Sembilan bulan telah berlalu dan sudah lebih dari satu juta orang yang dikabarkan meninggal dunia akibat terpapar virus corona di seluruh dunia. Kondisi darurat ini terus dirasakan dan tidak tahu kapan semua ini akan berakhir. Tak hanya dipusingkan dengan problematika kesehatan virus mematikan. Kita juga dibuat resah akan kondisi ekonomi yang semakin tidak stabil dan mengancam kesehatan mental.  

Penyanyi dan musisi Andien Aisyah menaruh perhatian lebih pada situasi darurat ini. Melalui bincang-bincang virtual di BeautyFest Asia 2020 by Popbela.com, mengenai "Maintaining Creativity and Keeping Your Mental Health In Check", ibu dua anak ini pun berbagi pengalaman.

Semua perubahan yang terjadi memang membawa sekelumit permasalahan baru. Tapi sebagai manusia kita harus ingat bahwa kita adalah makhluk yang diciptakan untuk bisa beradaptasi. Serta mampu mencakup hal-hal yang lebih luas.  

"Situasi ini memang tidak mengenakan. Tapi buatku, ini adalah gerbang yang sangat baik untuk kita mengenal diri kita sendiri. Meskipun fisik kita terpisah oleh jarak, namun kenyataanya hubungan kita masih tetap berkesinambungan," ungkap pelantun lagu "Let It Be My Way" tersebut. 

Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Versi Andien Saat PandemiInstagram/andienaisyah

Bila banyak orang yang mengatakan bahwa situasi ini membuat kita down, itu wajar. Namun, kita harus bisa menggali potensi yang ada di dalam diri kita secara keseluruhan. Menelaah dimensi yang ada pada diri, kemudian menyembuhkannya.  

"Manusia itu sudah diciptakan secara harfiah baik fisik dan mental. Ketika ada yang tidak seimbang, maka bisa dikatakan tidak sehat secara holistik. Mind, body dan soul merupakan tiga peranan penting dalam kesehatan," jelasnya. 

Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Versi Andien Saat PandemiInstagram/andienaisyah

Kesehatan mental dikatakan sebagai pendukung inti untuk menjadikan tubuh tetap bugar. "Misalnya, di masa pandemi ini kita sudah berolah raga, berjemur, makan makanan sehat, tapi kok masih saja sih sakit. Hal ini dikarenakan adanya permasalahan pada mentalnya, makanya harus diselesaikan terlebih dahulu," papar perempuan 35 tahun tersebut.

Oleh sebab itu, demi membangkitkan gairah hidup kembali. Andien mencoba untuk menjalani pola hidup sehat secara keseluruhan. Dengan penuh kesadaran, Andien menjalani pola makan sehat, mulai dari kapan harus makan, menu apa yang dimakan, sampai bagaimana rasanya. Semua ditelaah satu persatu, agar dapat memberikan asupan energi positif untuk mentalnya. 

"Dan yang terpenting, luangkan waktu untuk me time. Karena me time sangat penting untuk kita yang sudah menikah, maupun yang masih single. Ini adalah suatu kegiatan yang sangat esensial, karena ini adalah waktu yang tepat untuk repairing diri kita sendiri," tutupnya. 

https://www.youtube.com/embed/KTI3R7cvWvY

Baca Juga: Belajar Menyeimbangkan Kerja dan Keluarga dari Andien Aisyah

Baca Juga: Catat! Ini 5 Pesan Penting terkait Kesehatan Mental dari Pakar Terapi

Baca Juga: Akses Gratis Daftar Talk show & Workshop BeautyFest Asia 2020 Day-3