motif jumputan tersebut akan cocok dipasangkan dengan bawahan rok batik tradisional dan bros di bagian dadanya. 

3. Kebaya Kutu Baru Velvet

pinterest.com

Nah, untuk membuat kebaya kutu baru yang tampak berkelas, bahan velvet adalah pilihan yang tepat. Kain ini memiliki karakteristik mengilap dan lembut, sehingga terkesan mewah.

Buatlah kain tersebut menjadi model kutu baru yang pendek seperti di atas. Model tersebut dibuat dengan potongan slim fit dengan kain bef yang menutupi dada.

Supaya terlihat elegan, pakailah dengan dilengkapi korset dan tali di pinggang. Lalu, tambahkan bros atau perhiasan emas supaya makin menawan. 

4. Kebaya Kutu Baru Panjang

pinterest.com

Kalau biasanya model kebaya kutu baru dibuat pendek saja, kali ini kamu bisa memodifikasinya dengan potongan yang lebih panjang. Baju tersebut mulanya dibuat dengan bahan brokat biasa. 

Kemudian, beri detail potongan ujung yang runcing dan menyisakan bagian tengahnya. Nantinya, bagian tengah baju ini disambungkan dengan kain yang disebut bef supaya tertutup. 

5. Kebaya Kutu Baru Tradisional

pinterest.com

Tak jauh beda dengan kebaya kutu baru kebanyakan, kebaya kali ini juga dibuat dengan potongan slim fit membentuk badan. Kemudian, kain yang menyambungkan antara sisi kanan dan kiri dibuat sepanjang dada. 

Padukan kebaya kutu baru tersebut dengan bawahan rok batik bermodel wiru yang tradisonal supaya makin anggun. Terakhir, tambahkan bros dan jangan lupa tata rambut yang rapi untuk penampilan yang maksimal. 

6. Kebaya Kutu Baru Floral

pinterest.com

Selain look yang tradisional, sekarang kamu bisa memakai kebaya kutu baru dengan pakaian yang kasual,. Misalnya, baju kutu baru yang dipadukan dengan rok bermodel flare seperti di atas. Baju kutu baru ini dibuat dengan nuansa oranye yang ceria. 

Sementara modelnya cukup simpel dengan lapisan kain menutupi dada. Jika ingin lebih tertutup, tambahkan saja obi belt atau inner yang menutupi pinggang. Outfit ini akan membuat penampilanmu terkesan unik dan stylish. 

7. Kebaya Kutu Baru Lengan Lonceng

pinterest.com

Tak hanya bahannya saja yang bermacam-macam, model kebaya kutu baru juga bisa dibuat dengan detail lengan lonceng yang lebar. Lengan ini memberikan sentuhan modern pada baju model kutu baru yang tradisional. 

Tak hanya itu saja, bagian bef atau kain penghubung di kanan kiri baju juga dapat dilengkapi dengan kancing luar. Hal itu akan memudahkanmu saat memakai ataupun melepas baju. 

8. Kebaya Kutu Baru Bali

pinterest.com

Kalau kamu menganggap bahwa kebaya merupakan pakaian khas wilayah Jawa saja, maka pemikiran tersebut kurang tepat. Ada pula kebaya yang berasal dari Bali yang memiliki model mirip dengan kutu baru. 

Kebaya Bali ini memiliki karakteristik potongan yang slim fit menyesuaikan lekuk tubuh. Selain itu, terdapat detail belt di bagian pinggang yang melengkapinya. Supaya makin terlihat seperti perempuan Bali, kamu bisa melengkapinya dengan rok batik bermodel slim pula. 

9. Kebaya Kutu Baru Polos

pinterest.com

Kamu mungkin lebih banyak menjumpai kebaya kutu baru yang terbuat dari bahan brokat atau lace. Namun, kebaya ini juga bisa dibuat dengan kain berbahan polos seperti contoh di atas. 

Kebaya kutu baru tersebut sebenarnya memiliki model yang sama, tetapi terdapat aksen lipatan pada pinggir baju dan juga bagian penutup dada. Dengan warna nuansa hitam, baju ini akan cocok dipadukan dengan bawahan nuansa batik cokelat yang tidak terlalu terang. 

10. Kebaya Kutu Baru Lawas

pinterest.com

Nah, model kebaya kutu baru yang terakhir ini sering disebut sebagai kebaya lawas. Sebab, kain bemotif bunga-bunga dan berlatar gelap tersebut banyak dipakai oleh orang-orang pada zaman dahulu. 

Namun, motif ini kembali digemari lagi karena banyaknya orang yang menyukai tema vintage atau retro. Kamu bisa memakainya dengan dilengkapi selendang dan juga rok batik nuansa cokelat. 

Itulah 10 model kebaya kutu baru yang bisa kamu jadikan referensi untuk tampil unik dan menarik. Di antara deretan kebaya kutu baru di atas, mana yang menurutmu paling menarik, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends