Kalau gejala stres sudah kamu ketahui dengan baik disini. Nah, tapi mungkin kamu perlu tahu tentang jenis-jenisnya, salah satunya stres musiman. Tipe stres ini datang ketika kamu dihadapkan oleh beberapa momen, misalnya paska berlibur, target tahunan kantor, mengadakan acara besar, dan lain sebagainya. Kamu bisa menenangkan diri dengan 3 langkah cermat berikut.

Sudah Dengar Belum? Ternyata Ada Stres Musiman Juga Lho

Selain berusaha menjalankan pola hidup sehat, yang wajib kamu ketahui adalah mengenali gejalanya. Misalnya, terlalu sensitif, mendadak susah bergaul, susah konsentrasi, sering kurang nyambung dalam memberikan solusi pekerjaan, dan lain sebagainya. Sebagai langkah awal, nggak ada salahnya untuk kamu menenangkan diri terlebih dahulu. Bisa juga bercerita dengan orang yang kamu percaya yang dapat mengembalikan semangat kerja. Berencana mengambil liburan? Sebaiknya jangan dilakukan dulu.

Sudah Dengar Belum? Ternyata Ada Stres Musiman Juga Lho

Setelah menghabiskan liburan dengan memanjakan diri kembali ke kantor sepertinya ada rasa menyesal. Atau sedang menyelesaikan pekerjaan besar tapi merasa kontribusi yang diberikan masih saja kurang. Kamu harus bersikap lebih profesional lagi. Menyalahkan keadaan bukanlah tindakan yang bijak. Hindari juga untuk membandingkan dirimu dengan teman kerja yang lainnya. Tertundanya keinginan membuatmu lebih mempunyai jiwa yang kuat dan semakin dewasa.

Sudah Dengar Belum? Ternyata Ada Stres Musiman Juga Lho

Setelah bersenang-senang atau ada target kantor yang harus segera diselesaikan, berarti kamu wajib membuat daftar baru. Kesampingkan dulu pekerjaan yang masa pengumpulannya masih agak panjang. Untuk mengerjakannya kamu bisa mencoba dengan konsentrasi penuh selama 20 menit kemudian ambil istirahat pendek biar nggak terlalu kelelahan. Ada baiknya untuk mengurangi kegiatan yang kurang perlu. Jangan lupa juga untuk selalu mengkomunikasikan dengan Atasan dan teman kerja agar lebih nyaman.

Kalau memang kamu perlu mencari suasana baru di kantor? Kamu bisa memilih duduk dekat jendela dan bisa melihat ruangan kantor dari sudut yang lain.

BACA JUGA : 7 Cara Efektif Mengatasi Rasa Lelah di Kantor