Kehidupan modern yang kita lalui memang banyak membawa stres. Stres yang kita temui itu seperti ketika kita memiliki tekanan dalam pekerjaan kita, stres di rumah, terlalu banyak berharap, dan hal-hal yang ingin kita gapai. Daripada terlalu dipikirkan, ada baiknya kamu melihat tiga cara mudah di bawah ini untuk mengurangi stres dalam hidupmu. Semoga cara-cara di bawah ini dapat menyelamatkan hidupmu, ya!

1. Tuliskan semuanya

 
Stres bisa datang dari banyak tempat. Kamu mungkin bisa stres dalam mengatur seseorang di tempat kerja, stres karena presentasi yang akan datang, dan lain sebagainya. Stres karena kehidupan kerjamu ataupun kehidupan rumah adalah hal yang normal. Kamu tidak perlu panik, curahkan stres tersebut dalam bentuk tulisan. Kamu bisa menuliskan semua hal yang membuatmu tertekan. Apa saja yang membuatmu stres? Mengapa hal tersebut dapat membuatmu stres? Apa yang harus kamu lakukan untuk mengubahnya? Dengan menuliskan semua penyebab stres yang kamu alami, kamu dapat berhenti memikirkannya, dan bila itu terjadi lagi kamu dapat menuliskannya lagi.

2. Paksa dirimu, meskipun kamu tidak menginginkannya

 
Kamu jangan pernah merasa bahwa hal ini akan menyusahkan dirimu. Paksaan yang kamu lakukan ini agar kamu dapat mengurangi stres dalam hidupmu. Kamu harus mendorong dirimu melakukan hal-hal yang berguna untuk hidupmu. Berolahragalah di luar setidaknya sejam seminggu untuk kesehatanmu. Jika kamu merasa waktumu terlalu padat, kamu dapat bergabung dengan kelas latihan setelah bekerja dengan teman-temanmu. Olahraga dapat membuatmu melupakan semua stres yang sedang kamu hadapi. Kamu hanya butuh berkeringat untuk membuatmu fresh lagi dari semua stres yang kamu hadapi.

3. Biarkan dirimu sibuk

 
Berlawanan dengan kepercayaan populer, jenis istirahat terbaik saat akhir pekan adalah dengan melakukan banyak hal. Memang, akhir pekan yang dihabiskan dengan tiduran di bawah selimut sungguh menyenangkan. Namun, sebenarnya ketika kamu berencana melakukan sesuatu di akhir pekan kamu akan merasa segar dan senang. Keluar ke tempat-tempat baru, melakukan aktivitas sosial, tetap sibuk, mencoba hal baru, dan bersikap aktif dapat membantumu mengurangi stres yang terdapat dalam hidupmu. Membuat perubahan kecil pada rutinitasmu dapat membuat dirimu jauh lebih positif dan mampu menghadapi perubahan dan bisa lebih mudah menghadapi konflik dengan baik.

Dengan tetap sibuk kamu akan merasa seimbang antara kesenangan dan stres yang kamu hadapi dan itulah yang mengantarkanmu menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengatur diri.

 

BACA JUGA: 5 Pelajaran Buat Pebisnis yang Bisa Diambil dari Film Wonder Woman