Saat di kantor gangguan dari berbagai hal sering kali terjadi. Baik dari pekerjaan yang mendadak, manager yang tiba-tiba marah, hingga rekan kerja yang ngeselin. Berbagai hal ini kerap kali membuatmu bad mood saat di kantor. Suasana hati tentunya berpengaruh ke produktivitas kerjamu hari itu.

Kepandaian mengatasi emosi juga penting dibutuhkan di dunia kerja. Salah langkah, bad mood yang kamu alami justru membuatmu hilang arah. Inilah beberapa cara untuk mengatasi bad mood saat bekerja di kantor.

1. Pergi sebentar ke tempat yang sepi

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ freepik

Jika kamu nggak bisa mengontrol emosimu, hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bad mood saat bekerja adalah mencari tempat yang sepi di kantor. Di situ kamu bisa mencari hal yang membuatmu lupa akan suasana hatimu yang kurang baik.

Contohnya, rooftop kantor, kedai kopi terdekat, atau sekadar ruang santai di kantor. Usahakan untukmu menghindari orang-orang agar nggak banyak hal yang kamu ucapkan ya, Bela.

2. Lebih baik diam sesaat

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ karlyukav

Ada pepatah mengatakan silent is gold. Ini mungkin sangat cocok saat kamu berada di suasana bad mood. Mengucapkan kalimat atau ngobrol dengan rekan kerja sering kali membawa emosi untukmu. Cukup diam beberapa saat untuk mengontrol kekesalanmu.

Saat kamu sudah merasa lebih baik kamu bisa mulai berkomunikasi dengan orang di sekitarmu.

3. Cari mood booster

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ freepik

Jika kamu sedang badmood, nggak ada salahnya untuk mencari mood booster di sekitarmu. Kamu bisa membeli cokelat ataupun makanan yang membuatmu bahagia. Walaupun hal ini cukup sepele, dijamin, deh, akan membuatmu lebih baik untuk mengatasi bad mood saat bekerja.

Jangan lupa untuk berbagi ke rekan kerja kalau kamu beli lebih ya, Bela.

4. Cari kegiatan selain bekerja

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ svetlanasokolova

Mencari kegiatan selain bekerja juga bisa kamu lakukan saat suasana hati sedang bad mood. Kamu bisa pergi sejenak untuk berjalan ke koridor kantor atau sekadar melihat pemandangan di jendela, menonton siara televisi atau menonton video musik di YouTube.

Kegiatan ini juga dianggap efektif karena perhatianmu akan teralihkan dengan hal yang kamu lihat pada saat itu. 

5. Tarik napas dalam

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ yanalya

Hal paling mudah untuk mengatasi bad mood di kantor adalah menarik napas dalam. Hal ini lebih mudah karena kamu nggak perlu kemana-mana dan melakukan hal apapun. Menarik napas dalam dan lepaskan secara perlahan, akan membantumu merasa lebih rileks. Lakukan beberapa kali hingga kamu lebih membaik daripada sebelumnya.

6. Dengarkan musik favoritmu

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ yanalya

Jika kamu sedang bad mood dan nggak ingin tetap di kursi kerjamu, kamu bisa mendengarkan musik favoritmu. Pilihlah lagu dengan genre yang membahagiakan, sambil melakukan kegiatan artistik lain, seperti menggambar atau doodling.  

Jangan lupa untuk tetap menggunakan earphone atau headphone ya, agar rekan kerjamu yang lain nggak terusik.

7. Atur rencana yang menyenangkan

Cara untuk Mengatasi Bad Mood Saat Bekerjafreepik.com/ master1305

Memang nggak mudah untuk mengubah mood yang jelek saat bekerja. Untuk membuatmu lebih bahagia, coba lakukan planning kecil untuk kegiatan yang lebih menyenangkan. Misalnya, kamu membuat rencana untuk kegiatan saat akhir pekan nanti dengan melakukan kursus merangkai bunga atau membuat pesta barbecue dengan sahabat-sahabatmu.

Semoag tips di atas bisa menjadi langkah jitu mengurangi rasa bad mood kami saat bekerja, ya!

Baca Juga: Ini 5 Karakter Rekan Kerja Toxic dan Cara Menghadapinya

Baca Juga: Gawat, Ini Akibatnya Jika Kamu Punya Skandal di Kantor

Baca Juga: Super Moody, Begini Gaya Ruang Kerja yang Cocok untuk si Pisces