Siapa yang bercita-cita sebagai dokter? Jika kamu salah satunya, memang harus diakui profesi ini merupakan pilihan yang sangat populer, khususnya bagi kamu yang ingin membantu orang lain. Tetapi kenyataannya di dunia medis tak hanya profesi dokter saja yang mempunyai keistimewaan seperti itu, banyak keahlian lain yang diperlukan untuk saling mendukung satu sama lain . Berikut tujuh profesi di bidang medis lainnya yang bisa kamu tekuni.

1. Perawat

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi PilihannyaPexels.com / Gustavo Frings

Seorang perawat memiliki tanggungjawab untuk merawat orang yang sakit hingga sembuh sesuai dengan keilmuannya. Perawat juga bertugas untuk mendampingi dokter saat memeriksa pasien. Perawat bertugas di klinik rawat jalan, rawat inap sampai di Unit Gawat Darurat. Jika ingin menjadi seorang perawat, kamu harus menempuh pendidikan kurang lebih 3 sampai 4 tahun untuk menjadi perawat profesional. Tetapi jika tertarik mendalami sebagai spesialis, maka seseorang harus mendapatkan pendidikan master dan spesialis di bidang keperawatan. Beberapa pilihannya seperti spesialis anak, syaraf, jiwa sampai dengan bedah. 

2. Apoteker

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi Pilihannyaidntimes.com

Apoteker cocok untukmu yang memiliki minat yang besar dengan dunia farmasi. Selain itu, profesi yang satu ini penting karena berkaitan dengan proses pengobatan pasien. Tanggung jawab seorang apoteker yaitu meracik obat untuk pasien, yang dilakukan sesuai takaran dengan resep yang diberikan oleh dokter. Kalau ingin menjadi apoteker, kamu memerlukan pendidikan di dunia farmasi selama empat tahun dan satu tahun berikutnya untuk pendidikan apoteker.

3. Ahli gizi

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi Pilihannyafreepik.com

Profesi yang penting dan sejalan dengan ilmu kedokteran dan kesehatan ialah ahli gizi. Tugasnya ialah melakukan studi tentang gizi untuk pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit melalui forum konsultasi dan penyuluhan. Untuk menjadi seorang pakar di bidang ini, kamu dianjurkan mengikuti pendidikan di gizi seperti jenjang D3 dan S1. Selain itu profesi yang satu ini tidak hanya bekerja di rumah sakit saja, tetapi juga di perusahaan makanan dan lainnya.

4. Bidan

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi PilihannyaUnsplash.com / Sharon McCutcheon

Bidan memiliki keterampilan secara formal untuk membantu proses kelahiran bayi, termasuk kesehatan reproduksi wanita. Selain itu peran bidan juga sangat membantu kinerja dokter spesialis kandungan dalam merawat proses kelahiran. Namun bagi mereka yang tinggal di pedesaan, peran bidan sangat penting bahkan setara dengan dokter. 

5. Ahli laboratorium klinis dan medis

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi PilihannyaUnsplash.com / National Cancer Institute

Profesi yang satu ini bekerja untuk memberikan pelayanan berupa pemeriksaan, pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia seperti cairan tubuh, darah, urin atau sumsum tulang belakang, atau melakukan penelitian untuk menentukan jenis penyakit, penyebab, kondisi kesehatan atau faktor-faktor lainnya yang memengaruhi kesehatan perorangan.

6. Radiografer

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi PilihannyaUnsplash.com / National Cancer Institute

Radiografer merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan pendukung seperti CT Scan, Sinar-X dan MRI, untuk membantu dokter memberikan diagnosa terhadap penyakit yang diderita pasien. Profesi ini membutuhkan pengetahuan tentang anatomi tubuh manusia. Untuk mencapai posisi ini seseorang harus melakukan pendidikan selama empat tahun tentang pelatihan seperti perawatan dan teknik diagnostik.

7. Penyuluh kesehatan

Ingin Bekerja di Bidang Medis Selain Dokter, Ini 7 Profesi Pilihannyathedoctorweighsin.com

Apakah kamu senang berbagi pengalaman dan bertemu dengan banyak orang, khususnya di bidang kesehatan? jika iya, profesi ini tepat untukmu. Selain itu, kamu juga berpotensi untuk bekerja dari satu tempat ke tempat lainnya, tidak hanya di Rumah Sakit saja. Tak ketinggalan, tentu saja para petugas medis harus mengikuti pelatihan lebih lanjut yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan.

Mana yang paling sesuai dengan karaktermu, Bela?

Baca Juga: 7 Potret Twindy Rarasati, Dokter Muda yang Positif Corona

Baca Juga: Aditya Surya, Dokter Muda yang Multitalenta

Baca Juga: 9 Potret Jeon Mi Do, Dokter Imut di Kdrama Hospital Playlist