Menyendiri atau pergi ke tempat tenang bukan hanya sekedar untuk melepas lelah dan penat. Tapi juga untuk menjaga kesehatan pikiran. Untuk itu, simak alasan kesunyian dan ketenangan baik bagi pikiran, yuk.

1. Perlu ruang untuk hal baru

 
Segalanya memang bisa dicari tahu dan dipelajari. Oleh karena itu, kamu pun bisa mengakses informasi sebanyak-banyaknya. Baik tentang pekerjaan, hobi, pengetahuan, berita, gosip selebritas, hingga berbagai macam obrolan. Tanpa terasa informasi terserap di otak kamu sangat banyak sekali setiap harinya. Kalau kamu nggak mengambil istirahat yang cukup, kinerja otak pun bisa menurun. Untuk itu, perlulah sesekali pergi ke tempat yang tenang, yoga atau meditasi singkat setelah pulang kerja. Karena untuk menerima informasi yang baru dan lebih bisa membuka pikiran, diperlukan kapasitas.

2. Otak juga perlu istirahat

 
Ritme hidup yang seolah menuntut untuk serba cepat membuatmu harus berpikir praktis, tapi tepat sasaran. Terbiasa hidup di perkotaan yang penuh kebisingan juga membuat pikiran cepat lelah. Belum lagi ditambah dengan beberapa urusan yang bisa memancing emosi. Menjaga kesehatan pikiran dengan istirahat dan mengonsumsi makanan sehat sepertinya belum cukup. Ambil beberapa waktu dan singkirkan segala hal yang membuat pikiran kurang tenang. Istirahat sejenak dari teknologi lalu kembali ke alam juga termasuk ide bagus.

3. Agar bisa beraktivitas prima

 
Menyingkirkan diri dari segala kepadatan kota dan pekerjaan memang penting. Bukan hanya untuk menghilangkan rasa penat, tertekan, dan memacu diri untuk lebih kreatif. Kamu pun bisa mencapai keinginanmu kalau bisa berpikir lebih tenang. Hindari untuk terlalu memaksakan pikiran jika memang terlalu lelah. Kamu juga bisa menghindari kegiatan yang kurang perlu. Jangan paksakan juga untuk menjalin pertemanan yang kurang cocok.

Ternyata nggak hanya badan saja yang perlu dijaga kesehatannya.

BACA JUGA : Ini 7 Alasan Mengapa Sesekali Kamu Perlu Menyendiri