Beberapa karyawan memang merasa nggak cukup dengan gaji yang diberikan pada full time job-nya. Karena naiknya gaji tiap tahun, nggak sebanding dengan banyaknya kebutuhan hidup. Sehingga, muncullah kesempatan untuk memiliki pekerjaan sampingan, atau side job. 

Pekerjaan sampingan pun tidak selalu memiliki benang merah yang sama dengan pekerjaan utama. Bisa jadi, kamu malah mengasah kemampuan lain yang bisa menambah pundi-pundi tabungan. Inilah beberapa keuntungan mempunyai side job untuk karyawan tetap.

1. Mengurangi stres dan jenuh di pekerjaan utama

Inilah 4 Keuntungan Mempunyai Side Job untuk Karyawan Tetap freepik.com/ freepik

Banyaknya tekanan di full time job, akan memengaruhi tingkat stresmu, lho Bela. Beberapa orang beranggapan mengambil lembur akan membuat mereka mendapatkan tambahan pendapatan. Padahal, tidak semua perusahaan menerapkan hal tersebut.

Akan lebih baik jika kamu mengambil side job yang mempunyai tingkat stres rendah dan menjanjikan. Sehingga pendapatan tambahan akan datang tanpa tekanan yang berarti. Misalnya, mengajar bahasa, pelatih olah raga, atau jualan online.

2. Mendukung gaya hidup dan mimpi

Inilah 4 Keuntungan Mempunyai Side Job untuk Karyawan Tetap freepik.com/ freepik

Masih banyak karyawan yang memiliki pekerjaan tidak sesuai passionnya. Mereka bekerja demi prestise, memperluas networking, atau gaji dan tunjangan yang sangat memenuhi kebutuhan primer dan sekundernya.Nah, side job justru menjadi medium untuk menyalurkan passion, sehingga hati tetap bahagia.  

3. Membantu akan target hidupmu

Inilah 4 Keuntungan Mempunyai Side Job untuk Karyawan Tetap freepik.com/ tatianakim

Jika kamu sudah menyiapkan bucket list, atau harapan-harapan yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu, maka penghasilan dari side job dapat mewujudkannya. Gunakan pemasukan rutin untuk memenuhi kebutuhan harianmu, lalu gunakan pemasukan dari side job untuk tabungan masa depanmu. Rumah mungil di pinggir pantai, mungkin? 

4. Memberi reputasi untukmu

Inilah 4 Keuntungan Mempunyai Side Job untuk Karyawan Tetap freepik.com/ senivpetro

Side job membantu kamu untuk melatih manajemen waktu. Jika kamu sudah bisa mengatur waktumu dengan baik dan hasil pekerjaan yang sesuai harapan pula, maka di mata klien atau rekan kerja lain, reputasimu terbangun pula dengan baik.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil side job, pastikan dulu peraturan mengenai pekerjaa sampingan, di perusahaan tempat kamu bekerja. Jika bisa, ada baiknya diskusikan dahulu dengan atasan langsung, agar tidak merugikan dirimu juga.

Baca Juga: Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Kamu Mengambil Pekerjaan Sampingan