Aktor dan aktris berakting di film atau drama terdengar sudah biasa. Namun, bagaimana jadinya kalau mereka ambil peran di music video (MV) K-Pop dan berakting dengan dialog yang minim bahkan tak ada sama sekali? Tentu jadi tantangan tersendiri, bukan?

Namun, mereka berhasil membuktikan kemampuan mereka, lho! Bahkan ada banyak peran yang akhirnya menjadi ikonik dan membuat MV terasa seperti film pendek. Penasaran ada apa saja? Simak, yuk!

1. Park Min Young (BIGBANG - "Haru Haru")

https://www.youtube.com/embed/MzCbEdtNbJ0

Pada 2008, karier aktris Park Min Young masih belum bersinar seperti sekarang. Namun, ia menyajikan kualitas akting yang mengagumkan dalam MV BIGBANG yang berjudul "Haru Haru".

Masih menggunakan nama aslinya, ia terjebak cinta segitiga yang melibatkan dirinya, G-Dragon, dan T.O.P. Kedua lelaki yang mulanya bersahabat itu sampai bertengkar karena hal ini. G-Dragon yang telah lebih dahulu menjadi kekasih Park Min Young tak terima sang sahabat merebut orang yang dicintainya.

Namun, video tersebut lama-kelamaan mengungkap apa yang terjadi di balik kegaduhan ini. Dengan kemampuan akting BIGBANG dan Park Min Young yang jempolan, dijamin kamu akan ikut sedih selama menonton sekalipun tidak memahami lirik lagunya.

2. Song Joong Ki (Heize - "Happen")

https://www.youtube.com/embed/AJPLgrfBiBo

Kamu akan dibuat gemas dengan pertemuan Heize dan Song Joong Ki selama di MV ini. Mereka diceritakan tak saling mengenal, tetapi sering berada di situasi yang sama. Akhirnya, muncul pemikiran apakah mereka adalah mantan kekasih yang berandai-andai tak bertemu sejak awal agar tak saling menyakiti?

Bagaimanapun teorinya, akting dua bintang ini patut diapresiasi. Meski MV "Happen" dipenuhi warna-warna cerah, mereka sukses membuat penonton memikirkan kemungkinan yang berseberangan. Kalau kamu menontonnya sambil membaca takarir bahasa Inggris yang tersedia, alur ceritanya bakal makin terasa, deh!

3. Yoo Seung Ho (Urban Zakapa - "I Don't Love You")

https://www.youtube.com/embed/MfYPKZl7W1w

Aktor Yoo Seung Ho lebih sering mendapatkan peran sebagai lelaki baik di sepanjang karier aktingnya. Namun, Urban Zakapa menjungkirbalikkan citra tersebut di MV "I Don't Love You". Ia didapuk untuk menjadi seorang laki-laki yang tidak mencintai kekasihnya.

Alur cerita MV tersebut dibuat sejalan dengan sudut pandang Urban Zakapa dalam lirik lagunya. Kamu yang pernah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan dijamin akan nyesek, deh, kalau membaca makna lagunya. Popbela berikan salah satu bagian yang banyak disorot oleh penggemar.

Aku tidak mencintaimu
Kamu mungkin sudah mengetahuinya
Bahkan jika kamu menangis
Hatiku tak terasa sakit

Duh, sedih banget!

4. Lee Sung Kyung & Choi Tae Joon (Urban Zakapa - "When We Were Two")

https://www.youtube.com/embed/O92yHB0MDZ8

Satu MV ikonik lain dari Urban Zakapa. Kali ini, kisahnya tentang sepasang mantan kekasih yang mengenang kebersamaan mereka di masa lalu. Tak tanggung-tanggung, trio R&B Korea Selatan ini menunjuk Lee Sung Kyung dan Choi Tae Joon yang belum lama ini resmi jadi ayah untuk memvisualisasikan cerita dalam lirik lagu "When We Were Two".

Lee Sung Kyung berperan sebagai pemilik usaha laundry yang sering didatangi Choi Tae Joon. Di sanalah mereka bertemu dan mulai merajut asmara. Sayang, kisah mereka tak berujung indah. Lee Sung Kyung pun berakhir punya pujaan hati lain.

5. Choi Woo Shik & Jang Hee Ryung (DAY6 - "Congratulations" & "You Were Beautiful")

https://www.youtube.com/embed/x3sFsHrUyLQ

Sebelum tenar karena Parasite, Choi Woo Shik cukup mendapat banyak perhatian karena membintangi MV debut DAY6 yang berjudul "Congratulations". Ia menjadi mantan kekasih Jang Hee Ryung yang gagal move on.

Sayangnya, sang mantan justru bisa melupakannya dengan cepat bahkan sudah punya kekasih baru. Sambil mengingat kenangan manis mereka, Choi Woo Shik mengekspresikan perasaan marah dengan baik hanya dengan tatapan mata saat melihat keduanya di kereta. Suasana itu pun didukung dengan ketukan cepat, teriakan, dan rap menggebu dalam lagu.

https://www.youtube.com/embed/BS7tz2rAOSA

Dua tahun berselang, sudut pandang kisah ini beralih pada Jang Hee Ryung di MV "You Were Beautiful". Saat bekerja, ia tak sengaja membuka video lamanya saat berpacaran dengan Choi Woo Shik. Di akhir video, ia tampak tersenyum dengan mata berkaca-kaca. Siapa yang relate dengan kisah permantanan ini?

6. Kim Soo Hyun (IU - "Ending Scene")

https://www.youtube.com/embed/Rh5ok0ljrzA

Lirik "Ending Scene" adalah tentang mantan kekasih yang saling merelakan. Untuk menggambarkan dinamika kisah tersebut, penonton harus melihat bagaimana hari bahagia mereka di masa lalu hingga sampailah kepada titik mereka memutuskan berpisah.

Bagi penyanyi sekaligus aktris sepopuler IU, bukan hal sulit mengajak aktor papan atas seperti Kim Soo Hyun untuk menjadi bintang MV-nya. Ditambah lagi dengan fakta mereka sudah berulang kali satu proyek, misalnya di drama Dream High dan The Producers. Perpaduan yang memanjakan mata banget, deh!

7. Kang Ha Neul & Kim Moo Yul (Epik High feat. Kim Jong Wan NELL - "Lost One")

https://www.youtube.com/embed/LvofNApz01I

Meski tidak termasuk ke dalam original soundtrack (OST) untuk film Forgotten yang dibintangi Kang Ha Neul dan Kim Moo Yul, MV untuk lagu "Lost One" milik Epik High menggunakan potongan film thriller yang booming pada 2017 itu. Terdapat pula adegan pendukung yang diambil secara khusus untuk MV ini.

Kolaborasi tak terduga ini rupanya karena ide Jang Hang Jun yang menjadi pengarah sekaligus penulis film. Ia terkesima dengan lirik buatan Tablo yang merupakan leader Epik High. Menurutnya, lagu yang menggambarkan kerinduan terhadap sesuatu yang berharga ini cocok dengan emosi dalam filmnya.

Forgotten sendiri bercerita tentang misteri dalam kehidupan kedua aktor yang digambarkan sebagai kakak-beradik tersebut. Kalau kamu tertarik untuk menonton filmnya, siap-siap untuk terbengong-bengong menjumpai plot twist yang super mindblowing.

8. Ji Chang Wook & Park Bo Young (SPEED - "That's My Fault" & "It's Over")

https://www.youtube.com/embed/Tolcbm1L4eU

Meski bukan dari agensi besar, SPEED yang kala itu masih rookie (pendatang baru) terhitung cukup berani membuat MV yang sangat totalitas. Dari pemerannya saja, mereka menggandeng Ji Chang Wook, Park Bo Young, Ha Seok Jin, dan Son Na Eun. Konsepnya pun mengambil latar peristiwa bersejarah Pergerakan Demokratisasi Gwangju 1980.

Cerita tersebut terbagi ke dalam dua MV. Park Bo Young dan Ji Chang Wook mulanya berkenalan di "That's My Fault" setelah dikejar tentara yang menyerang warga sipil. Namun, perasaan mereka yang baru bersemi beberapa hari itu harus pupus di MV "It's Over" karena Ji Chang Wook yang dibombardir senjata api.

https://www.youtube.com/embed/TZ1GmAueuv8

Melihat chemistry mereka yang begitu apik dalam drama singkat ini, tak sedikit netizen yang menginginkan keduanya bisa satu drama kembali. Kalau menurut kamu bagaimana, Bela?

9. Lee Jong Suk (Davichi - "Love Is")

https://www.youtube.com/embed/9igJgVAnBUQ

Lee Jong Suk terkenal pandai mengaduk-aduk emosi penonton melalui aktingnya. Bahkan hanya melalui tatapan sekalipun, perannya di MV "Love Is" ini sudah mampu membuat mata berkaca-kaca. Ia berhasil menyampaikan perasaan berduka karena ditinggal oleh sosok yang disayanginya.

Menariknya, alur cerita dalam MV ini rupanya terinspirasi dari kisah pemain Go/Baduk profesional dari Korea Selatan, Cho Hun Hyun, dan gurunya, Kensaku Segoe. Cho Hun Hyun yang kala itu baru berusia 10 tahun adalah murid kebanggaan Segoe. Sayangnya, saat Cho harus kembali ke negaranya untuk wajib militer, Segoe bunuh diri. Cerita dalam MV ini mengambil latar waktu saat Cho kembali untuk memperingati kematian sang guru.

10. Kim Yoo Jung (Kim Jae Hwan - "Begin Again")

https://www.youtube.com/embed/eEl1V4UhLTo

Kim Yoo Jung menjadi aktris sejak masih kecil. Maka, tak heran ia sudah membintangi banyak drama, film, iklan, dan juga MV. Setelah membuat para penggemar baper dengan muncul di MV Jin Lovelyz yang berjudul "Gone" bersama Xiumin EXO, ia kembali tampil di MV "Begin Again" milik Kim Jae Hwan.

Di sana, peran Kim Yoo Jung adalah seorang penulis. Ia berkencan dengan romantis dan menikah dengan Kim Jae Hwan. Namun, sang lelaki menghilang di akhir cerita. Apakah itu hanya karakter fiksi dalam khayalannya?

11. Park Seo Joon (Kim Ji Soo - "Dream All Day")

https://www.youtube.com/embed/Lc_hPsg4gI0

Siapa, sih, yang tidak mau jadi pacarnya Park Seo Joon? Ahn Ji Young BOL4 saja ikutan mau sampai bermimpi dan tidak ingin bangun di MV Kim Ji Soo yang berjudul "Dream All Day". Hayo, kamu banget, nggak, nih, Bela?

12. Ahn Jae Hyun & Seo In Guk (K.Will - "Please Don't...")

https://www.youtube.com/embed/PdUiCJnRptk

Dalam setiap perbincangan MV K-Pop yang ikonik, "Please Don't..." dari solois K.Will jelas tak boleh ketinggalan. Seo In Guk, Kim Da Som, dan Ahn Jae Hyun diceritakan terlibat cinta segitiga yang rumit. Namun, ada sebuah plot twist besar yang akan mengejutkan penonton di akhir cerita karena akting dan teknik sinematografi yang digunakan.

MV mana yang jadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Pernah Jadi Model Video Clip, Inilah 9 Perjalanan Karier Park Seo Joon

Baca Juga: Permintaan Maaf Lisa Terkait Dugaan Perampasan Budaya di MV "Money"

Baca Juga: 5 Video Musik K-Pop Ini Terinspirasi dari Karya Seni Populer, Lho!