Membuat keputusan yang tepat memang nggak mudah. Mempertimbangkan beberapa hal memang sudah seharusnya. Tapi, kalau untuk diri sendiri, yang menanggung akibatnya juga kamu, Bela. Bisa membuat terkejut apabila keputusan yang diambil ternyata malah nggak membawa manfaat maksimal. Daripada terkejut terlalu lama, simak saja yuk apa penyebabnya.

1. Kurang mengenali diri sendiri

Ini Alasan Kenapa Kamu Membuat Keputusan Burukwww.pexels.com
 
Kalau kamu nggak cukup kenal dengan diri sendiri, sudah dipastikan bahwa mengambil suatu keputusan bisa menjadi beban. Ada baiknya kamu melakukan pendekatan dengan diri sendiri. Kalau selama ini ada orang yang mendominasi dalam mengambil keputusan, maka ada baiknya kamu sedikit membuat jarak. Tapi, bukan berarti kamu mengambil sebuah keputusan berdasarkan perasaan tanpa mempertimbangkan dengan baik. Yang bisa kamu lakukan untuk kenal dengan diri sendiri, yaitu dengan perlahan keluar dari zona nyaman. Memang susah, tapi justru akan melatih kamu mengambil keputusan sekaligus mengenal diri dengan baik.

2. Nggak paham dengan situasi

Ini Alasan Kenapa Kamu Membuat Keputusan Burukwww.pexels.com
 
Bersosialisasi dengan orang lain memang punya kecenderungan untuk mengikuti gaya keputusan yang diambil. Bisa jadi kamu mengambil apa yang disarankan oleh orang lain. Memang berbagai macam alasan dibaliknya, tapi seperti nggak punya pertimbangan sendiri. Kalau ini terus menerus dibiarkan, maka kamu nggak akan paham dengan keadaan yang sebenarnya. Selain itu, kamu nggak menjalani konsekuensinya dengan sungguh-sungguh. Terlalu mengikuti arus juga bisa mengikis potensi yang ada di dalam diri. Setiap orang yang kamu kenal belum tentu memberikan dampak yang baik. Ada baiknya, kamu berusaha lebih mandiri dan mulai bertanggung jawab dengan kehidupan yang sedang dijalani sekarang.

3. Punya cara pandang lama

Ini Alasan Kenapa Kamu Membuat Keputusan Burukwww.pexels.com
 
Pola pikir dan cara pandang memang bisa punya pengaruh terhadap keputusan. Karena terbentuk dari penerimaan informasi, rasa percaya diri, hingga kepentingan diri sendiri. Pengalaman aktivitas yang kamu jalani memberikan pengaruh besar. Sering kali kamu masih ragu-ragu untuk mengambil keputusan positif yang bisa membawa perubahan hidup. Itu sebabnya, kamu berada dalam satu fase yang nggak berubah. Ada baiknya untuk nggak hambat potensi diri dengan punya pemikiran yang berbagai macam sebelum kamu mencobanya.  Untuk menghindari keputusan yang kurang tepat, ada baiknya kamu membuka diri dan memperluas relasi dengan teman-teman yang inspiratif.
 
Memang kehidupan dan gaya hidup semua orang nggak ada yang sempurna. Untuk itu, ada baiknya lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan. Tujuannya agar lebih sukses dan bermanfaat.

BACA JUGA : Ketahui Dampak Negatif Ketika Kamu Terlalu Ambisius