Menjadi seorang pekerja lepas sepertinya menyenangkan dan banyak sekali waktu luang. Namun pada kenyataannya mereka harus bekerja sepanjang waktu dan nggak mengenal hari libur. Dan bekerja saat hari libur maupun liburan panjang adalah hal yang biasa. Apalagi ini mendekati akhir tahun, klien dan tugas kerja bisa bertambah. Bagi kamu yang seprofesi, inilah kiat agar bisa membebaskan diri dari tumpukkan pekerjaan sejenak.

1. Cek deadline kembali

Tips untuk Pekerja Lepas Agar Bisa LiburanUnsplash.com/Adrian
 

Kamu terbiasa menyelesaikan pekerjaan tanpa menyusun daftar kegiatan. Kalau memang seperti ini yang kamu lakukan, maka libur akhir tahun pun mustahil. Langkah awal yang wajib kamu lakukan adalah melihat kembali jadwal di agenda kerja setelah kamu menentukan jadwal liburan. Karena kamu bekerja secara mandiri, maka tidak ada yang menggantikan atau membantu tugas kerja ketika kamu memutuskan untuk berlibur. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk cek dan susun kembali kegiatan. Siapa tahu ada proyek yang harus diselesaikan karena menyangkut acara dan kebutuhan klien kamu.

2. Komunikasikan dengan klien

Tips untuk Pekerja Lepas Agar Bisa LiburanUnsplash.com/Matt Cannon
 

Meskipun kamu adalah orang yang mudah untuk dihubungi, jika ingin berlibur tidak ada salahnya untuk memberitahu klien. Ada baiknya kamu beritahu jauh-jauh hari. Mereka setidaknya bisa memberikan solusi, mengantisipasi atau memberikan alternatif jadwal ketika kamu memutuskan untuk berlibur. Jangan berpikir yang negatif dulu, mereka juga tidak akan melarang atau membebani tugas kerja yang lain asalkan kamu selalu mengomunikasikan dengan baik. Hindari juga untuk menerima klien saat dekat dengan waktu berliburmu. Walaupun kamu bisa dan harganya lebih mahal, tapi ada baiknya untuk menyelesaikan yang ada terlebih dahulu.

3. Persiapkan diri

Tips untuk Pekerja Lepas Agar Bisa LiburanUnsplash.com/Marcelo Vaz
 

Selain menyelesaikan pekerjaan dan berkomunikasi dengan klien, kamu wajib mempersiapkan liburan. Ada baiknya kamu nggak menghabiskan seluruh dana berlibur. Bukannya melarang, tapi megingat kamu bekerja secara mandiri dan tidak ada pendapatan tetap setiap bulan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, misalnya bekumpul dengan orang terdekat. Kalau kamu belum siap akomodasi, semua akan terasa mahal ketika akhir tahun. Hindari untuk memaksakan kehendak untuk berlibur di tempat yang jauh, kalau waktu liburmu cukup singkat.

Selamat berlibur.

BACA JUGA : 5 Cara Bertahan Hadapi Persaingan Bebas Sebagai Freelancer