Kerja dari rumah memang banyak tantangannya, salah satunya adalah rasa bosan. Alasannya, pemandangan dan suasananya monoton. Belum lagi tidak ada teman ngobrol yang seru, karena kamu sendirian atau orang rumah sibuk dengan urusan masing-masing. Efeknya, mudah mengeluh dan mulai membandingan dengan teman lainnya.

Padahal, kegiatan yang bisa saja menjadi normal baru ini, bisa banyak memberikan dampak positif. Misalnya, kamu bisa menbcoba hobi baru, lebih berhemat karena minim pengeluaran keluar rumah, sampai lebih dekat dnegan keluarga. 

Oleh sebab itu, keadaan yang seperti ini harus bisa kamu atur supaya lebih nyaman. Ada beberapa poin di bawah yang bisa membantu kamu.

Menyesuaikan diri

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.comAndrea Piacquadio

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah adaptasi dengan suasana tempat tinggal. Buat daftar kegiatan agar tidak terlalu berantakan. Karena, kegiatan yang dilakukan bisa meningkat dua kali lipat. Perjalanan ke kantor bisa diganti dengan kegiatan bermanfaat saat pagi dan sore hari. Memang berat untuk disiplin di awal, sebab bisa tergoda untuk ritme yang sangat santai dan menunda. Kamu juga perlu cek jaringan internet dan siap dengan kuota cadangan kalau mendadak diperlukan.

Jika ada keramaian yang membuat sebal, kelola emosi agar suasana hati tidak terjun bebas. Berikan toleransi yang luas dan tidak egois. Membantu orang sekitar yang membutuhkan bisa dilakukan. Setelah memasuki jam kerja, fokus dengan menyelesaikan pekerjaan.

Nikmati masa transisi

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/Andrea Piacquadio

Berusaha untuk fokus dengan suasana tempat tinggal memang penuh dengan tantangan. Ada saat yang tidak terduga bisa mengganggu konsentrasi dan ritme menyelesaikan pekerjaan. Keadaan seperti ini bisa kamu atasi dengan mudah. Salah satu caranya adalah tidak mengeluh. Jika terasa sedikit berat, alihkan dengan kegiatan menyenangkan. Misalnya, mendengarkan lagu, melakukan hobi, menghirup aroma favorit, hingga mencari udara segar.

Menyalahkan orang lain dengan keadaan yang kamu alami juga kurang bijak. Masih banyak hal baik yang kamu dapat, walaupun bukan seperti yang kamu inginkan. Masa peralihan seperti ini akan mendewasakan pikiranmu untuk lebih menerima keadaan dan berusaha maksimal untuk bertahan di situasi seperti ini.

Pakaian bersih dan rapi

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/pixabay

Bekerja dari rumah memang lebih bebas untuk berpakaian santai. Memakai pakaian tidur semalam bisa membawa suasana malas dan ingin selalu bersantai. Padahal, pagi hari suasana segar dan bisa memberikan manfaat dengan maksimal. Meskipun begitu, ada baiknya untuk tetap memerhatikan kebersihan serta penampilan.

Mandi pagi sebelum bekerja dari rumah adalah ide bagus, apalagi ditambah dengan pakai pakaian yang sudah dicuci, terlipat, atau tergantung rapi. Hal sederhana ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mampu menyelesaikan pekerjaan. Wajah, badan, dan pikiran terasa lebih segar dan bisa menyerap informasi yang masuk.

Bersosialisasi

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/ Ekaterina Bolovtsova

Bekerja dari rumah memang bisa meminimalkan kegiatan sosialisasi. Memanfaatkan media sosial dan aplikasi percakapan adalah langkah bagus untuk tetap menjalin sosialisasi. Berikan dan tanyakan kabar orang terdekat. Berkumpul secara virtual adalah ide bagus, apalagi kalau berjauhan dengan orangtua dan saudara. Selesai rapat dengan teman kantor, bahas hal menyenangkan dengan singkat ternyata dapat memberikan efek bahagia dan energi positif.

Kamu juga bisa bersosialisasi kecil dengan orang baru ketika berbelanja kebutuhan. Obrolan kecil dengan tetangga sekitar akan membawa kamu ke pengalaman yang berbeda, kalau saling menyebarkan kebaikan. Tetap jaga jarak, ya. 

Ciptakan sudut kerja menyenangkan

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/Tranmautritam

Bekerja dari rumah, membuat kamu mencari tempat yang nyaman dan cukup sepi. Supaya bisa fokus menyelesaikan pekerjaan dan tidak terganggu kalau ada rapat. Wajib tersedia minimal meja, kursi, dan tempat untuk menyambung daya listrik. Setelah itu, kamu bisa menaruh barang yang dibutuhkan, seperti reed diffuser favorit, air mineral, jurnal, gawai, laptop, alat tulis, tisu, bahkan kipas angin kecil.

Tujuannya, saat bekerja kamu tidak sibuk mencari benda-benda penting tersebut. Menghadap taman dan ada jendela bisa membantu agar tidak mudah bosan. Menciptakan ruang kerja yang nyaman memberikan efek positif terhadap suasana hati, lho.

Beri hadiah untuk diri sendiri

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/pixabay

Sudah terbiasa dan menemukan ritme bekerja, membuat kamu menikmati tugas kerja yang diberikan. Walaupun seperti itu, pasti ada momen kamu turun performa, bosan, hingga putus asa. Hindari untuk menolak kalau kamu merasa demikian dan harus ada solusinya. Salah satunya adalah memberikan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Misalnya, kalau dulu rutin spa, bisa diganti dengan membeli sabun dengan aroma favorit dan alat pijat punggung ukuran kecil.

Membeli makanan dan minuman favorit juga bisa mengatasi rasa bosan. Walaupun sedang banyak melakukan aktivitas di rumah, jangan lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Ingin beli sepeda untuk olahraga keliling komplek perumahan juga ide bagus.

Lakukan kebaikan

Tips untuk Kamu yang Cepat Bosan Kerja Dari Rumahpexels.com/Ella Olsson

Berbagi dengan orang lain juga bisa mengatasi kejenuhan di rumah. Sebab, kamu ada interaksi dan komunikasi. Memulai dari sesuatu yang kecil dan berada di lingkungan sekitar, bisa dengan berbagi makanan, membelikan paket internet untuk saudara agar bisa mengerjakan tugas sekolah, hingga membantu kebutuhan orangtua. Lakukan semampu kamu dan tidak memberatkan.

Berbagi seperti ini bukan mengajarkan orang untuk bergantung dan meminta, tujuannya untuk sedikit memberikan rejeki lebih yang kamu punya. Selain itu bisa mempererat hubungan pertemanan dan keluarga. Rasa senang bisa berbagi bisa memberikan energi baik untuk kamu dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga: 5 Keuntungan untuk Para Bos yang Memperbolehkan Karyawannya Kerja dari Rumah

Baca Juga: Kembali Bekerja di Kantor Memasuki “New Normal”, Efektifkah?

Baca Juga: Deretan Platform Video on Demand yang Beri Akses Gratis Selama WFH