Punya teman kerja yang posisinya sebagai seorang ibu muda saat ini mudah sekali ditemukan. Sering berkomunikasi dan bersosialisasi juga sering dilakukan. Baik untuk urusan kantor maupun bukan. Ada pertanyaan yang membuat penasaran, tapi cukup menyinggung mereka yang mengambil dua profesi ini. Sebagai teman kerja yang menyenangkan, kamu wajib menghindari lima topik ini.

Mengaitkan kesuksesan suami

Hindari Mengucapkan Hal Seperti Ini Kepada Ibu yang Bekerjaunsplash.com
Beberapa kali pernah mendengar pernyataan kurang enak didengar dari salah satu teman kerja mengenai karier pasangan. Apalagi kalau posisinya sebagai seorang ibu muda yang masih aktif bekerja. Memang banyak pertanyaan melihat fenomena kecil tersebut. Namun, di sini wanita juga punya hak yang sama tanpa mengesampingkan tanggung jawab urusan domestiknya. Poin pertama ini jika terlontarkan, pasti akan mendapatkan jawaban pedas dan emosional.

Menyinggung anak

Hindari Mengucapkan Hal Seperti Ini Kepada Ibu yang Bekerjaunsplash.com
 
Menjadi seorang ibu yang punya karier di kantor, hal yang paling sensitif bukan lagi pencapaian dan materi. Tetapi mengenai anak. Sangat wajar ketika ia menelepon rumah beberapa kali untuk memastikan anaknya selalu sehat dan bahagia. Hindari untuk membuatnya sedih dan emosional dengan bertanya rindu anak atau tidak, percaya bahwa anak dirawat oleh orang lain, dan sebagainya. Walaupun seperti ini, yakinlah setiap ibu muda apa pun profesinya yang menjadi prioritas adalah keluarga.

Membandingkan karier

Hindari Mengucapkan Hal Seperti Ini Kepada Ibu yang Bekerjaunsplash.com
 

Hal yang paling tidak enak didengar adalah perbandingan. Menjadi seorang ibu dan berkarier adalah pilihan dan keputusan. Tentu saja yang seperti ini sudah dirundingkan dengan suami. Namun, banyak sekali omongan yang kurang enak didengar. Ini bisa menjadi pemicu stres paling besar, walaupun ibu muda bisa memberikan jawaban yang bijak. Bekerja maupun menjadi ibu rumah tangga sama hebatnya, hal yang seperti ini tidak perlu lagi diutarakan dan diperdebatkan.

Mengatakan terlihat lelah

Hindari Mengucapkan Hal Seperti Ini Kepada Ibu yang Bekerjaunsplash.com
 

Menjalankan dua profesi yang sama berat memang melelahkan. Tapi, semaksimal mungkin ibu muda menyelesaikan tugasnya dengan baik. Memang butuh adaptasi dan membuat daftar prioritas yang berbeda dari sebelumnya. Mengatakan penampilan fisik dan raut muka bisa menurunkan percaya diri dan performa kerja. Kalau ia teman kerja satu tim bantulah agar bisa menyelesaikan pekerjaan sama-sama dengan baik. Lelah itu pasti, kamu perlu membuat suasana yang kondusif dan menyenangkan.

Mengungkapkan betapa berat keputusannya

Hindari Mengucapkan Hal Seperti Ini Kepada Ibu yang Bekerjaunsplash.com
 

Apapun maksud mengatakan hal yang seperti ini memang membuat bertanya. Hindari untuk menyamakan posisinya dengan orang lain yang menghadapi fase sama. Menanyakan hal seperti ini bisa membuatnya heran, karena ia yang menjalankan. Tentu saja berat, tapi ia punya alasan tersendiri. Itu pun sebenarnya orang lain tidak perlu tahu. Hindari juga untuk bersikap sedikit sok tahu mengenai keputusan yang diambilnya ini.

Walaupun ada rasa penasaran yang menghampiri, sebaiknya kamu tidak mengungkapkan pertanyaan yang mencolek rasa sensitifnya.

BACA JUGA : Inilah Sikap Toleransi Kepada Perempuan Hamil yang Bekerja