Bekerja di kantor tentu saja kamu punya bos. Posisinya lebih senior dari kamu dan bisa mendapatkan pengalaman yang banyak. Menjadi seorang bos tentu perjalanan yang dilalui nggak gampang. Begitu juga menunjukkan bahwa kamu bisa dan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan.

Belum lagi kalau di kantor penuh dengan persaingan. Seolah berlomba-lomba menjadi karyawan kesayangan si bos. Tujuannya agar mendapatkan rekomendasi ke jenjang berikutnya dan mengerjakan berbagai macam proyek.  Kalau kamu bingung cara agar bos percaya dengan kontribusimu di kantor, lima tips ini bisa membantu.

1. Tahu cara berpikir bos

Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantorunsplash.com/Rawpixels

Setiap bos punya karakter dan ritme kerjanya sendiri-sendiri. Kamu pun nggak boleh membanding-bandingkan. Sering melakukan diskusi dengan bos membuat kamu bisa mengetahui caranya menyampaikan keinginan. Ketika bos suka yang sistematis dan tertata rapi, bisa kamu coba terapkan dalam menyelesaikan pekerjaan, begitu juga sebaliknya.

2. Berpikir kedepan

Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantorunsplash.com/@rawpixel

Bos sangat menghargai kalau kamu berdiskusi mengenai target kerja selanjutnya. Walaupun masih dalam tahapan rencana dan sedang didiskusikan, ini langkah bagus buat kamu. Bisa terlebih dulu mencari peluang dan tantangan yang akan dihadapi. Kalau kamu tahu strategi yang dipakai, bisa juga mengutarakan peluang dan tantangan. Tentu saja harus mengumpulkan data dulu.

3. Bicarakan jika kurang sesuai

Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantorunsplash.com/ @rawpixel

Menjadi bos nggak sepenuhnya selalu benar. Kalau kamu mengikuti diskusi dengan baik, maka akan terlihat kalau ada yang kurang sesuai. Hindari untuk mengatakannya langsung. Kamu bisa meminta izin menyampaikan kalau punya opini tersendiri. Ketika bos sudah mempersilakan, sampaikan dengan baik dan nggak bertele-tele. Kalau bos nggak mengizinkan, sebaiknya kamu nggak melanjutkan.

4. Jadilah tim yang bisa dipercaya

Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantorunsplash.com/@rawpixel

Memberikan masukan dan solusi memang diperkenankan. Akan tetapi memaksa untuk dijalankan bukan wewenang kamu. Keputusan tetap merupakan kewajiban bos. Kalau kamu sudah melakukan sesuai dengan porsi dalam memberikan masukan, selanjutnya tinggal kamu kerjakan dan selesaikan. Hindari untuk membicarakan keputusan bos terlalu lama.

Hindari gosip tentang pekerjaan

Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantorunsplash.com/Hunters Race

Kalau menurutmu bos mengambil keputusan yang kurang tepat, kamu pun nggak tahu sepenuhnya apa penyebab bos melakukannya. Ini karena kamu nggak tahu apa yang terjadi. Ada baiknya untuk nggak membicarakan dibelakang bos. Fokuskan saja dirimu agar target dan strategi berjalan dengan baik.

Baca Juga: 5 Keuntungan untuk Para Bos yang Memperbolehkan Karyawannya Kerja dari Rumah