Memutuskan untuk melakukan suatu perubahan dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya karena gengsi, orang lain, dan ingin terlihat lebih unggul. Membicarakan keputusan yang terlihat positif ini tentu saja ada teman yang mendengar. Demi tujuannya yang terlihat hebat, kamu sendiri pun belum yakin mau melakukannya atau tidak. Hal yang seperti ini kedepannya akan memberikan dampak.

1. Selalu mengalihkan topik pembicaraan

Dampak Buruk yang Kamu Rasa Ketika Asal-asalan Ambil Keputusanpexel.com/bruce mars

Ketika berkumpul bersama teman, membicarakan karier, hubungan, dan berbagai macam permasalahan  anak muda tidak bisa dihindarkan. Bertanya mengenai hal tersebut adalah wajar. Namun, ketika ada teman yang ingat bahwa kamu punya target tertentu, ia akan menanyakannya. Kamu akan diserang oleh rasa terkejut. Kalau sudah seperti ini pilihannya hanya dua, berdalih atau jujur. Walaupun belum siap, ada baiknya kamu jujur dengan dampak dan progresnya.  Hindari mengubah topik pembicaraan, karena suatu saat kamu mengalami kondisi yang sama.

2. Berpikir kalau banyak hal yang seharusnya tidak dilakukan

Dampak Buruk yang Kamu Rasa Ketika Asal-asalan Ambil Keputusan pexel.com/freestocks.org

Sebenarnya ini yang akan kamu rasakan pertama kali. Tapi, kamu mencoba untuk bertahan dan melakukannya. Ada harapan untuk berhasil dan bermanfaat. Seiring berjalannya waktu, rasa tidak nyaman dan terpaksa masih ada. Hal seperti ini merupakan dampak karena melakukan dan memutuskan sesuatu yang tidak diinginkan. Menyalahkan diri sendiri pun kamu lakukan. Jika sudah seperti ini, ada baiknya kamu melakukan perubahan. Berhenti melakukannya dan alihkan dengan kegiatan yang benar-benar membuat kamu nyaman dan buang jauh gengsi.

3. Hanya formalitas

Dampak Buruk yang Kamu Rasa Ketika Asal-asalan Ambil Keputusanpexel.com/Helena Lopes

Ada masa di mana kalau sudah terlanjur, mau tidak mau wajib dijalankan. Melakukan ala kadarnya yang penting selesai, walaupun kamu masih ragu. Jika itu selesai atau tercapai, kamu tidak bisa mengambil manfaat dari perjalanan yang telah kamu lalui. Orang lain bisa memandang luar biasa, tapi kamu menganggap itu biasa saja. Karena memang tidak ada yang spesial menurutmu. Posisi seperti ini, bisa memengaruhi langkah kedepan. Sebaiknya, kamu pakai ide kreatifmu untuk menggabungkan yang sudah terlanjur dengan hal yang kamu suka.

Mengambil keputusan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan adalah langkah bijak yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA : Hidup Jauh Lebih Mudah Kalau Menyerah dengan 3 Hal Ini