Masa kuliah bisa dikatakan masa pencarian minat, bakat, relasi, bahkan jati diri untuk menghadapi fase dan peran kehidupan yang selanjutnya. Tapi, ada beberapa faktor yang membuatmu merasa kuliah datar-datar saja atau nggak  ada yang spesial. Kalau merasa begitu, mungkin kamu harus menghilangkan lima kebiasaan ini.

1. Jarang Belajar

Memang benar waktu kuliah lebih fleksibel daripada sekolah. Waktu bermain dan bersenang-senang bisa dikatakan lebih banyak. Jangan kamu sia-siakan untuk kegiatan yang kurang perlu sehingga lupa untuk memperdalam bidang ilmu yang kamu pilih. Hindari juga mengorbankan waktu belajar untuk kesenangan sesaat. Ada baiknya juga untuk meraih nilai yang bagus. Bukan hanya karena mempertanggung jawabkan kepada orang tua, tapi ada pengaruhnya saat kamu mencari kerja.

2. Terlalu keras Terhadap Diri Sendiri

Pasti kamu punya target saat menjalani masa kuliah, misalnya lulus lebih cepat dengan nilai yang bagus. Tentu saja wajib diiringi dengan kerja keras. Memang boleh punya tujuan seperti itu, namun terpaku dalam satu hal saja kamu bisa juga melewatkan beberapa kesempatan bagus. Punya pengalaman organisasi dan sukarela cukup penting saat kuliah, ini bisa menjadi latihan untuk manajemen waktu yang baik. Jangan menolak kesempatan dan saran yang bagus dengan sikap keras kepalamu.

3. Terlalu Lama di Zona Nyaman

Mengerjakan tugas kuliah di tempat yang nyaman, berkumpul bersama teman, dan mengunjungi tempat baru memang hal yang paling menyenangkan saat kuliah. Apalagi dengan bonus mendapatkan nilai yang bagus, pasti ada kepuasan tersendiri. Tapi, selagi masih muda gali sebanyak-banyaknya pengalaman dan tingkatkan keahlian. Memang terdengar membosankan terkesan serius. Tapi, kalau mau masa depan yang lebih cerah, kenapa nggak coba saja selagi masih banyak waktu senggang?

4. Bergantung Kepada Orang Lain

Masa kuliah sudah saatnya kamu belajar mandiri. Beruntunglah kalau kamu memutuskan untuk merantau. Pembentukkan karakter menjadi lebih mandiri pasti terjadi. Walaupun fasilitas tersedia, hindari untuk terlalu terbuai dan bermalas-malasan. Begitu juga kamu yang masih tinggal dengan orangtua, mulailah menyelesaikan pekerjaan dan urusan pribadi. Bukan nggak memperbolehkan untuk saling membantu. Kalau sudah terbiasa mengandalkan orang lain, kamu nggak akan menjadi tangguh.

5. Terlalu Menyesali Keputusan

Berbagai macam tujuan dan keputusan pasti ada konsekuensi yang wajib kamu hadapi. Terkejut dengan hal yang nggak terduga memang wajar terjadi. Tapi, untuk kecewa dan terpuruk lebih lama sebaiknya jangan. Nilai jelek karena banyak bermain dan membolos, cara mengajar dosen yang menurutmu kurang sesuai, hingga merasa salah jurusan wajib kamu hadapi. Tipsnya, jangan menyalahkan orang lain kemudian putus asa. Jalani saja apa yang menjadi keputusanmu.

BACA JUGA : Malas Kerja Kantoran? Kamu Bisa Pilih 5 Profesi Seru Ini