Mungkin dari sebagian kalian ketika menjadi mahasiswa ada rasa malas untuk mengikuti sebuah organisasi. Entah karena ingin fokus kuliah atau malah takut tidak bisa membaur dengan mahasiswa lain yang sudah lebih dulu menjadi anggota organisasi tersebut. Sebenarnya, mengikuti organisasi di kampus akan memberikan manfaat yang cukup baik, lho untuk dirimu di kemudian hari. Kalau ingin tahu apa saja manfaat yang didapat ketika kamu mengikuti organisasi saat kuliah, kamu bisa baca tulisan di bawah ini.

1. Dengan mengikuti organisasi kampus, skill-mu akan dilatih dan hobimu akan dikembangkan

 
Memang banyak organisasi yang dinilai anarki dan kamu mungkin akan takut bila disuruh bergabung, tapi tidak semua organisasi kampus sifatnya seperti demikian. Kamu dapat mencari tahu organisasi apa saja di kampusmu yang dapat kamu ikuti dan sesuai dengan passion-mu. Tanya pada seniormu yang telah lebih dulu berkuliah untuk mengetahui organisasi apa saja yang banyak peminatnya. Biasanya, organisasi mahasiswa berfokus untuk mengembangkan diri, hobi, dan skill para anggotanya. Tentunya hal tersebut sangat berguna bila kamu di dunia kerja, lho!

2. Mengikuti organisasi dapat melatihmu menjadi pemimpin

 
Dengan mengikuti organisasi, kamu akan biasa terlatih untuk bekerja sama dengan banyak orang. Kamu pun tidak jarang mendapat tugas untuk memimpin suatu kegiatan yang diadakan oleh organisasimu. Walaupun bukan sebuah proyek besar, setidaknya kamu sudah belajar untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Kamu pun akan terbiasa berdiskusi dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal tersebut tentu akan mengasah jiwa kepemimpinanmu. Bagi kamu yang tertarik menjadi wirausaha muda, tentunya sifat kepemimpinan sangat diperlukan ketika kamu akan mengambil sebuah keputusan.

3. Kegiatan yang kamu ikuti sebagai bagian dari organisasi tersebut dapat menjadi modalmu untuk melamar pekerjaan

 
Kegiatan-kegiatan seperti kegiatan sosial, acara panggung musik hiburan, serta acara serius seperti seminar atau diskusi terbuka biasa kamu rasakan ketika kamu aktif dalam berorganisasi. Pengalaman-pengalaman itu tentunya berguna untuk kamu jadikan referensi dalam CV-mu saat kamu melamar pekerjaan. Banyak, lho perusahaan yang menanyakan kegiatanmu selain kuliah ketika kamu melamar pekerjaan. Jadi, jangan merasa terbebani dengan kegiatan dalam organisasimu, ya!

4. Memudahkanmu mendapatkan beasiswa

 
Keaktifanmu dalam berorganisasi biasanya menjadi nilai tambah bagi para penyeleksi beasiswa yang kamu ajukan. Saat kamu mendaftarkan diri pada sebuah beasiswa, kamu akan menemukan lembaran yang berjudul Pengalaman Organisasi. Di situ kamu biasanya harus menjelaskan apa saja yang telah kamu lakukan di dalam organisasi tersebut. Kalau kamu tidak pernah ikut organisasi sama sekali, kamu akan menjawab apa? Tentunya juga ini menjadi pertimbangan untuk dirimu seberapa aktifkah dirimu untuk berkontribusi nyata pada lembaga beasiswa tersebut.

5. Organisasi dapat membuatmu mempunyai banyak kenalan

 
Dengan mengikuti banyak organisasi, tentu kamu akan bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Mengikuti organisasi besar yang memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia membuatmu serasa memiliki saudara dari berbagai daerah. Bagi kamu yang sedang menjalani bisnis pemula, tentunya kenalan yang kamu dapatkan saat berorganisasi dapat memperluas jaringan usahamu. Kamu yang sedang mencari pekerjaan juga dapat memanfaatkan jaringan yang luas ini.

Sungguh banyak, bukan manfaat yang kamu dapatkan saat mengikuti organisasi di kampus. Ayo, cepat daftarkan dirimu pada organisasi di kampusmu!

 

BACA JUGA: 6 Softskill yang Harus Kamu Dapatkan Semasa Kuliah