Mantan anggota LE SSERAFIM, Kim Garam, akhirnya buka suara soal kasus bullying yang dituduhkan kepada dirinya. Melalui akun Instagram pribadinya, Garam mengunggah sebuah klarifikasi dan kronologi kasus tersebut dari sudut pandangnya.

"Halo, Ini Kim Garam. Pertama, aku ingin meminta maaf. Ini begitu terlambat, tetapi aku tidak punya kesempatan untuk berbicara terkait posisiku. Karena aku telah bekerja keras untuk mimpiku, benar bahwa aku takut tingkahku di masa lalu akan mengacaukannya. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak kritik yang membuatku makin takut," tulisnya.

Tegaskan beberapa hal

Garam menegaskan posisi dirinya sebenarnya melalui unggahan tersebut. Terdapat lima poin penting penyangkalan yang ia tegaskan.

1. Aku tidak pernah memukul siapapun dan menggunakan kekerasan
2. Aku tidak pernah dipaksa untuk pindah
3. Aku tidak pernah untuk mabuk atau merokok
4. Aku tidak pernah merundung atau memerintah orang sekitar
5. Aku hanyalah pelajar biasa

Beberkan kronologi awal konflik

Hari-hari awal Garam di bangku SMP, ia memiliki sebuah grup berisi 10 orang, termasuk dirinya. Namun, hubungan itu merenggang karena Yoo Eun Seo, orang yang menuduh dirinya, menggosip tentang teman-temannya.

Karena geram, delapan orang termasuk Garam mendatangi apartemen Yoo untuk melabraknya selama tiga jam. Empat orang dalam kelompok tersebut dilaporkan banyak mengumpat, seperti "f**k" dan "f**king b**ches", tetapi Garam hanya mengatakan "f**king speechless".

Beberapa waktu kemudian, teman laki-laki dari Yoon, sebut saja Teman Laki-laki A dan B, mengirim pesan kepada Teman Perempuan 1 berbunyi, "f**king b**ch, kamu pikir kamu siapa? Jangan sentuh Yoo Eun Seo!"

Namun, pesan itu berujung kepada perang kata-kata tak berkesudahan antara Yoo dan Teman Perempuan 1 itu. Garam kemudian meminta Yoo agar meninggalkan grup obrolan untuk meredakan ketidkanyamanan. Karena hal tersebut, teman laki-laki Yoo masih tak terima dan memaki lagi kepada Teman Perempuan 1. Garam kemudian meminta untuk bertemu dengan para lelaki itu untuk membela temannya.

Bertengkar dengan para laki-laki teman Yoo

Babak Baru, Kim Garam Akhirnya Klarifikasi Soal Kronologi Kasusnyasoompi.com

Pertemuan itu kemudian benar-benar terjadi di dekat sebuah sekolah dasar. Garam datang bersama Teman Perempuan 1, Teman Perempuan 2, Teman Perempuan 3, Teman Laki-laki 1, dan Teman Laki-laki 2. Sementara itu, Yoo datang bersama 6-7 orang termasuk Teman Laki-laki A, Teman Laki-laki B, dan kakak kelas laki-laki dan perempuan di tingkat 3.

Pertengkaran tak terhindarkan dalam pertemuan ini. Yoo sudah berusaha melerai, tetapi tak diindahkan. Garam juga terkena imbasnya. Ia mengatakan, dirinya sampai menangis ketakutan karena itu. Meskipun begitu, ia berjanji untuk tidak bergosip soal hal ini. Yoo kemudian pindah sekolah bersama teman-teman lelakinya.

Beda pernyataan

Babak Baru, Kim Garam Akhirnya Klarifikasi Soal Kronologi KasusnyaKpopstarz.com

Namun, dendam Yoo masih belum usai. Beberapa waktu kemudian, ia mencuri akun Facebook Teman Perempuan 1. Foto profil akun tersebut kemudian diganti dengan potret Teman Perempuan 3 yang hanya menggunakan pakaian dalam. Ia sempat menyangkal bahwa dialah pelakunya.

Melihat hal ini, Garam kemudian berusaha menghubungi Yoo lewat grup obrolan. Mereka kemudian bertemu. Di sinilah berbagai perbedaan pernyataan versi Yoo dan Garam.

1. Yoo mengatakan Garam menyuruhnya membuka baju. Sementara itu, Garam mengatakan, "apakah kamu ingin aku juga mengunggah foto tanpa busanamu seperti Teman Perempuan 3?"
2. Yoo mengatakan Teman Perempuan 1 dan Garam mengatakan, "pergilah ke Busan daripada bersekolah di sini." Namun, hal itu disangkal karena perkataan sesungguhnya adalah, "pergilah ke Busan."
3. Yoo mengatakan Garam menyuruhnya untuk menulis permintaan maaf 20 baris, tetapi Garam hanya mengatakan, "cepatlah tulis permintaan maaf."

Rumor kemudian menyebar dan Teman Perempuan 1 membuat grup obrolan. Ia mengundang Yoo. Di sana ia mengatakan, "apakah kamu pindah karena takut?Jangan berbicara seolah kamu memburuku. Tidak ada laki-laki yang dapat menerima wajahmu. Jangan berdiri di depan kami."

Dalam grup tersebut, Garam juga mengirim pesan, "kamu tampak seperti kabuki. Kamu menyampaikannya seperti anjing, wajahmu sangat lucu." Teman Perempuan 3, yang foto tak senonohnya diunggah, juga mengatakan, "orang sialan itu ada di sebelahku. Sampai jumpa di kantor polisi."

Tak lama kemudian, Yoo mengundang seseorang di tingkat 2 ke dalam grup tersebut. Teman Perempuan 1 lalu menutup grup tersebut.

Wah, pernyataan baru ini cukup mengejutkan, ya, Bela? Bagaimana tanggapanmu?

Baca Juga: Buntut Kontroversi Bullying, Ini Status Kim Garam di 'LE SSERAFIM'

Baca Juga: Lindungi Kim Garam, Ini Deretan Kebohongan yang Dilakukan Agensi

Baca Juga: Kim Garam 'LE SSERAFIM' dan Parasnya yang Begitu Memukau